Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kualitas website HRIS (Sistem Informasi SDM) dalam mendukung komunikasi dan efisiensi kerja di Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu (Dit. Standalitu) Jakarta Timur. Meskipun website ini telah digunakan secara luas, belum ada evaluasi mendalam mengenai kualitasnya berdasarkan persepsi pengguna akhir. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik kualitas website tersebut dari segi Kegunaan (Usability), Kualitas Informasi (Information Quality), dan Kualitas Interaksi Layanan (Service Interaction Quality) serta pengaruhnya terhadap Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner WebQual 4.0 yang digunakan untuk mengumpulkan data dari 40 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden merasa puas dengan website, dengan persentase Usability Quality sebesar 83.13%, Information Quality sebesar 82.68%, Service Interaction Quality sebesar 79.91%, dan User Satisfaction sebesar 81.25%. Variabel WebQual 4.0 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pengguna sebesar 66%. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun kualitas website sudah cukup baik, masih ada peluang untuk peningkatan, terutama dalam konsistensi pengalaman pengguna di semua aspek. Evaluasi dan pemantauan kualitas website secara berkala sangat penting agar website HRIS tetap relevan dan efektif dalam memenuhi kebutuhan pengguna.
Full skripsi
Adhilla, F., & Sutanto, A. (2022). Increasing The Intention to Buy Batik Gumelem Banjarnegara Using the Web Qual 4 . 0 Method. 136–141.
Amri, S. (2020). Pengaruh Penempatan dan Beban Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai pada Kantor Dinas Pengairan Provinsi Aceh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 6(1), 23–31. https://doi.org/10.35870/jemsi.v6i1.335
Andiati, A., & Oktaviana R, S. (2022). Analisis Kualitas Dan Kepuasan Pengguna Website Istyle. id Dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Tekno Kompak, 16(2), 111–123. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak/article/view/1907%0Ahttps://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak/article/download/1907/950
Christian, A., Suhartini, & Anggun Lestari, S. D. (2020). the Analysis of Website Service Quality of Prabumulih Regional General Hospital Using Webqual 4.0 Method. International Journal of Engineering Technologies and Management Research, 5(9), 82–88. https://doi.org/10.29121/ijetmr.v5.i9.2018.292
Divisi Tata Usaha (2024). Struktur Organisasi Dit. Standalitu. Jakarta: Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu
Fidek Theo, F., & Tulenan, V. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Digital Library Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Teknik Informatika, 15(4), 271–282. https://doi.org/10.35793/jti.15.4.2020.31410
Firdaus, M. B., Puspitasari, N., Budiman, E., Widians, J. A., & Bayti, N. (2019). Analysis of the effect of quality mulawarman university language center websites on user satisfaction using the webqual 4.0 method. Proceedings of ICAITI 2019 - 2nd International Conference on Applied Information Technology and Innovation: Exploring the Future Technology of Applied Information Technology and Innovation, June 2020, 126–132. https://doi.org/10.1109/ICAITI48442.2019.8982143
Huda, M. (2023). Analisis Kualitas Website Universitas Sebagai Media Informasi Dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(1), 241–254. https://doi.org/10.35870/jimik.v4i1.166
Ispandi, I., Ramadan, R., Atmaja, R. K., & Sudradjat, A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Website Backpaker Jakarta Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual. REMIK (Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer), 4(2), 32. https://doi.org/10.33395/remik.v4i2.10527
Purwandani, I., & Syamsiah, N. O. (2021). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 9(3), 300. https://doi.org/10.26418/justin.v9i3.47129
Putra, A. A., & Muryani, S. (2023). Penggunaan Metode Webqual 4.0 Untuk Analisa Kualitas Website Dinas Sosial Kota Bekasi. Jurnal Infortech, 5(2). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech88
Salamah, I., Lindawati, L., Fadhli, M., & Kusumanto, R. (2020). Evaluasi Pengukuran Website Learning Management System Polsri Dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Digit, 10(1), 1. https://doi.org/10.51920/jd.v10i1.151
Suharto, Y., & Hariadi, E. (2021). Analisis Kualitas Website Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 12(2), 109–121. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i2.33917