Sandrina Oktavania (44200931), Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Bogor Melalui Media Instagram Untuk Membangun Citra Positif
Strategi komunikasi adalah rencana sistematis yang dirancang untuk mencapai tujuan komunikasi tertentu melalui pesan-pesan yang tepat dan pengelolaan interaksi dengan audiens yang dituju. Strategi komunikasi Humas Pemerintah memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang efektif antara pemerintah dan masyarakat. Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kabupaten Bogor memiliki reputasi baik dalam teknologi dan digitalisasi, terutama dalam program pelayan an publik dan pengelolaan informasi. Studi ini menggambarkan strategi komunikasi Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor dalam menyampaikan informasi dan komunikasi publik melalui media Instagram untuk membangun citra positif pemerintah daerah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang merupakan penelitian naturalistik. Penelitian ini berfokus pada prinsip-prinsip umum yang mendasari fenomena kehidupan manusia, didasarkan pada pola-pola yang dianalisis dari tanda-tanda sosiokultural melalui budaya atau komunitas untuk mendapatkan representasi dari contoh saat ini. Konten kegiatan Pemerintah Kabupaten Bogor yang beragam memberikan dampak positif bagi berbagai aspek kehidupan masyarakat, mulai dari kesejahteraan ekonomi dan sosial hingga kesehatan dan lingkungan. Melalui strategi komunikasi humas yang efektif di Instagram, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor berhasil membangun citra positif, meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan menyampaikan informasi dengan lebih menarik dan interaktif.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor, Citra Positif, Media Sosial Instagram
Skripsi
Buku
Dr. Elvinaro Ardianto, M. S. (2014). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif (N. S. Nurbaya (ed.)). Simbiosa Rekatama Media.
Dr. Rulli Nasrullah, M. S. (2017). Media sosial : perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi (Nunik Siti Nurbaya (ed.)).
M.Kom dan A. Yudo Tri Artanto, M. S. A. M. S. A. D. S. (2021). Komunikasi Digital, Oral Visual Virtual. Anom Pustaka.
Prof.H.Hafied Cangara, M.Sc., P. D. (2014). Perencanaan dan Strategi Komunikasi (Revisi). Jakarta : Rajawali Pers.
Jurnal dan Karya Ilmiah
Anggraini, D. (2019). Efektifitas Media Sosial Instagram Dalam Penyampaian Pesan Dakwah. Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 53(9), 23–27. http://repository.radenintan.ac.id/9340/1/SKRIPSI II.pdf
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arifin, M. (1994). Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Pedoman Pelaksanaan Bimbingan Dan Penyuluhan Agama, 18.
Ayudia, A. P., & Wulandari, S. S. (2021). Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kota Probolinggo. Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(2), 249–268. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n2.p249-268
Efendi, E., Taufiqurrohman, A., Supriadi, T., & Kuswananda, E. (2023). Teori Agenda Setting. Junral Pendidikan Tambusai, 7(1), 1715–1718.
Febriana Sulistya Pratiwi. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS POLDA JATIM DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA KEPOLISIAN. 02(8.5.2017), 2003–2005. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/angka-konsumsi-ikan-ri-naik-jadi-5648-kgkapita-pada-2022
Hasan, E. (2010). Komunikasi Pemerintahan. Jakarta : Universitas Terbuka.
Luas, A. F., Sondakh, M., & Londa, J. (2020). Strategi Komunikasi Pemerintah Dalam Menunjang Program Pengurangan Kemasan Plastik Pada Masyarakat Kelurahan Tosuraya Barat. Acta Diurna Komunikasi, 2(1), 5. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/27106
Masrifah Cahyani, A. (2020). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Surabaya dalam Melayani dan Menggali Potensi Masyarakat Melalui Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 1–16. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.1-16
Maulidia, R. (2020). Peran Humas Pemerintah Sebagai Sarana Komunikasi Publik (Studi Pada Bagian Humas Dan Protokol Pemerintah Kota Bogor). Ug Jurnal, VOL.14(Edisi 07 Juli 2020), 2013–2015.
Ni’matul Rohmah, N. (2020). Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification). Al-I’lam; Jurnal Komunikasi DanPenyiaran Islam, 4(1), 1–16.
Oliver, J. (2019). Reduksi Data. Hilos Tensados, 1, 1–476.
Purbohastuti, A. W. (2017). Vol. 12, No. 2, Oktober 2017. Ekonomika, 12(2), 212–231.
Ramadani, T. (2019). Pengelolaan Komunikasi Publik. Jurnal Good Governance, 15(1), 11–27. https://doi.org/10.32834/gg.v15i1.42
Sabariah, H., Ramadhani, I. S., Pramita, S., & Hanim, M. (2021). Peranan Guru Fiqih Terhadap Pembinaan Sholat Berjama’ah Siswa Kelas IX MTs Jam’iyah Mahmudiyah Desa Batu Melenggang. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(2), 209–220. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v1i2.608
Sagiyanto, A., Suryani, I., & Liliyana, L. (2021). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Tangerang Dalam Upaya Mempromosikan Destinasi Wisata Melalui Instagram (@humas_kota_tangerang). Jurnal Komunikasi, 12(2), 168–178. https://doi.org/10.31294/jkom.v12i2.11834
Sutrisno, A. P., & Mayangsari, I. D. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @Humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Common, 5(2), 118–133. https://doi.org/10.34010/common.v5i2.5143
Vera, N. (2020). Strategi Komunikasi Dosen Dan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Avant Garde, 8(2), 165. https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1134
Widodo, A., & Permatasari, D. A. (2020). Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Bekasi dalam Program Bekasi Smart City. Ettisal, 5(1), 79–89.
Zamzami, W. S. (2021). StrategiKomunikasiOrganisasi. Journal Educational Research and Social Studies, Volume 2 N, 25–37.