Penelitian ini membahas mengenai Perilaku Konsumtif NCTzen menonton konser Neo City; The Unity Jakarta 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat perilaku konsumtif NCTzen menonton konser. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian fenomenologi dan menggunakan Teori Masyarakat Konsumerisme dari Jean Baudrillard. Sedangkan, teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penguji keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas dengan metode triangulasi sumber, teknik dan member check. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para penggemar K-Pop yaitu NCTzen akan terus melakukan perilaku konsumtif sepanjang menjadi penggemar karena sudah terbentuknya dunia simulasi dan hiperrealitas selama menjadi penggemar, salah satu aktivitas NCTzen yaitu menonton konser Neo City; The Unity Jakarta 2024 yang bisa menimbulkan perilaku konsumtif karena membeli tiket konser dan segala persiapannya.
full_text
Astuti, W. (2023). Analisis Perubahan gaya Kepemimpinan Atas Motivasi Kerja Karyawan di Klinik Miracle. Skripsi STIE Indonesia, 16–22.
Baudrillard, J. (2019). TEORI MASYARAKAT KONSUMERISME.
Cindrakasih, R. (2021). Dinamika Globalisasi Budaya Korea Di Indonesia Dan Pola Konsumsi Remaja “Korean Wave” Di Media Sosial Instagram. Jurnal Public Relations-Jpr, 2(1), 17–28.
Djamal. (2015). Pradigma Penelitian Kualitatif.
Harahap, N. (2017). Pengertian Kualitatif. In Wal Ashri (Vol. 4, Issue 1).
Karmila, R. (2019). PENERAPAN TEKNIK THOUGHT STOPPING UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN PERILAKU KONSUMTIF SISWA DI SMA NEGERI 9 MAKASSAR. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Khasanah, A. S. (2022). TEORI SIMULACRA: JEAN BAUDRILLARD. Kompasiana.Com.
Kurniasih, R. (2022). Kabupaten Banyuasin Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Kabupaten Banyuasin Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Skripsi. 06051381722060.
Mahendra, D., Jaya, I. M. M., & Lumban, A. M. R. (2019). Buku Ajar Promosi Kesehatan. In Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Vokasi UKI.
Melinda, Lesawengen, L., & Waani, F. J. (2021). Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado. Journal Ilmiah Society, 1(1), 1–10.
Moleong, L. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Mujahidah, N. (2020). ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS PADA SATU PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 9 MAKASSAR.
Munazzah, Z. (2016). Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilkau Konsumtif Pada Mahasiswa S1 Perbankan Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Resma, 3(2), 13–22.
Noviani, A. (2023). FANATISME PENGGEMAR K-POP (Studi Atas Perilaku Konsumtif pada NCTzen di Kota Bogor).
Saumantri, T., & Zikrillah, A. (2020). Teori Simulacra Jean Baudrillard Dalam Dunia Komunikasi Media Massa. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 247.
SMTOWN. (n.d.). NCT.
Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D (Sutopo (ed.)).
Valencialaw, N., & Utami, L. S. S. (2023). K-Pop dan Perilaku Konsumtif Menonton Konser. Koneksi, 7(1), 112–119. https://doi.org/10.24912/kn.v7i1.21301
Zamrodah, Y. (2019). Effect of Lifestyle, Egoistic values and Biosphere Values on Willingness to Pay (WTP) Organic Rice. Journal Health Care Of Our, 15(2), 1–23.