Program acara Musik Spesial yang ditayangkan setiap bulan, mulai hari sabtu dan minggu. Program yang menggunakan sistem produksi outdoor ini menyuguhkan konsep live program berdurasi 120 menit yang dimulai dari pukul 07.30 – 09.30. Menampilkan performance band-band lokal baik yang baru maupun sudah booming. Dipandu dengan 2 orang host. Selain live perform juga menayangkan video-video Product dari setiap prodak dan band maupun penyanyi Indonesia. Selain itu juga banyak games yang berhadiah dan di hadiri pengisi acara dari cast simena art (Pemain Sinetron), serta Karnaval SCTV juga mengakat konten – konten lokal atau dari daerah madiun tersebut.
Penata Suara atau Audioman memili peran penting di dalam produksi acara karnaval SCTV, ada berberapa tugas tugas dan kewajiban penata suara di dalam progam karnval SCTV yaitu: 1) Bertanggung jawab terhadap kualitas audio baik secara teknis maupun non teknis, 2) Memahami instalasi jaringan distribusi audio secara teknis dan dapat mengatasi apabila terjadi gangguan
Program acara Musik Spesial yang ditayangkan setiap bulan, mulai hari sabtu dan minggu. Program yang menggunakan sistem produksi outdoor ini menyuguhkan konsep live program berdurasi 120 menit yang dimulai dari pukul 07.30 – 09.30. Menampilkan performance band-band lokal baik yang baru maupun sudah booming. Dipandu dengan 2 orang host. Selain live perform juga menayangkan video-video Product dari setiap prodak dan band maupun penyanyi Indonesia. Selain itu juga banyak games yang berhadiah dan di hadiri pengisi acara dari cast simena art (Pemain Sinetron), serta Karnaval SCTV juga mengakat konten – konten lokal atau dari daerah madiun tersebut.
Penata Suara atau Audioman memili peran penting di dalam produksi acara karnaval SCTV, ada berberapa tugas tugas dan kewajiban penata suara di dalam progam karnval SCTV yaitu: 1) Bertanggung jawab terhadap kualitas audio baik secara teknis maupun non teknis, 2) Memahami instalasi jaringan distribusi audio secara teknis dan dapat mengatasi apabila terjadi gangguan.
Skripsi Peran Penata Suara
Jurnal Muahammad Rizki Fadilah
Angelina, and Subechi. “Peran Penata Suara Dalam Mendukung Program Dokumenter.” Jurnal Ilmiah Teknik Studio 4, no. 1 (2018): 41–52.
Assyakurrohim, Dimas, Dewa Ikhram, Rusdy A Sirodj, and M Win Afgani. “Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3, no. 1 (2023): 1–9.
Bado, Basri. Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah. Pengantar Metode Kualitatif, 2021.
Bartlett, Bruce, and Jenny Bartlett. Practical Recording Techniques. United States: Focal Press, 2005.
“Bobby Owsinsk.” In Wikipedia, n.d. https://en.wikipedia.org/wiki/Bobby_Owsinski.
Chan, R, F, B, G Prabhawita, and A, Y, P, D Yasa T. “Pemanfaatan Acousmatic Sound Sebagai Penguatan Cerita Film ‘Suruh Ayu.’” Jurnal Calaccitra 02, no. 01 (2022): 9–16.
Dita Inriyani, and Rini Lestari. “Peran Penata Suara Dalam Program ASAL Asli Atau Palsu.” PANTAREI Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi 1, no. 1 (2017): 1–5.
Hafizt, Sang Putu Ra. “Peran Pemandu Gambar (Switcherman) Dalam Produksi Program Music Plus Di RIAU Televisi.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2016.
itsfia. “Perihal Kabar Pertelevisian Indonesia, Masih Ramai?” ITS Online, 2021. https://www.its.ac.id/news/2022/07/23/perihal-kabar-pertelevisian-indonesia-masih-ramai.
Maulana, Fadhil. “Peran Audioman Divisi Off Air Oz Radio 103,1 FM Bandung.” Universitas Padjadjaran, 2017.
Nabila, Unzila Alifitri, and Ade Wahyudin. “Penataan Suara Pada Produksi Feature Televisi ‘Pengelana Nusantara.’” Jurnal Ilmiah Teknik Studio 5, no. 1 (2020).
Nasution, Abdul Fattah. Metode Penelitian Kualitatif. Edited by Meyniar Albina. Bandung: CV. Harfa Creative, 2023.
Nucafri, Afrian. “Peran Penata Suara (Audioman) Dalam Proses Produksi Program SLC 888 Di Indovision.” Diss. Universitas Mercu Buana, 2016.
Prakoso, Panca Hasto. “Peran Penata Suara Dalam Program Live”Sensasi Artis” Di Stasiun Televisi SCTV.” Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2016.
Rubiyanto. “Strategi SCTV Memikat Pemirsa Dan Pengiklan Pada Tayangan Sinetron Prime Time.” ProTVF 6, no. 1 (2022): 123–43.
SCTV. “PT SURYA CITRA TELEVISI (SCTV),” 2023.
Suciati, Nur Sofyan, Zuhdan Aziz, Muhammad Muttaqien, Ayu Amalia, Budi D Arifianto, and Editor. OASE BROOADCASTING Percikan Pemikiran Dinamika Dunia Broadcasting Di. Analytical Biochemistry. 1st ed. Vol. 11. Yogyakarta: Buku Litera, 2022.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
Ulfatin, Nurul. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan: Teori Dan Aplikasinya. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2022.
Widjajanto, Kenmada, and Ibrahim Adi Surya. “Metode Partisipatif Dalam Perancangan Film Pendek ‘Titik Balik’ Untuk Lomba Film Pendek Festival Ramadhan Net Tv Tahun 2021.” Visualideas 1, no. 2 (2021): 57–73. https://doi.org/10.33197/visualideas.vol1.iss2.2021.705.
Widuhung, Selvy Maria. “Strategi Marketing Public Relations Petromindo Group Di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Public Relations 2, no. 1 (2021): 1–7.
Wirawan, I Komang Arba. “Produksi Video.” Multimedia Pontianak, 2020.
Yusanto, Freddy, and Diah Agung Esfandari. Buku Ajar Produksi Program Televisi. Deepublish, 2021.
Zulfikar, Ahmad Reza. “Peran Audioman Terhadap Jalannya Program Jurnal Pagi Metro TV Jawa Timur.” STIKOM Surabaya. STIKOM Surabaya, 2012.
Zuwono, and Sunarsa. “Penataan Suara Dalam Produksi Program Feature ‘Content Creator’Audio Arrangment in The Production of Feature Program ‘Content Creator.’” Jurnal Ilmiah Produksi Siaran | 5, no. 1 (2019): 31–47.