PENGEMBANGAN CHATBOT AI LARGE LANGUAGE MODEL (LLM) UNTUK LAYANAN INFORMASI DAN KONSULTASI RS.BRAWIJAYA

research
  • 07 Oct
  • 2024

PENGEMBANGAN CHATBOT AI LARGE LANGUAGE MODEL (LLM) UNTUK LAYANAN INFORMASI DAN KONSULTASI RS.BRAWIJAYA

Dalam era digital, Rumah Sakit Brawijaya menghadapi tantangan dalam menyediakan layanan informasi dan konsultasi kesehatan yang cepat, akurat, dan mudah diakses. Pengembangan chatbot Brawijaya Care (Braca) berbasis Large Language Model (LLM) diintegrasikan untuk menjawab tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi chatbot yang dapat memberikan layanan konsultasi kesehatan secara otomatis. Chatbot Braca menggunakan integrasi OpenAI dan Google Cloud API, yang memungkinkan pengguna untuk berkonsultasi mengenai gejala kesehatan, mendapatkan diagnosis awal, dan menjadwalkan janji dengan dokter secara real-time. Evaluasi menunjukkan bahwa chatbot meningkatkan brand awareness, keterlibatan pengguna, dan konversi pasien dengan signifikan. Oleh karena itu, chatbot Braca berpotensi menjadi solusi efektif untuk meningkatkan efisiensi operasional rumah sakit dan kepuasan pasien.

REFERENSI

[1] Amodei, D., Ardekani, S., & Amodei, D. (2022). Artificial intelligence in medicine:   Overcoming or recapitulating structural challenges to improving patient care? Medicine A, 22(1), 100622.

[2]    Aisah, N., Gede, I., & Suwartane, A. (n.d.). Integrasi Chatbot Dalam Pengembangan Aplikasi Sistem Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Web Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMPN 280 Jakarta).

[3]    Andrew, A. (2024). Potential applications and implications of large language models in primary care. Family Medicine and Community Health, 12(Suppl 1). https://doi.org/10.1136/fmch-2023-002602

[4]    Bulla, C. (2020). A Review of AI Based Medical Assistant Chatbot. https://doi.org/10.5281/zenodo.3902215

[5]    Denny, P., Prather, J., Becker, B. A., Finnie-Ansley, J., Hellas, A., Leinonen, J., Luxton-Reilly, A., Reeves, B. N., Santos, E. A., & Sarsa, S. (2024). Computing Education in the Era of Generative AI. Communications of the ACM, 67(2), 56–67. https://doi.org/10.1145/3624720

[6]    Isma, A., Sahalik Rahman, S., Setiawan Syam, A., & Sari, N. (2023). Pengenalan Sistem Chatbot Interaktif Berbasis Chatgpt Dan Wolfram Alpha Untuk Mendukung Pembelajaran Di Era Digital Reading list. Pijarpemikiran.Com, 1(2). https://doi.org/10.61220/voice

[7]    Meskó, B. (2023). Prompt Engineering as an Important Emerging Skill for Medical Professionals: Tutorial. Journal of Medical Internet Research, 25(1). https://doi.org/10.2196/50638

[8]    Nur Fitria, T., Elmin Simbolon, N., Teknologi Bisnis AAS Indonesia, I., Negeri Pontianak, P., & Haji Agus Salim Bukittinggi, S. (2023). Chatbots as Online Chat Conversation in the Education Sector. In International Journal of Computer and Information System (IJCIS) Peer Reviewed-International Journal (Vol. 04, Issue 03). https://ijcis.net/index.php/ijcis/index

[9]    Park, D. M., Jeong, S. S., & Seo, Y. S. (2022). Systematic Review on Chatbot Techniques and Applications. Journal of Information Processing Systems, 18(1), 26–47. https://doi.org/10.3745/JIPS.04.0232

[10]  Pratama, R., Azka Pradana, F., Chandra N I, M., & Bonita, A. (2021). Chatbot interaksi rumah sakit menggunakan FFNN. Indonesian Journal of Data and Science (IJODAS), 2(2), 62–68.

[11]  Rizqie, Q., Afifah, N., & Bardadi, A. (n.d.). NetPLG Journal of Network and Computer Applications Eksplorasi Penggunaan Large Language Model (LLM) dalam Pembangunan Permainan Minesweeper dengan Python Programming. https://jurnal.netplg.com/jnca

[12]  Saputri, P. D., & Oktaviana, P. P. (2023). Comparison of Feedforward Neural Network and Classical Statistics Methods: Application in Finance. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 19(3), 537–548. https://doi.org/10.20956/j.v19i3.25379

[13]  Setiawan, R., Iskandar, R., Madjid, N., & Kusumawardani, R. (2023). Artificial Intelligence-Based Chatbot to Support Public Health Services in Indonesia. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 17(19), 36–47. https://doi.org/10.3991/ijim.v17i19.36263

[14]  Siahaan, M., Harsana Jasa, C., Anderson, K., Rosiana, M. V., Lim, S., & Yudianto, W. (2020). Penerapan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Seorang Penyandang Disabilitas Tunanetra. In Journal of Information System and Technology (Vol. 01).

[15]  Tamrakar, R., Vallabhbhai, S., & Wani, N. (2021). Design and Development of CHATBOT: A Review. https://www.researchgate.net/publication/351228837

[16]  Wei, J., Kim, S., Jung, H., & Kim, Y.-H. (2023). Leveraging Large Language Models to Power Chatbots for Collecting User Self-Reported Data. http://arxiv.org/abs/2301.05843