Andika Satria Utomo (44200911), Strategi Komunikasi Media Sosial Instagram
Pemkot Jakarta Timur @kotajakartatimur Untuk Mempertahankan Citra
Positif Sebagai Kota Sehat
Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi media sosial Instagram pemkot
Jakarta Timur @kotajakartatimur untuk mempertahankan citra positif sebagai kota
sehat. Strategi komunikasi adalah suatu rencana yang dirancang untuk mencapai
tujuan yang ingin dicapai melalui pesan - pesan yang disampaikan. Tim Media Sosial
Humas Walikota Jakarta Timur memiliki peran dan tanggung jawab sebagai
jembatan antara pemerintah kota Jakarta Timur dengan masyarakat dalam
penyebaran informasi berkaitan dengan kebijakan, aktivitas pemerintah kota dan
program pemerintah serta memiliki tanggung jawab yang besar yaitu untuk
mempertahankan citra positif pemerintah kota. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori New
Media oleh Pierre Levy. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara mendalam, dokumentasi, dan kajian pustaka. Hasil penelitian yang
diimplementasikan oleh Tim Media Sosial Humas Walikota Jakarta Timur dalam
publikasi informasi kegiatan Walikota Jakarta Timur melalui media sosial Instagram
untuk mempertahankan citra positif pemkot Jakarta Timur. Membuat editorial plan
atau bisa disebut dengan dokumen taktis yang menjelaskan bagaimana strategi itu
dijalankan, dengan tema konten apa, pembahasan apa yang dibahas, dan tujuan yang
sejalan dengan visi misi. Kedua Membuat konten yang kreatif dan kekinian, sebelum
membuat konten tersebut tim media sosial humas melakukan riset seperti konten apa
saja yang sedang trending, menganalisa, dan terakhir membuatnya. Ketiga, mengajak
interaksi dengan masyarakat dengan memanfaatkan fitur dari Instagram seperti
posting, Hashtag, comments, reels, dan stories. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
strategi yang dilakukan oleh Tim Media Sosial Humas Walikota Jakarta Timur dapat
dikatakan berhasil karena pada postingan kegiatan Walikota Jakarta Timur tidak ada
indikasi komentar negatif, itu semua berkat hal yang dilakukan oleh Tim Media
Sosial Humas dan juga media yang digunakan.
Kata kunci : Strategi Komunikasi, Humas Pemerintah, Sudin Kominfotik,
Media Sosial, Instagram, Citra
Cover
Skripsi
Buku :
Iswandi Syahputra. 2019. Media Relations : Teori, Strategi, Praktik, Dan Media
Intelijen / Iswandi Syahputra. Cetakan ke. Depok: Rajawali Pers, 2019.
Jurnal :
Puspitarini, Dinda Sekar, and Reni Nuraeni. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial
Sebagai Media Promosi.” Jurnal Common 3(1):71–80.
Chandra Aryo Achmad. 2021. “Strategi Komunikasi Humas Badan Meteorolgi,
Klimatologi, Dan, Geofisika Dalam Publikasi Informasi Melalui Media
Sosial Tiktok.” Repository UNJ.
Masitoh, Salt, and Pratiwi Wahyu Widiarti. 2018. “Strategi Komunikasi
Eksternal Humas Polda D. I. Yogyakarta Dalam Mengelola Citra Positif
Institusi.” Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi 1(1).
Ayu Laelia, Isqi Karomah Kusuma. 2022. “Strategi Komunikasi Humas Dalam
Membangun Citra Positif Pemerintah Kabupaten Tulungagung.”
Repository.Uinjkt.Ac.Id 2–3.
Feroza, Cindie Sya’bania, and Desy Misnawati. 2021. “Penggunaan Media
Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Official Sebagai Media
Komunikasi Dengan Pelanggan.” Jurnal Inovasi 15(1):54–61.
Anthony Putra Sumardi, Gatut Priyowidodo, Judy Djoko Wahjono Tjahjo. 2021.
“Citra Pemerintah Kota Surabaya Pasca Surabaya Menjadi Zona Merah
COVID-19 Di Mata Masyarakat Surabaya.” Jurnal E-Komunikasi
Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, Surabaya
9:1–12.
Ayudia, Anyelir Puspa, and Siti Sri Wulandari. 2021. “Strategi Komunikasi
Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kota Probolinggo.”
Journal of Office Administration : Education and Practice 1(2):249–68. Wardhana, Adhitya Artha. 2020. “Strategi Komuikasi Humas Pemkot Madiun
Dalam Mensosialisasikan Program Kerja Pemerintah Melalui Media
Sosial.” IAIN Ponorogo 1–84.
Antasari, Citra, and Renystiyah Dwi Pratiwi. 2022. “Pemanfaatan Fitur
Instagram Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Kedai Babakkeroyokan
Di Kota Palu.” Kinesik 9(2):176–82.
Dianti, Yira. 2017. “済無No Title No Title No Title.” Angewandte Chemie
International Edition, 6(11), 951–952. 5–24.
Azhari, Yusril Iqbal Syah. 2022. “Bab 3 Metode Penelitian.”
Repository.Upi.Edu 5:2013–15.
Febriansyah, Yogi. 2015. “Kajian Visual Drama.” Journal of Chemical
Information and Modeling 53(9):1689–99.
Kristiadi, Anlia Yisca. 2016. “Rapotivi Sebagai Wadah Diskursus Masyarakat
Dalam Pemahaman Melek Media.”
Crystallography, X-ray Diffraction. 2016. “Strategi Komunikasi Pemasaran
Tokocrypto Melalui Kegiatan Cryptour (Studi Deskriptif Mengenai
Strategi Komunikasi Pemasaran Tokocrypro Dalam Pembentukan Brand
Awareness Melalui Kegiatan Cryptour Di Kota Bandung).” 1–23.
Wijaya. Ida Suryani. 2015. “Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam
Kegiatan.” E-Jurnal IAIN Samarinda (Institut Agama Islam Negeri)
XVIII(No.1, Juni 2025):53–61.
Walid. 2018. “Penggunaan Instagram Sebagai Social Media Marketing Dalam
Membangun Brand Awareness PLATBM1912 Di Kota Pekanbaru.” Jom
Fisip 5(1):1–1.
Masrifah Cahyani, Adelia. 2020. “Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota
Surabaya Dalam Melayani Dan Menggali Potensi Masyarakat Melalui
Media Sosial.” Jurnal Ilmu Komunikasi 10(1):1–16.Ayudia, Anyelir Puspa, and Siti Sri Wulandari. 2021. “Strategi Komunikasi
Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kota Probolinggo.”
Journal of Office Administration : Education and Practice 1(2):249–68.