STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONS COORDINATOR CV. CAHAYA KARTIKA RAYA DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN

research
  • 14 Oct
  • 2024

STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONS COORDINATOR CV. CAHAYA KARTIKA RAYA DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh
Customer Relations Coordinator CV. Cahaya Kartika Raya dalam menangani keluhan
pelanggan. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya persaingan bisnis yang
menuntut perusahaan untuk memberikan pelayanan prima guna mempertahankan
loyalitas pelanggan. CV. Cahaya Kartika Raya, sebuah perusahaan jasa advertising,
mengalami penurunan pemesanan dan peningkatan komplain pelanggan pasca
pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan
pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Customer Relations Coordinator menggunakan strategi
komunikasi yang sistematis, termasuk mendengarkan aktif, menunjukkan empati, dan
memberikan solusi cepat. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan kepuasan
dan loyalitas pelanggan, serta memperbaiki citra perusahaan. Penelitian ini diharapkan
dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu komunikasi, khususnya dalam
bidang manajemen keluhan pelanggan, serta menjadi referensi bagi perusahaan lain
dalam meningkatkan pelayanan dan mengelola keluhan pelanggan secara efektif.
Temuan ini juga menyoroti pentingnya pelatihan komunikasi bagi staff dalam
menangani keluhan untuk mencapai kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dan
mempertahankan reputasi perusahaan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

Unduhan

 

REFERENSI

Anang. (2019). komunikasipemasaran (Tim Qiara Media (ed.)). CV. PENERBIT
QIARA MEDIA.
Aprillia, W. (2024). Komunikasi Antarbudaya dalam Proses Adaptasi Turis Asing di
Pulau Bali, Indonesia. 8(1).
https://doi.org/https://doi.org/10.24912/kn.v8i1.21644
AULA, M. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONS
COORDINATOR (CRC) KEPADA PENUMPANG TERKAIT
KETERLAMBATAN PENERBANGAN MASKAPAI LION AIR (Studi Kasus
Bandar Udara Internasional Kualanamu). Ilmu komunikasi.
Bakiyah, H. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS PT
CAKRA MAHKOTA DALAM CUSTOMER RELATIONS. Komunikasi dan
Budaya, 3(1).
Cresswell, J. W. (2019). Research Desgin ; Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan
mixed. Pustaka Pelajar.
Effendy. (2021). Komunikasi teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.
Inten, S. (2021). komunikasi bisnis kontruksi teoritis dan praktis. Syiah kuala
unversity press.
Ismail, Y. (2022). Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Manfaat Pajak Bumi Dan
Bangunan Daerah Di Kabupaten Bangka (Studi pada Badan Pengelolaan Pajak
dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kabupaten Bangka). Ilmu Komunikasi, 5.
Kotler, P. (2019). MARKETING 4.0 bergerak dari Tradisional kedigital (A. Tarigan
(ed.)). PT Gramedia Pustaka utama.
Listrikasari, D. R. (2024). ADAPTATION OF FOREIGN STUDENTS IN
INTERCULTURAL COMMUNICATION AT UNIVERSITAS NEGERI
SURABAYA. 8(1).
Matul, F. (2024). Komunikasi Islam Pengasuh Pondok Dalam Melatih Adaptasi
Santri Baru (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al Jayadi Dagangan Madiun).
Milyane, T. M., Hesti Umiyati, Depi Putri, Juliastuti, Syubhan Akib, R. F. D.,
Dawami, Rizanna Rosemary, Fadli Muhammad Athalarik, G. R. A., & Maria
Puspitasari, Andi, Muhammad Muthahari Ramadhani, E. R. (2022). Pengantar
Ilmu Komunikasi (A. Masruroh (ed.)). WIDINA BHAKTI PERSADA
BANDUNG.
Mutiawait. (2021). TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KINERJA
PELAYANAN BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA BANDA ACEH
71
MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) Cut.
10(1), 55–63.
Noveriyadie. (2024). PENGALAMAN ADAPTASI KOMUNIKASI DALAM
PENGGUNAAN TRANSPORTASI DARING DI TANAH LAUT (Studi Kualitatif
Ojek daring Berbasis Media Sosial di Tanah Laut).
Novia, N. (2019). komunikasi bisnis (1 dan 2).
Permana, I. P. M. (2024). MODEL KOMUNIKASI PADA PENERBITAN SURAT
KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) DI KEPOLISIAN
DAERAH NUSA TENGGARA BARAT. Ilmu Komunikasi Hindu Institut
Ágama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram, 1(2).
Pumamawati. (2023). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE,
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN LEVERAGE TERHADAP
SUSTAINABILITY REPORT (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan
yang Terdaftar pada BEI 2017-2021).
Rizal. (2020). Ilmu Komunikasi. Gramedia.
Rosalin, S. (2020). KOMUNIKASI BISNIS. UB Press.
Ruslan. (2020). Metode Penelitian PR dan Komunikasi. PPT. Raja Grafindo Perkasa.
Sari, R. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONS
COORDINATOR DALAM MENANGANI KOMPLAIN PELANGGAN DI
PT. HADJI KALLA BENGKEL SERUI. Dakwah dan Komunikasi, 2.
Sholihin, M. A. (2024). Adaptasi Masyarakat Pendatang Di Kampung Inggris:
Komunikasi dan Upaya Pencegahan Disintegrasi. 5(1).
https://doi.org/https://doi.org/10.33367/ijhass.v5i1.5099
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT
Alfabet.
Sumirah, D. (2021). Pengaruh Grooming Pada Customer Relations Coordinator
(CRC) Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Astra international TBK Toyota
Sales Operation (Auto2000) Pasteur Bandung. 9(1).
Supamin, S. (2019). KOMUNIKASI BISNIS. CV. MANHAJI Medan.
Suprapto. (2020). pengantar teori komunikasi. Media Presindo.
Sya’adah, M. (2024). Adaptasi Komunikasi Masyarakat Transmigran Jawa dan
Transmigran Bali dalam Penyuluhan Pertanian (Studi Deskriptif Kualitatif di
Desa Watabenua, Landono Sulawesi Tenggara). 4(2).
https://doi.org/https://doi.org/10.54082/jupin.305
Tarigan, O. Z. (2019). Strategi Komunikasi Customer Care Officer dalam Menangani
Keluhan Pelanggan” (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Customer
Care Officer PT. Honda Arista Ringroad Medan dalam Menangani Keluhan
Pelanggan. Komunikasi, 2.
72
Zuwifri, O. (2020). Strategi Komunikasi Customer Care Officer dalam Menangani
Keluhan Pelanggan” (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Customer
Care Officer PT. Honda Arista Ringroad Medan dalam Menangani Keluhan
Pelanggan