PT Abadi Teknik Ind merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang usaha penyewaan , servis , dan distributor produk Handpallet . Pelanggan utama PT. Abadi Teknik biasanya berada di wilayah Jabodetabek, terutama perusahaan-perusahaan kspedisi Meskipun kebanyakan perusahaan sejenis hanya menawarkan jasa sewa hand pallet, PT. Abadi Teknik memiliki kelebihan dengan menawarkan layanan servis dan distribusi. Atas dasar latar belakang, peneliti tertarik untuk mengamati strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh divisi marketing PT. Abadi Teknik Ind Dalam meningkatkan penjualan produk. Dalam meningkatkan penjualan produknya PT Abadi Teknik menggunakan strategi komunikasi persuasif serta penerapan 4 unsur bauran pemasaran yaitu product strategy , price strategy, place strategy dan promotion strategy penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. hasil dari penelitian ini adalah bahwa PT. Abadi Teknik Ind telah menerapkan 4 (empat) elemen yang ada pada bauran pemasaran dalam upaya meningkatkan penjualan produk handpallet penerapan strategi produk yang dilakukan PT Abadi Teknik adalah memberikan garansi pada setiap pembelian produk, penyewaan produk, serta servis produk handpallet , strategi harga yang diterapkan PT Abadi Teknik adalah memberikan jaminan harga yang dapat dijangkau dan bersaing dengan kompetitornya, strategi distribusi yang diterapkan oleh PT Abadi Teknik berupa menempatkan lokasi perusahaan dengan lokasi yang strategis , jarak yang mudah dijangkau agar proses pendistribusian barang tidak terkendala , dan pada strategi promosi yang diterapkan oleh PT Abadi Teknik Ind adalah memberikan potongan harga pada pelannggan yang setia perusahaan, PT Abadi Teknik juga menerapkan promosi pada marketplace untuk menarik pelanggan. PT Abadi Teknik Ind juga menerapkan strategi komunikasi persuasif melalui pendekatan pendekatan yang informatif dan edukatif pada calon pelanggan. Pada kesimpulanya PT Abadi Teknik telah berhasil menerapkan strategi bauran pemasaran dan pendekatan komunikasi persuasif dalam meningkatkan penjualan produk Handpallet
Skripsi
Skripsi
Ainunnisa, N. A. (2020). Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Literasi Sastra Pada Kalangan Difabel Netra (Studi Kasus Komunikasi Persuasif Komunitas Difalitera dalam Meningkatkan Literasi Sastra pada Kalangan Difabel Netra). UNS.
Aisyah, M. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Aplikasi Tik Tok Dalam Menarik Minat Beli Produk Scarlett Kajian Mahasiswa Universitas Medan Area. Universitas Medan Area.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Belajar.
Des Derivanti, A., & Ramadhani, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Mitra Property Group Dalam Meningkatkan Penjualan Property Di Perumahan Sentul City Bogor. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(4), 435–448.
Dyatmika, T. (2021). Ilmu komunikasi. Zahir Publishing.
Endah, R. (2014). Strategi Komunikasi Pemasaran “Reebs Cloth” Dalam Mempertahankan Minat Belanja PelanggaN (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Pemasaran “Reebs Cloth” dalam Mempertahankan Minat Belanja Pelanggan). Universitas Pembangunan Nasional" Veteran" Jawa Timur.
Haninda, R. N., Indriyani, N. D., & Qurratu’ain, I. M. (2022). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Kedai Warung Kopi 777 Surabaya. Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 4(1), 1–11.
Hendri, E. (2022). Komunikasi Persuasif: Pendekatan dan Strategis. Remaja Rosda Karya.
Kholidah, N. D. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Instagram Dalam Mempromosikan Produk Great Project Di Kabupaten Situbondo. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Krismanto, R. E. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Toffee Pekanbaru dalam menarik minat pelanggan. Universitas Islam Riau.
Kurniawan, H. (2021). Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Deepublish. McMillan, J. ., & Schumacher, S. (2019). Research in Education. Pearson Education.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (Third Edition). SAGE Publications, Inc.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya. Mulyana, D. (2021). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.
Octavianty, A. A. I. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Bisnis Kuliner Bolu TA’ Makasar dalam menghadapi persaingan. Universitas Islam Negri Alauddin Makasar.
Pratama, A. A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Public Relation PT Wellen Brotrher
58
melalui influencer Fadil Jaidi pada sosial media instagram dalam meningkatkan brand awareness. Universitas Bina Sarana Informatika.
Rogers, E. M. D., & Kincaid, L. (1981). Commmunication Networks: Toward a New Paradigm for Research. The Free Press.
Sari, C. D. P. (2023). Strategi Komunikasi pemasaran public relation PT Mega Perintis TBK dalam meningkatkan loyalitas pelanggan MOC. Universitas Bina Sarana Informatika.
Sari, W. Y. (2023). Analisis pemasaran hasil usaha peternakan sapi potong di desa kota baru kecamatan geragai kabupaten tanjung jabung timur. Universitas Jambi.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Watzlawick, P., & Beavin, J. (1967). Some formal aspects of communication. American Behavioral Scientist, 10(8), 4–8.
Widjaja, A. W. (2002). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Bumi Aksara.
Widodo, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Public Relation Common Grounds Dalam Menarik Minat Pembeli. Universitas Bina Sarana Informatika.
Widokarti, J. R., & Priansa, D. J. (2019). Konsumen, Pemasaran, Komunikasi Kontemporer.
Pustaka Setia.
Wijaya, A. (2023). Metode Bimbingan Spiritual Di Pesantren Khusus Al-Hidayah Rutan Kelas I Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Windya, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Gramedia Daan Mogot). BSI.
Yulianti, E. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Donat Madu Cihanjuang Di Cabang Samratulangi Bandar Lampung). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.