POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA TUNANETRA DENGAN ANAK TUNARUNGU (STUDI PADA SATU KELUARGA WILAYAH SUMUR BATU KEMAYORAN JAKARTA PUSAT)

research
  • 15 Oct
  • 2024

POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA TUNANETRA DENGAN ANAK TUNARUNGU (STUDI PADA SATU KELUARGA WILAYAH SUMUR BATU KEMAYORAN JAKARTA PUSAT)

Komunikasi interpersonal adalah elemen penting dalam membangun hubungan yang
harmonis antara orang tua dan anak. Dalam keluarga dengan orang tua tunanetra dan anak
tunarungu, pola komunikasi interpersonal yang efektif menjadi kunci untuk mencapai
pemahaman dan dukungan yang saling menguatkan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengkaji pola komunikasi interpersonal antara orang tua tunanetra dan anak tunarungu
dalam sebuah studi kasus. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif
dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan
dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode analisis tematik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pola komunikasi interpersonal antara orang tua tunanetra dan anak
tunarungu dalam studi kasus ini terbagi menjadi tiga aspek utama: Komunikasi verbal:
Orang tua dan anak menggunakan kombinasi komunikasi verbal dan nonverbal, termasuk
bahasa isyarat, bahasa lisan, dan sentuhan fisik. Komunikasi nonverbal: Ekspresi wajah,
gestur tubuh, Menggunakan mediator seperti media teknologi kemunikasi dan kontak
mata memainkan peran penting dalam menyampaikan pesan dan membangun kedekatan.
Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa hambatan dalam komunikasi interpersonal,
seperti keterbatasan dalam penggunaan bahasa isyarat, miskomunikasi, dan kurangnya
informasi mengenai kebutuhan anak.

Unduhan

 

  • COVER.pdf

    File_cover

    •   diunduh 19x | Ukuran 40,645

REFERENSI

Asri, G. (2019). Strategi Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Upaya Pencegahan
Perilaku Menyimpang Anak Broken Home Desa Tanjung Barus Kabupaten Karo.
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21396
Abdussamad, Z., & Rapanna, P. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media
Press. https://books.google.co.id/books?id=JtKREAAAQBAJ
Ahyar, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana,
D. J., Istiqomah, R. R., & Abadi, H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif &
Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.
https://books.google.co.id/books?id=qijKEAAAQBAJ
Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022).
Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 337–342.
https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2611
Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner.
Astuti, N., Ilmi, B., & wati, R. (2019). Penerapan Komunikasi Situation, Background,
Assesment, Recomendation (SBAR) Pada Perawat Dalam Melaksanakan Handover.
IJNP (Indonesian Journal of Nursing Practices), 3(1), 42–51.
https://doi.org/10.18196/ijnp.3192
Atma. (2018). Problematika Anak Tunarungu dan Cara Mengatasinya. 6, 1.
https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744
Azeharie, S., & Nurul, K. (2015). Pola Komunikasi Antarpribadi antara Guru dan Siswa
di Panti Sosial Taman Penitipan Anak “Melati” Bengkulu The Patterns of
Interpersonal Communication between Teachers and. Pekommas, 18(3), 213–224.
Aziz, U. (2014). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. Salemba Medika.
Burgoon, J. K., Manusov, V., & Guerrero, L. K. (2021). Nonverbal Communication.
Taylor \& Francis. https://books.google.co.id/books?id=-X46EAAAQBAJ
Bulantika, S., & Sari, P. (2019). The Effectiveness of Assertive Training Techniques and
Thought-Stopping Techniques to Increase Student Assertiveness Ability. Biblio
Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2, 109–116.
https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v2i3.3736
Baturangka, T., Kaawoan, J. ., & Singkoh, F. (2019). Peran Dinas Sosial Kota Manado
Dalam Pemberdayaan Masyarakat Penyandang Disabilitas. Jurnal Eksekutif, 3(3), 1–
9.
Beatrijs, W., Kristiane, V. L., & Mieke, V. H. (2019). Parental Strategies Used In
78
Communication With Their Deaf Infants. Child Language Teaching and Therapy,
35, 165–183. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:198799124
Cahyono, D. S., Nugrahanti, F., & Hendrawan, A. T. (2019). Prosiding Seminar Nasional
Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK). Aplikasi Pemasaran Berbasis
Website Pada Percetakan Morodadi Komputer Magetan, 2(1), 129–134.
https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/jusinta/article/view/235
Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT RajaGrafindo Persada.
https://books.google.co.id/books?id=dKqAtQEACAAJ
Cangara, H. (2019). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT RajaGrafindo Persada.
https://books.google.co.id/books?id=dKqAtQEACAAJ
Chandra. (2020). Metodologi Penelitian Kesehatan. Prenada Media.
https://books.google.co.id/books?id=Cpo-DwAAQBAJ
Cressswell. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design.
Devito, J. (1989). Komunikasi Antarmanusia, Edisi Kelima (Terjemahan). Karisma
Publishing Group.
Devito, J. (2013). The Interpersonal Communication Book. Pearson.
https://books.google.co.id/books?id=hutPXwAACAAJ
Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi
Himpunan. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 7(1), 10–18.
http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika
Haliza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan
Khusus (Tunarungu) Dalam Memahami Bahasa. Jermal.
https://api.semanticscholar.org/CorpusID:225485121
Hallahan, D. P., Kauffman, J. M., & Pullen, P. C. (2014). Exceptional Learners: An
Introduction to Special Education. Pearson.
https://books.google.co.id/books?id=p3QuswEACAAJ
Hersh, M., & Johnson, M. A. (2014). Assistive Technology for Visually Impaired and
Blind People. Springer London. https://books.google.co.id/books?id=HIBPnRAhh-
gC
Jun, J. (2020). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua terhadap Perkembangan
Kognitif Anak. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 11,
46. https://doi.org/10.24036/rapun.v11i1.108494
Kriyantono, R. (2020). Public Relations, Issue & Crisis Management:Pendekatan Critical
Public Relations, Etnografi Kritis Dan Kualitatif.
https://api.semanticscholar.org/CorpusID:204349907
79
Kurniati, D. P. Y. (2016). Memaknai Tradisi Upacara Labuhan Dan Pengaruhnya
Terhadap Masyarakat Parangtritis. 17(1), 101.
https://doi.org/10.18860/el.v17i1.3088
Koesomowidjojo, S. R. M. I. (2021). Dasar-Dasar Komunikasi. Bhuana Ilmu Populer.
https://books.google.co.id/books?id=MAsPEAAAQBAJ
Lee, C. H., & Chen, C. W. (2021). Impulse Buying Behaviors In Live Streaming
Commerce Based On The Stimulus-Organism-Response Framework. Information
(Switzerland), 12(6), 1–17. https://doi.org/10.3390/info12060241
Li, Y., Twersky, S., Ignace, K., Zhao, M., Purandare, R., Bennett-Jones, B., & Weaver, S.
R. (2020). Constructing and communicating COVID-19 stigma on twitter: A content
analysis of tweets during the early stage of the COVID-19 outbreak. International
Journal of Environmental Research and Public Health, 17(18), 1–12.
https://doi.org/10.3390/ijerph17186847
Latifah, W., & Muksin, N. N. (2020). Pola Komunikasi Dalam Metode Coaching Pegawai
Rsud R. Syamsudin, Sh Kota Sukabumi. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu
Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 4(2), 145.
https://doi.org/10.24853/pk.4.2.145-154
Mansur. (2018). Hambatan Komunikasi Anak Autis. 9(1), 80–96.
Martha, L. P., & Permanasari, M. A. (2022). Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan
Anak Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi (Kasus SDN Cipayung 01
Kecamatan Cibinong Bogor). Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 28(1),
643–650. https://doi.org/10.33751/wahana.v28i1.5225
Ngalimun, B. (2018). Communication of Java Language in The Form of Transmigration
Families in Kalimantan. Aksis : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.
https://api.semanticscholar.org/CorpusID:259546347
Pangaribuan, S. (2019). National Library Of Medicine Sebagai Tolok Ukur Kemajuan
Perpustakaan Elektronik (E-Lib). 0–5.
Prasetyo, F. A. (2019). Disabilitas dan Isu Kesehatan: Antara Evolusi Konsep, Hak Asasi,
Kompleksitas Masalah, dan Tantangan. 50(3), 154–163.
Saussure, L. De, & Rocci, A. (2016). Introduction to Verbal Communication Across Two
Scientific Worlds. Communication Journal, 3, 3–20.
Silvian, & Angguntianta. (2018). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and
Social Media). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:148807212
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cet.1). Alfabeta.
80
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suherman, A. (2020). Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi. Deepublish.
https://books.google.co.id/books?id=dn_sDwAAQBAJ
Sondak, S. H. (2019). Faktor-Faktor Loyalitas Pegawai Di Dinas Pendidikan Daerah
Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis
Dan Akuntansi, 7(1), 671–680.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cet.1). Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Suprayitno, D., & Delliana, S. (2024). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi.
Trijupitasari, R., & Riauan, M. A. I. (2017). Pola Komunikasi Komisi Penanggulangan
Aids (Kpa) Kota Pekanbaru Dalam Mensosialisasikan Bahaya Hiv Dan Aids Kepada
Penjaja Sex Dan Gay. Medium, 6(1), 78–86.
https://doi.org/10.25299/medium.2017.vol6(1).1089
Trisiah, A. (2019). Dampak Tayangan Televisi Pada Pola Komunikasi Anak. Jurnal
Inovasi, 13(1), 34–45. https://doi.org/10.33557/jurnalinovasi.v13i1.609
UU RI. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang
Penyandang Disabilitias Pasal 1 Ayat 1. 4(August), 30–59.