Robbi Waluya (44200748), Penerapan Teknik 5C Sinematografi Dalam Film “Bayang Sang Ayah”
Film "Bayang Sang Ayah" mengisahkan perjalanan karakter utama, Umar, dari seorang pemuda yang kurang peka dan malas menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab, peduli terhadap lingkungan, dan menghargai nilai-nilai hidup yang sejati. Dalam film ini, menggunakan teknik sinematografi 5C untuk memperkuat narasi dan menghadirkan pengalaman visual yang mendalam bagi penonton. Penerapan teknik 5C seperti sudut kamera, kontinuitas, komposisi, close-up, dan cutting disesuaikan dengan perubahan emosional dan perkembangan karakter Umar seiring berjalannya cerita. Penelitian ini menggali lebih dalam tentang bagaimana teknik sinematografi 5C digunakan dalam film "Bayang Sang Ayah" untuk membangun atmosfer, menggambarkan perubahan karakter, dan menyampaikan pesan moral yang kuat kepada penonton. Analisis dalam penelitian ini meliputi sudut kamera untuk menggambarkan perubahan emosional Umar, kontinuitas untuk menonjolkan konflik dan resolusi, komposisi untuk memperkuat hubungan antarkarakter, close-up untuk mengeksplorasi perubahan emosional Umar, dan teknik cutting untuk menjaga konsistensi cerita.Hasil penelitian ini menunjukan penerapan teknik 5C efektif mendukung narasi dan pengembangan karakter dalam konteks pembuatan film yang bertujuan menginspirasi dan mengajarkan nilai-nilai hidup yang berharga.
Kata Kunci: Teknik 5C Sinematografi, Film Pendek, Editing Film
Full Text
Ahmad Fakhrur Rozi. (2021). “REPRESENTASI KARAKTER BU TEJO PADA FILM PENDEK TILIK.” Block Caving – A Viable Alternative?, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???
Akbar, R. P., Adi, A. E., Kreatif, F. I., Telkom, U., Fakultas, D., Kreatif, I., Telkom, U., Akbar, P., & Pendek, F. (2020). Editing Pada Film Pendek Tentang Disabilitas Bisu Tuli Editing on Short Film About Deaf Mute Disability. 7(2), 637–644.
Amelia, D., & Sikumbang, A. T. (2024). Representasi Pesan Edukasi dalam Film “Di Bawah Umur” (Analisis Semiotika John Fiske Tentang Perilaku Remaja Gen-Z). Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(2), 2001–2010. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i2.836
Anjaya, A., & Deli. (2020). Studi Perbedaan Komposisi Pada Sinematografi dan Efek Yang Dihasilkan. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 1(1), 604–612. http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit
ArtodiPro. (2023). 11 CUTS dalam editing yang EDITOR PERLU TAU .. !! www.youtube.com. https://www.youtube.com/watch?v=lsZOVvuf6y0&t=244s&ab_channel=ArtodiPro
Awaluddin, A. (2019). Studi tentang pentingnya komunikasi Dalam pembinaan keluarga. RETORIKA : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(1), 110–118. https://doi.org/10.47435/retorika.v1i1.246
Azizah, N., & Rahayu Z, S. P. (2023). Perempuan dalam Film Horor Indonesia dari Perspektif Psikologi. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 3(2), 129–142. https://doi.org/10.55623/ad.v3i2.127
Baihaqi, A., & Ibrahim, K. (2023). TEKNIK SINEMATOGRAFI FILM PENDEK AIR MATA IMPIAN KARYA MULTIMEDIA Abstrak. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2203, 1–27.
David, Y., Panjaitan, R., Hasanah, N., & Kom, S. (2022). Analisa Teknik Sinematografi Pada Film Parasite. 03(01), 100–126.
Deddy. (2022). Editing Dalam Pembuatan Film Pendek Fiksi Berjudul.
Dheviyani, D., & Manesah, D. (2024). Misterius : Publikasi Ilmu Seni dan Desain Komunikasi Visual Analisis Teknik Visualisasi Budaya Lokal Medan Dalam Film Sang Prawira (2019) Sutradara Ponti Gea. Analisis Teknik Visualisasi Budaya Lokal Medan Dalam Film Sang Prawira (2019) Sutradara Ponti G, 1, 42–59.
Donny Trihanondo; Adrian Permana Zein; Fahreza;, M. R. (2023). Proses Penciptaan Karya Film Pendek Introvert Dengan Penggunaan Teknik 5C Cinematography. Art and Design, 10(4), 6174.
Fauzzi, M. R., Nurrahmik., D., & Budiman., A. (2019). Teknik Penyuntingan Gambar Dengan Menciptakan Kesinambungan Gambar Dalam Film Pendek “Srihuning Kanthil.” Journal of Chemical Information and Modeling, Vol 4(No 1), Hal 1-14.
Julyanto, R. (2023). FILMTV_SKRIPSI_2023_1610797032_ROKHMATULLAH JULYANTO_FULL TEKS.pdf.
Kumara, R. G., & Maulianza, M. (2024). Argopuro 1. 3(2).
Makkiyah, M., & Mundiri, A. (2019). Konstruksi Pendidikan Moral Dalam Film Bilal Bin Rabah a New Breed of Hero Karya Ayman Jamal. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 31–49. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3783
Murti, D. (2021). Editing film. In Media Production (pp. 230–250). https://doi.org/10.4324/9780429276118-25
Naufal, M. R., & Suhendra, A. (2023). Peran Video Editor Dalam Pembuatan Program Feature Berjudul “the Beauty of Samosir Island.” Inter Community: Journal of Communication Empowerment, 4(2), 28. https://doi.org/10.33376/ic.v4i2.1693
Nugraha, M. I. (2024). ANALISIS SINEMATOGRAFI DALAM FILM “ MANIPULATOR ” PADA PLATFROM Oleh : M . IQBAL NUGRAHA. 6813.
Permata, L. A. I. (2023). SINEMATOGRAFI DALAM FILM 6 / 45 : LOTTERY LANDING ON YOU. 6275.
Rizky, E., Saragih, M. Y., & Abidin, S. (2023). Comit : Communication , Information and Technology Journal. Comit : Communication, Information and Technology Journal, 2(2), 291–301. https://doi.org/10.47467/comit.v2i2.3806
Rukminingtyas, K. A., & Ratri, D. (2022). Pengaruh Sinematografi Terhadap Penyampaian Alur Cerita Pada Film Little Women (1994) Dan Little Women (2019). VISWA DESIGN: Journal of Design, 2(2), 68–78. https://doi.org/10.59997/vide.v2i2.1913
Saktigamawijaya, J., & Prathisara, G. (2023). The audience’s reception to message in Film Miracle in Cell No. 7. Symposium of Literature, Culture, and Communication (SYLECTION) 2022, 3(1), 573. https://doi.org/10.12928/sylection.v3i1.14040
Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1161
Setyawan, H. (2015). Buku Ajar Editing. Buku Ajar Editing.
Sitorus, C. P., & Simbolon, B. R. (2019). Penerapan Angle Camera Dalam Videografi Jurnalistik Sebagai Penyampai Berita Di Metro Tv Biro Medan. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 4(2), 137–150.
Susiloningtyas, S. (2021). Analisis Makna Bahasa dan Seni Rupa dalam Gambar Ilustrasi Cerita. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(1), 78. https://doi.org/10.30998/diskursus.v4i1.8990
Ulya, M., & Rezaian, M. A. (2022). The Representation of Multicultural Education in Film “Raya and The Last Dragon.” Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 3, 59–62. https://doi.org/10.30595/pspfs.v3i.265
Widya, T., & Hariyanto, F. (2022). Media Film Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Karakter Peserta Didik SD/MI Nurul Huda Cikampek. Jurnal Politikom Indonesiana, 7(2), 111–122. https://doi.org/10.35706/jpi.v7i2.8206
Wijaya, D. (2019). Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Hayya. Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 72–77. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba
Wilhemus, O. R. (2019). Komunitas Basis Gerejani Merespon Budaya Hidup Individualisme, Konsumerisme Dan Hedonisme Di Tengah Arus Globalisasi. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 10(5), 30–48. https://doi.org/10.34150/jpak.v10i5.184
Zen, A. P., & Trihanondo, D. (2022). Perkembangan Seni Fotografi Dan Sinematografi Serta Tantangannya Pada Era Pasca Pandemi Covid-19. Online) SENADA, 5, 33–41. http://senada.idbbali.ac.id