STRATEGI EDITOR DALAM MEMBENTUK NARASI EMOSIONAL PADA FILM PENDEK "TERLAMBAT"

research
  • 10 Oct
  • 2024

STRATEGI EDITOR DALAM MEMBENTUK NARASI EMOSIONAL PADA FILM PENDEK "TERLAMBAT"

Perkembangan film sudah berkembang dengan pesat dari tahun ke tahun, salah satunya film pendek yang merupakan jenis film yang banyak diminati oleh generasi-generasi muda. Film pendek adalah media yang sangat efektif untuk menyampaikan pesan dan mengekspresikan perasaan melalui kombinasi visual dan audio dalam durasi yang singkat. Film pendek “Terlambat” merupakan sebuah karya audio visual yang dibuat oleh kelompok Serendipity, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bina Sarana Informatika. Film ini mengusung genre drama komedi-romantis, yang menceritakan kisah dua individu yang bertemu dan saling menyukai selama masa magang mereka. Dalam produksi film ini, peran editor sangatlah penting. Sebagai editor, penulis bertanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap adegan dapat menggambarkan hubungan dan emosi karakter dengan jelas. Teknik editing yang digunakan meliputi cutting, penambahan transition, color grading, backsound, dan sound effect. Penulis juga menggunakan metode editing continuity untuk menjaga kesinambungan visual dan naratif dalam film. Penggunaan teknik-teknik editing ini bertujuan agar penonton dapat lebih mudah memahami alur cerita serta benar-benar merasakan suasana yang dihadirkan dalam setiap adegan film yang ditontonnya. Dengan demikian, diharapkan penonton dapat menikmati film dengan lebih baik dan dapat memahami pesan yang disampaikan dalam tiap ceritanya.

Unduhan

  • COVER_ADE-IVAN-SAPUTRA_44200849-1.pdf

    Cover Skripsi - Strategi Editor Dalam Membentuk Narasi Emosional Pada Film Pendek “TERLAMBAT”

    •   diunduh 22x | Ukuran 160 KB

 

  • SKRIPSI - ADE IVAN SAPUTRA_44200849.pdf

    Full Skripsi - Strategi Editor Dalam Membentuk Narasi Emosional Pada Film Pendek “TERLAMBAT”

    •   diunduh 3x | Ukuran 16,285,537

REFERENSI

Adam, R. (2022). DAMPAK PERGESERAN TAYANGAN FILM DI INDONESIA TERHADAP AUDIENS (Studi Kasus Pergeseran Tayangan Film Bioskop Menjadi Format Web Series di Media Online Pada Masyarakat Kota Kediri). http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/503

Andreanto, A., Wirawan, G. N., & Yudani, H. D. (2020). PERANCANGAN FILM PENDEK DOKUMENTER SEMANGGI SUROBOYO KHAS SURABAYA.

Angga, D., & Prima, M. (2022). Media Karya Mahasiswa Komunikasi dan Desain JOURNAL OF DIGITAL COMMUNICATION AND DESIGN (JDCODE) ANALISIS ISI FILM “THE PLATFORM.”

Asri, R., Al, U., Indonesia, A., Masjid, K., Al Azhar, A., & Baru, K. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI).” In Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial (Vol. 1, Issue 2).

Erina Yunita Putri. (2023). IMPLEMENTASI TEKNIK EDITING DALAM FILM DOKUMENTER “ASA DARI TIMUR.”

Gibran, F., Zein, S., Kulsum, U., & Wijayani, Q. N. (2024). Fungsi Dan Peran Media Masa Dalam Film Habibie Ainun (ANALISIS SEMIOTIKA Roland Barthes). JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 4(1), 118–122. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v4i1.1468

Indah Nurfitriani, R., Erdhina Adi, A., & Wibisono Tegar Guna Putra, dan. (n.d.). PENYUNTINGAN GAMBAR PADA FILM ASMARALOKA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI TAMAN BUNGA NUSANTARA EDITING ON THE FILM ASMARALOKA AS A MEDIUM OF COMMUNICATION FOR THE TAMAN BUNGA NUSANTARA.

Javandalasta, P. (2021). 5 Hari Mahir Bikin Film. Batik Publisher. https://books.google.co.id/books?id=SqQlEAAAQBAJ

Meirina, Z., & Arda Nugraha, F. (2024). Kata praktisi perfilman soal perkembangan film pendek di Indonesia - ANTARA News. https://www.antaranews.com/berita/4040982/kata-praktisi-perfilman-soal-perkembangan-film-pendek-di-indonesia

Putu, N., Anggreswari, Y., & Isnaeni, S. N. (n.d.). Analisis Fungsi Media Massa Dalam Channel Youtube “Loloan Project.” http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya

Reza Naufal, M., & Suhendra, A. (2022). PERAN VIDEO EDITOR DALAM PEMBUATAN PROGRAM FEATURE BERJUDUL “THE BEAUTY OF SAMOSIR ISLAND.” Inter Community Journal of Communication Empowerment|Vol, 4(2), 28–39.

Yusa Aji, S. (2019). PERAN EDITOR DALAM PRODUKSI FILM “VOICE CALL.”