PESAN MORAL IKLAN MARJAN VERSI RAMADAN

research
  • 10 Oct
  • 2024

PESAN MORAL IKLAN MARJAN VERSI RAMADAN

Iklan berperan penting dalam pemasaran produk, terutama dalam situasi yang dinamis seperti bulan Ramadan, di mana iklan dapat mengaitkan nilai-nilai budaya dan agama yang dominan. Penelitian ini menganalisis iklan sirup Marjan versi Ramadan 2024 yang mengadaptasi cerita rakyat "Putri Hijau," menggunakan pendekatan semiotika John Fiske. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pesan-pesan moral dalam iklan tersebut melalui tiga level pengkodean: realitas, representasi, dan ideologi. Iklan Marjan, yang hadir setiap Ramadan dengan cerita anekdot, menyampaikan pesan moral yang dapat ditelusuri melalui tampilan visual, dialog, teknik pengambilan gambar, dan elemen ideologis. Hasil analisis menunjukkan bahwa iklan ini mengandung banyak pesan moral yang kuat dan relevan, seperti pentingnya keseimbangan alam dan akibat dari ketamakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif, yang diharapkan memberikan pemahaman mendalam mengenai makna dan tanda dalam iklan. Saran untuk pembaca adalah agar bersikap kritis dan aktif dalam menggali informasi, serta memahami pesan moral tidak hanya dengan menonton iklan sekali, tetapi dengan analisis yang lebih mendalam.

Unduhan

 

REFERENSI

Alvita, A. C., & Sudrajat, R. H. (2020). Representasi Kecantikan Kontemporer Pada Perempuan Dalam Iklan (Analisis Semiotika John Fiske Dalam Iklan Nivea# Extracare For Extra Women). eProceedings of Management, 7(3)

Alpah, S. (2019). Analisis Iklan Televisi terhadap Brand Awareness pada Rumah Tangga di Kecamatan Batu Aji Kota Batam

Uswatun, H. (2022). ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL DALAM IKLAN AQUA VERSI LIFE# BIJAKBERPLASTIK

Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., ... & Sinthania, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.

Calvien Muttaqin Tenggono, O. (2016). ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL DALAM IKLAN ROKOK SAMPOERNA A MILD “GO AHEAD” DI MEDIA TELEVISI (Studi pada Ketiga Versi Iklan Rokok Sampoerna A Mild).

Fauziah, D., Puspita, R., & Nurhayati, I. K. (2018). ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE MENGENAI REALITAS BIAS GENDER PADA IKLAN KISAH RAMADHAN LINE VERSI ADZAN AYAH (Vol. 2, Nomor 2).

Furstin, N. M. (2018). Karakteristik Masyarakat Muslim dalam Program Muslim Travelers di Net Tv Episode “Senandung Islam di Glasgow, Skotlandia”.

Ginting, S. T. (2020). Pengaruh Kualitas Pesan, Daya Tarik Iklan dan Frekuensi Penayangan Terhadap Efektivitas Iklan Media Televisi Pada Produk Sepeda Motor Merek Honda. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora1(10), 24-39.

Gusti Mahdiya, S., & Pulungan, R. (2023). Penggunaan Majas Hiperbola Pada Iklan Produk Milna Makanan Bayi di Televisi. Education & Learning, 3(1), 85–90. https://doi.org/10.57251/el.v3i1.424

Hamid Umarela Universitas Mercu Buana Jl Meruya Selatan, F., Barat, J., Hamid Umarela, F., Aisyah Dwityas, N., & Rosfina Zahra, D. (2020). Representasi ideologi supremasi kulit putih dalam iklan televisi. 64 ProTVF, 4(1), 64–84.

Jannah, F. I. (2020). Pesan Moral Dalam Iklan Sirup Marjan Edisi Ramadhan 1442 H Berdasarkan Teori Semiotika Roland Barthes 

Pradana, Y. I., Dwikurnaningsih, Y., & Setyorini, S. (2018). Hubungan Antara Menonton Acara Kekerasan Televisi Dengan Perilaku Agresif Siswa SMP di Salatiga. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan5(1), 55-65.

Togas, S. P., Ayuna, N. E., & Saputra, D. P. (2023). Televisi Sebagai Media Komunikasi Partai Perindo. Journal of Comprehensive Science (JCS)2(8), 1510-1515.

Maharani, A., & Hamandia, M. R. (2023). Pesan Moral Gerakan Palembang Peduli Hewan Dalam Meningkatkan Kepedulian Masyarakat Terhadap Kucing Liar Di Palembang. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni1(2), 48-56.

Ziwar, B. M., & Purnama, H. (2021). Representasi Maskulinitas Pada Perempuan Dalam Iklan Gopay “pevita Ditembak, Jota Bertindak”. eProceedings of Management8(5).

Milyana Sari, I., & Budi Rahayu, P. (t.t.). Makna dan Pesan yang Terkandung dalam Iklan Video Sirup Marjan pada Ramadhan 1442 H (Sebuah Kajian Semiotika) Dalam Journal of Communication Sciences (Vol. 5). https://m.youtube.com/watch?v=dl-

Muslim, M. (2018). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, Dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana1(10).

Nadya, N., Maryam, S., & Nadya W, R. (2020). REPRESENTASI BUDAYA PARTIARKI DALAM IKLAN TELEVISI SARIWANGI VERSI# MARIBICARA. IKON24(1), 16-27.

Ningtyas, A., Kusumawati, N., & Himawan, S. (2024). Analisis Semiotika Pesan Moral Video Klip BTS ‘We Are Bulletproof: The Eternal’. Innovative: Journal Of Social Science Research4(1), 7587-7598.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam1(2), 1-9.

Diani, P. S., & Wibowo, A. A. (2022). Analisis Semiotika John Fiske Dalam Iklan Marjan Tahun 2022. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial9(10), 3633-3640.

Kusumastuti, W. (2021). Pesan Moral Pada Film IMPERFECT (Analisis Wacana Teun A. Van Dijk)

Pohan, S., & Syahril, A. (2023). ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE DALAM IKLAN MARJAN DI MOMENT RAMADHAN 1444 HIJIRIAH (Vol. 3, Nomor 3).

Rahadi, M., Kusuma, P., & Fitriawan, R. A. (2020). REPRESENTASI PERAN DOMESTIK PEREMPUAN (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE DALAM FILM ANIMASI PENDEK “BAO”).

Derajat Sarjana, S., & Kosim, A. E. “REPRESENTASI GENDER DALAM FILM SELESAI (2021).

Ridwan, M., & Aslinda, C. (2022). Analisis Semiotika Diskriminasi Pada Film “The Hate U Give.” Dalam Journal of Discourse and Media Research Juni (Vol. 2022, Nomor 1).

Siswoyo, F., & Asrita, S. (2021). REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotika Iklan Nivea Men “Berubah Extra Cerah” Versi Adipati Dolken).

Sumiati, I. (2024). Analisis Pesan Moral dalam Puisi “Senja di Pelabuhan Kecil” Karya Chairil Anwar Sefina Aprilia Soleha Bimbingan belajar Next Level Study. 2(2), 12530. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i2.567

Tinggi, S., Kesehatan, I., Gombong, M., Putrianasari, R. A., Anggita Pradana, D., Anggraini, D., & Waljinah, S. (2019). Analisis Kesalahan Gaya Bahasa pada Iklan Produk Minuman di Televisi.

Sari, M. P. (2012). Efektifitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi dalam Mempengaruhi Sikap Khalayak (Studi Pada Mahasiswa FISIP Universitas Indonesia Depok Terhadap Iklan Layanan Masyarakat BKKBN Versi “Jangan Buru-buru”). Universitas Indonesia Depok.

Utama, J., & Swasty, W. (2018). Daya Tarik Visual sebagai Brand Recall Pada Iklan Televisi (Studi Kasus: Iklan Mizone 2012 Versi “TILT”. Jurnal Bahasa Rupa2(1), 43-51.

Wicaksono, A. R., & Fitriyani, A. H. D. (2021). Analisis Semiotik Roland Barthes Pada Iklan Televisi Pertamina Edisi Ramadan 1442 H. Acintya13(2), 155-164.

Widaya, O. A. (2022). Analisis Isi Pesan Moral Simpati dalam Film Pendek" Turut Berdukacita"

Surbakti, R. (2022). Makna Pesan Pada Iklan Hago (Analisis Semiotika Roland Barthes) 

Yonaski, S. A., Supiarza, H., Fakultas, T., Seni, P., & Desain, D. (2021). PESAN MORAL YANG TERDAPAT PADA FILM LITTLE MOM. Dalam Cinematology: Journal Anthology of Film and Television Studies (Vol. 1, Nomor 3).