Pola komunikasi interpersonal dalam pembentukan moral merupakan bagian
terpenting bagi guru dan siswa di lingkungan sekolah dan dalam kegiatan belajar
mengajar. Komunikasi interpersonal memiliki dua komponen, yaitu komunikasi
yang melibatkan dua individu yang berinteraksi secara langsung dan komunikasi
yang melibatkan tiga individu. Model komunikasi langsung dan tidak langsung
yang digunakan oleh guru agama dalam membentuk akhlak siswa sangat penting
dalam menyampaikan pesan kepada siswa. Banyak fenomena di sekolah yang
menunjukkan bahwa siswa seringkali berpikir dan berperilaku berbeda dengan apa
yang diajarkan oleh gurunya. Tujuan pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar
adalah untuk melatih siswa dan meningkatkan kualitas mereka. Oleh karena itu,
proses komunikasi yang digunakan oleh guru dalam mendidik siswa menjadi sangat
penting. Permasalahan yang diangkat adalah "Bagaimana pola komunikasi
interpersonal antara guru dan murid dalam pembentukan akhlak di SDN Depok
Baru 3?". Hasil penelitian menunjukkan bahwa model komunikasi interpersonal
yang diterapkan guru untuk membentuk akhlak dalam model komunikasi
interpersonal. Hal ini terlihat dari kedisiplinan dan tanggung jawab siswa yang
menunjukkan perkembangan akhlak yang positif di lingkungan sekolah.
Keberhasilan tersebut didukung oleh berbagai kegiatan dan program yang
mengedepankan pendidikan moral.
Kata kunci: Pola Komunikasi interpersonal, Pembentukan Akhlak
Full Skripsi
Aestetika, N. M. (2018). Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. In Buku Ajar
Komunikasi Interpersonal.
Arianto, E., Msi Penulis Tuti Bahfiarti, Ss., & Msi, Ss. (2020). Komunikasi
Interpersonal (Aplikasi Dalam Riset).
Hasan, N. (2019). Elemen-Elemen Psikologi Islami Dalam Pembentukan
Akhlak.
Suhayib. (2016). Buku Studi Akhlak. In Buku Studi Akhlak (Pp. 1–23).
Siska Anggraini, E. (2021). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak
Usia Dini Melalui Bermain. 7(1), 2502–7166.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (A. F. Nasution, Ed.).
Mustofa, M. B., Wuryan, S., & Rosidi. (2020). Urgensi Komunikasi InterpersonalDalam Al-Qur’an Sebagai Pustakawan. Al-Hikmah Media Dakwah,
Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 11(2), 85–94.Https://Doi.Org/10.32505/Hikmah.V11i2.2544
Damayanti, L. (2021). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Anak
Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Anifa, 1(1), 16–26.
Https://Doi.Org/10.32505/Anifa.V1i1.2428
Desak, N., Santi, M., Diah, D., Ningsih, R., Putu, H., Aruna, A., Wayan, L. I.,
Pratama, A., Sendra, E., & Supriyadi, A. (2022). Psikologi Komunikasi
Penulis. Www.Globaleksekutifteknologi.Co.Id
Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswara, S. (2019). Upaya Meningkatkan
Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui
Metode Lectures Vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 35.
Https://Doi.Org/10.36667/Jppi.V7i1.362
Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswara, S. (2019). Upaya Meningkatkan
Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui
Metode Lectures Vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 35.
Https://Doi.Org/10.36667/Jppi.V7i1.362
Junaidi, Syahputra, A., Asmarika, Syafitri, R., & Wismanto. (2023a). Pola
Komunikasi Guru Dengan Peserta Didik Dalam Pembinaan Akhlak Di Sdit
Uwais Al Qarni Pekanbaru. Journal Of Education Research, 4(3), 1162 – 1168.
Kaharuddin. (2021). Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri Dan
Karakter Sebagai Metodologi. Kualitatif : Ciri Dan Karakter Sebagai
Metodologi Kaharuddin, 1.
Http://Journal.Unismuh.Ac.Id/Index.Php/Equilibrium
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (A. F. Nasution, Ed.).
Rahmiana, L. (2019). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan Anak
Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Desa Tanah Terban. Peran
Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan Anak Dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Di Desa Tanah Terban, 7–11.
Samsu. (2017). Metode Penelitian Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif,
Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research Development. In Samsu (Ed.),
Metode Penelitian Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif,
Mixed Methods, Serta Research Development.
Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan
Manajemen Perkantoran, 3(2), 192.
Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V3i2.11764