Pentingnya pola komunikasi orang tua dalam membentuk karakter anak tidak dapat
diabaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola
komunikasi orang tua dalam membentuk karakter anak; studi kasus di Kelurahan
Kramat, Jakarta Pusat. Dalam penelitian ini, pola komunikasi orang tua dianalisis
berdasarkan teori Suriati et al. (2022), yang mencakup pola komunikasi primer
(verbal dan non-verbal), linier, dan sirkular. Tipe komunikasi demokratis menjadi
fokus utama karena melibatkan dialog terbuka dan umpan balik aktif antara orang tua
dan anak. Pola komunikasi ini menciptakan lingkungan yang inklusif dan
mendukung pembentukan karakter anak melalui interaksi yang partisipatif. Orang tua
berperan sebagai pendidik utama dan pertama, memberikan pendidikan moral dan
emosional yang penting bagi perkembangan karakter anak. Menurut Wahidin (2019),
orang tua adalah guru utama yang memberikan pendidikan dasar dan nilai-nilai
karakter kepada anak-anak mereka, baik melalui pendidikan formal maupun dalam
kehidupan sehari-hari. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif.
Informan yang terlibat berjumlah 8 orang, terdiri dari keluarga Pak Rusdi beserta
anak dan keluarga Bapak Sobirin beserta anak sebagai informan utama, serta 2 orang
kerabat dari kedua keluarga tersebut sebagai informan tambahan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pola komunikasi yang diterapkan oleh orang tua, seperti pola
komunikasi demokratis yang digunakan oleh keluarga Pak Rusdi dan komunikasi
yang lebih fleksibel tetapi tetap berusaha dilakukan oleh keluarga Bapak Sobirin,
memiliki implikasi positif terhadap pembentukan karakter anak. Anak-anak yang
menerima komunikasi terbuka, dukungan emosional, dan nasihat yang konstruktif
dari orang tua cenderung mengembangkan karakter yang kuat, mandiri, dan positif.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola komunikasi orang tua yang baik dan efektif
sangat penting dalam membentuk karakter anak yang positif. Oleh karena itu,
disarankan agar orang tua terus meningkatkan kualitas komunikasi dengan anak-anak
mereka untuk mendukung perkembangan karakter yang sehat dan positif.
Kata kunci: Pola komunikasi, pembentukan karakter, Kelurahan Kramat.
Cover Skripsi
Jurnal
Skripsi
Dhea, A. N. (2022). Komunikasi PT. Djarum. July.
Morissan. (2019). Riset Kualitatif. Kencana.
Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar (Cetakan ke). Remaja
Rosdakarya.
Pasaribu, B., Herawati, A., Utomo, K. W., & Aji, R. H. S. (2022). Metodologi
Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis. In UUP Academic Manajemen
Perusahaan YKPN. Media Edu Pustaka.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian (26th ed.). ALFABETA, cv.
Suriati, Samsinar S, & A. Nur Aisyah Rusnali. (2022). PENGANTAR ILMU
KOMUNIKASI. Akademia Pustaka.
Wardan, K., Pd, M., & Muri’ah, D. R. H. S. (2021). Psikologi perkembangan anak
dan remaja.
Jurnal:
Andriyani, F. (2021). Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak
Di Desa Rejo Agung Kecamatan Tegineneng [Universitas Islam Negeri Raden
Intan Lampung]. In Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17
518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%
0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/0264
0414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/
Azizah, I. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Cara
Bergaul Anak: Studi di Desa Derik, Susukan, Banjarnegara. Yinyang: Jurnal
Studi Islam Gender Dan Anak, 14(2), 329–345.
Hamamaniayansih. (2021). Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Membentuk
Kepribadian Anak (Studi Kasus di RT 08 RW 03 Kelurahan Jati Baru Timur
Kecamatan Asakota Kota Bima) [Universitas Islam Negeri Mataram].
http://etheses.uinmataram.ac.id/2202/1/hamamaniayansih%2C1501010075.pdf
Fikriyah, S., Mayasari, A., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). Peran Orang Tua
Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal
Tahsinia, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.306
Hauluss, Y, M. S., & Lopulalan, D. L. Y. (2022). Pola Komunikasi Keluarga Dalam
Pembentukan Kepribadian Anak Di Dusun Iha, Negeri Liang, Kecamatan
Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura, 1(2).
https://doi.org/10.30598/jikpvol1iss2pp117-131
Herawati, N. S. (2021). PERAN ORANG TUA SEBAGAI HOMESCHOOLER
DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK DI RUMAH SELAMA MASA
PANDEMI COVID-19. 5(2), 42–52.
Holilah, I. (2021). Komunikasi Kreatif Di Era Pandemi. Jurnal Komunikasi Dan
Penyiaran Islam, 12(2), 2021. https://doi.org/10.32678/adzikra.v12i2.5267
75
Indrianti, T. (2020). Peran orang tua dalam membentuk karakter anak di desa
kedaton induk kecamatan Batanghari nuban lampung timur. IAIN Metro.
Ismaya, I., Elihami, E., & Galib, A. A. C. (2022). Pendidikan Literasi Komunikasi:
Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Komunikasi yang Efektif.
Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1148–1153.
https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3578
Izzah, H. A. (2023). Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Anak
Ketergantungan Media Sosial youtube. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Universitas Islam Negeri Syarif ….
Khoirunni’mah, Y. (2019). pola asuh orang tua sebagai tenaga kerja wanita
terhadap kepribadian dan tanggung jawab anak di desa dolopo kecamatan
dolopo kabupaten madiun. IAIN Ponorogo.
Mahmudah, M., Nurfalah, F., & Lestari, A. D. (2020). Efektivitas Komunikasi
Keluarga Dalam Membentuk Keluarga Sakinah (Studi Fenomenologi Keluarga
di Griya Lobunta Lestari Cirebon). Jurnal Signal, 8(1), 79–88.
Maimuna, & Oktariani. (2022). Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan
Remaja Awal Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Journal of Social and
Economics Research, 7(2), 44–52.
Maulana, S. A. (2021). Pembentukan Konsep Diri Remaja Dengan Permasalahan
Seks Menyimpang. Univeristas Komputer Indonesia.
Mukarromah, W. R. U. (2020). Pengaruh dan Dampak Intervensi Orang Tua
Terhadap Rumah Tangga Anak Perspektif Hukum Islam di Desa Mayang
Jember. Rechtenstudent, 1(1), 44–54. https://doi.org/10.35719/rch.v1i1.13
Muslimin, K. D., Bage, L., & Yuliaswati, C. (2023). Efforts to Provide Effective
Communication to Early Children to Build Personality. Journal of Community
Engagement in Health, 6(1), 114–117. https://doi.org/10.30994/jceh.v6i1.382
Najib, M. A. (2019). Komunikasi Verbal dan Nonverbal Dalam Menarik Minat Beli
Konsumen (Studi Kasus CV. Putra Perkasa Kudus). IAIN KUDUS.
Nur, A., & Malli, R. (2022). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak
Usia Dini di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Islamic
Journal: Pendidikan Agama Islam, 1(1), 83–97.
Nurbayan, S., & Fikri, B. B. (2020). Karakter Anak Dapat Dibentuk Oleh Orangtua
Berkarakter. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 3(1), 23–30.
https://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/ES/article/view/360/224
Nurlaili, L., & Naufal, A. (2022). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menghadapi
Globalisasi. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 2(2), 181–191.
https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/24745
Okkya L, Z. (2023). Trend Kriminalitas Di Kalangan Remaja Dan Solusinya.
Jurnalpost.Com. https://jurnalpost.com/trend-kriminalitas-di-kalangan-remajadan-solusinya/51324/#google_vignette
Roesli, M., Syafi’i, A., & Amalia, A. (2018). Kajian islam tentang partisipasi orang
tua dalam pendidikan anak. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan,
Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 9(2), 332–345.
Ruli, E. (2020). TUGAS DAN PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDK ANAK.
Jurnal Edukasi Nonformal, vol.1(No.1), hlm.145.
Salamah, F. (2023). Peran Orang Tua dalam Pencegahan Bullying pada Anak. In UIN
Syarif Hidayatullah Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah.
Sari, N. Z., Ismaya, E. A., & Ahsin, M. N. (2022). Peran Orang Tua dalam
Memotivasi Belajar Anak pada Pembelajaran Daring di Desa Gemiring Lor.
76
WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 83–87.
https://doi.org/10.24176/wasis.v3i2.7502
Setyaningsih. (2017). Dampak Globalisasi Terhadap Moral Generasi Muda.
Ejournal.Sthd-Jateng.Ac.Id, 22(1).
https://doi.org/https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v22i1.18
Siregar, E. S. Y., Basri, M., & Al Farabi, M. (2024). Peran Orang Tua dalam
Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Desa Sipaho Kecamatan Halongonan
Kabupaten Padang Lawas Utara. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat ,
4(3), 68–80. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i3.552
Subqi, I. (2019). Perilaku Agresif Remaja dalam Tinjauan Pola Asuh Keagamaan
Orang Tua di Desa Baleadi Pati. IJIP: Indonesian Journal of Islamic
Psychology, 1(2), 186–214.
Syarifah Rahmi, & Alcom, M. (2022). KERJA SAMA ORANG TUA DAN GURU
DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH.
JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 16(2), 463–476.
https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v16i2.48
Tumengkol, A. E. A., Putri, S. I., & Borneo, G. A. (2020). Pola Komunikasi Orang
Tua Dalam Membentuk Perilaku Anak. Talenta Conference Series: Local
Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 3(1). https://doi.org/10.32734/lwsa.v3i1.813
Utami, S., & Febriani, W. (2023). Pola Komunikasi Keluarga dalam Membentuk
Kepribadian Anak. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(2), 178–
188. https://doi.org/10.30653/001.202371.275
Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak
Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245.
Lainnya:
Aulia. (2023). Forkopimko Jakarta Pusat Gelar Pengungkapan Kasus Tawuran di
Kramat dan Pemusnahan Barang Bukti Narkotika. Pusat.Jakarta.Go.Id.
https://pusat.jakarta.go.id/news/2023/forkopimko-jakarta-pusat-gelarpengungkapan-kasus-tawuran-di-kramat-dan-pemusnahan-barang-buktinarkotika
bphn.go.id. (2023). Kasus Kriminal Anak Dan Pelajar Makin Marak, BPHN Dan
Organisasi Bantuan Hukum Se-Indonesia, Gerakkan Program Pembinaan
Hukum Di Sekolah-Sekolah. Bphn.Go.Id.
https://bphn.go.id/publikasi/berita/2023031507560341/kasus-kriminal-anakdan-pelajar-makin-marak-bphn-dan-organisasi-bantuan-hukum-se-indonesiagerakkan-program-pembinaan-hukum-di-sekolah-sekolah
Ikhsanudin, A. (2023). Kejahatan Anak Meningkat, Kemen PPPA Soroti Pola Asuh
Orang Tua. News.Detik.Com. https://news.detik.com/berita/d6629873/kejahatan-anak-meningkat-kemen-pppa-soroti-pola-asuh-orang-tua
Krisdamarjati, Y. A. (2023). Meningkatnya Kasus Anak Berkonflik Hukum, Alarm
bagi Masyarakat dan Negara. Www.Kompas.Id.
https://www.kompas.id/baca/riset/2023/08/28/meningkatnya-kasus-anakberkonflik-hukum-alarm-bagi-masyarakat-dan-negara
Mayasari, E. (2020). Mengatasi Kriminalitas di Kalangan Remaja.
Www.Ditjenpas.Go.Id. https://www.ditjenpas.go.id/mengatasi-kriminalitas-dikalangan-remaja
77
Mukaromah, F. S., Khilmiyah, A., & Fauzan, A. (2020). Pola Komunikasi Orang Tua
Dalam Pembentukan Kecerdasan Sosial Di Kalangan Remaja Milenial. FOKUS
Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 5(1), 95.
https://doi.org/10.29240/jf.v5i1.1366
Mukti, K. T. (2023). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam
Menyikapi Bullying. Www.Kompasiana.Com.
https://www.kompasiana.com/kiki040198/64605e3008a8b5582d3bc092/peranorang-tua-terhadap-pembentukan-karakter-anak-dalam-menyikapibullying?page=all#section1