Youtube menjadi platform favorit para konten kreator mendistribusikan karya mereka dalam menunjukan kualitas, keunikan dan kreativitas masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kreatif konten kreator Ray Buat Trailer dalam mengemas vlog Youtube Ray The Explorer untuk menarik minat penonton. Metode penelitian kualitatif deskriptif dipilih dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi data dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terdapat enam konsep strategi pengemasan yang diterapkan yaitu latar belakang, tema dan judul, target audiens, format program, karakteristik pengisi acara serta gaya bahasa dan tiga tahapan kreatif dalam pengemasan konten yaitu dengan melalui proses praproduksi, produksi dan pascaproduksi. Berkonten di Youtube tidak serumit produksi televisi atau sebuah film. Beberapa turunan dalam konsep yang dipakai tidak serta merta diterapkan dalam langkah-langkah strategi dan proses produksi. Pengambilan gambar secara natural, proses editing dengan penggunaan meme dalam jokes dan alur cerita spontan serta ringan menjadi hal yang menjadi ciri khas pengemasan konten vlog Ray The Explorer di Youtube.
Full_Skripsi
Cover
Abdussamad, Zuchri. (2021). Matode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Agung, Gregorius. (2023). Kitab Content Creator. Jakarta: Elex Media Komputerindo.
Ahmad, Karyono Ibnu dan Muhammad Andri Setiawan. (2023). Seni Strategi Dari Surah-Surah Al-Qur’an Pilihan: Pembelajaran Takti Pebisnis, Politikus dan Perwira Sukses. Yogyakarta: Deepublish Digital.
Amartha, Muhammad Rizky dan Fahmi Anwar. (2023). Strategi Kreatif Membuat Konten Media Sosial Tiktok yang Diminati Ramaja. Jurnal Sosial dan Humaniora (vol. 1, no. 2) hal. 259-270. https://jurnalistiqomah.org/index.php/ arima/article/view/396
Aprilia, Suzan, Eni Murdiati, Sumaina Duku dan Saipul Anwar. (2021). Pola Komunikasi Bahasa Youtuber dalam Konten Video Blog (Vlog) Kanal Ria SW | Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains Vol. 10 No. 2 (2021) DOI: https://doi.org/10.19109/intelektualita.v10i2.9349
Basyar, Ibnu. Dari Kuntum Menjadi Bunga - Jilid 1. (2020). Depok: Al Qalam.
Darmawan, Didit, Inti Englishtina, Bastomi Baharsyah, Fattachul Huda A., M. Fahd Dyar Husni, Muhammad Ikhsan, Fadliyani Nawir, Lailyn Puad, Dodi Irawan, Eko Nursanty. (2023). Wirausaha Bidang Teknologi (Peluang dan Ide-Ide Bisnis Menggunakan Teknologi Informasi). Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
Deursen, Alexander Jam Van. (2020). Digital Inequality During a Pandemic: Quantitative Study of Differences in COVID-19 – Related Internet Uses and Outcomes Among the General Population. Journal of Medical Internet Research (vol. 22). http://www.jmir.org/2020/8/e20073/
Dianthini, Putu Gita Amertadevi, I Gusti Ayu Ketut Giantari dan Gede Bayu Rahanatha. (2023). Miat Beli Konsumen Berbasis Interaksi Parasosial, Popularitas dan Kredibilitas Vlogger. Bali: Intelektual Manifes Media.
Hadi, Sofyan. (2019). Model Manajemen Strategi Dakwah di Era Kontemporer – Jurnal Al-Hikmah (vol. 17) hal. 69-78. From http://alhikmah.iain-jember.ac.id/
Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana dan Ria Rahmatul Istiqomah. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Huda, Asrul dan Noper Ardi. (2021). Teknik Multimedia dan Animasi. Padang: UNP Press.
Ikhwan, Muhammad. (2022). Manajemen Media Kontemporer. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Irma, Ade, Putri Wahyuni dan Syamsul Arifin. (2021). Perempuan dan Media Volume 2 Aceh: Syiah Kuala University Press.
Javandalasta, Panca. (2021). 5 Hari Mahir Bikin Film. Yogyakarta: Batik Publisher.
Katadata: Ada 185 Juta Pengguna Internet di Indonesia pada Januari 2024. (2024). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/27/ada-185-juta-pengguna-internet-di-indonesia-pada-januari-2024
Mahyuddin. (2019). Sosiologi Komunikasi: Dinamika Relasi Sosial di dalam Era Virtualitas. Makassar: Shofia.
Mckeown, M. (2019). The Strategy Book. UK: Pearson.
Novianti, Evi. (2019). Teori Komunikasi Umum dan Aplikasinya. Yogyakarta: ANDI.
Nurani, Yuliani. (2023) Kurikulum Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: UNJ Press.
Permana, Arif Budi. (2023). Buku Pintar Jadi Content Creator. Yogyakarta: ANDI.
RRI (Radio Repunlik Indonesia). Ini Data Statistik Penggunaan Media Sosial Masyarakat Indonesia. (2024). From https://rri.co.id/iptek/721570/ini-data-statistik-penggunaan-media-sosial-masyarakat-indonesia-tahun-2024.
Saputro, Galih Hadirifan Eka. (2022). Potret Guru di Masa Pandemi COVID-19. Malang: Edulitera.
Setiadi, E., Azmi, A., dan Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2 (3), 313-323. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.135
Siregar, Edison. (2022). Riset dan Seminar Sumber Daya Manusia. Bandung: Widina Media Utama.
Statista: Leading countries based on YouTube audience size as of April 2024. (2024). https://www.statista.com/statistics/280685/number-of-monthly-unique-youtube-users/
Socialblade: Youtube Analytical History for Ray Buat Trailer. (2024). https://socialblade.com/youtube/c/raybuattrailer
Sugiono dan Puji Lestari. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). Bandung: Alfabeta.
Suprapto, Ratno. (2019). Analisa Strategi Kreatif Pendekatan Unique Selling Proposition dalam Iklan Nissan 4x4S. Jurnal Seni (Desain) dan Budaya Dewan Kesenian Tangerang Selatan (vol. 2) hal. 58.
Utarini, Adi, Iwan Dwiprahasto, Iwan Dwiprahasto, Ari Natalia Probandari, Dibyo Pramono, Yodi Mahendradhata, Madarina Julia, Sukirno, Trisasi Lestari, Zulaela, Perigrinus H. Sebong, Retna Siwi Padmawati, Rizaldy Pinzon. (2020) Metode Penelitian: Prinsip Dan Aplikasi Untuk Manajemen Rumah Sakit. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Utomo, Fazar Alfian Prasetiyo dan Daniel Nawolo Baskoro. (2023). Pengaruh Konten Vlog di Youtube Terhadap Perilaku Komunikasi Siswa SMP Nusantara Puls. Jurnal Communicator Sphere (vol. 3) hal. 13-31.
Wahid, Wardi. (2022). Manajemen Penyiaran Televisi Teori dan Praktik – Upaya Perubahan untuk Bangkit dlam Keterbatasan. Yogyakarta: Nas Media Pustaka.
Wibowo, Hamid Sakti. (2023). Monetisasi Youtube: Strategi Menghasilkan Pendapatan dari Channel Anda. Semarang: Tiram Media.
Yusanto, Freddy dan Diah Agung Esfandari. (2021). Buku Ajar Produksi Program Televisi. Yogyakarta: Deepublish.