Laporan Karya Ilmiah

research
  • 01 Oct
  • 2024

Laporan Karya Ilmiah

ABSTRAKSI

Annisa Eka Putri (44200694), Peran Editor dalam program dokumenter "Jejak Sejarah : Onrust, Pulau Karantina Haji"

 

Dokumenter merupakan film yang mendokumentasikan suatu kejadian atau kenyataan secara fakta. Artinya, menyangkut kehidupan lingkungan hidup dan situasi nyata. Sebelumnya telah dibuktikan bahwa, melalui program dokumenter dapat memberikan pengetahuan dan informasi masyarakat mengenai sejarah. Oleh karena itu, penulis bertujuan membuat program dokumenter untuk mengenalkan Pulau Onrust kepada masyarakat agar generasi mendatang tidak melupakan atau mengabaikan sejarah, melalui sebuah karya yang berjudul “Onrust, Pulau Karantina Haji.” Program dokumenter menceritakan tentang sejarah Pulau Onrust pada abad ke-20 dimana Pulau Onrust pernah di jadikan sebagai tempat karantina para jamaah haji. Program dokumenter sejarah bertujuan untuk memberikan pengetahuan mendalam tentang peristiwa masa lalu, menggambarkan kejadian-kejadian penting, serta mengungkap cerita-cerita yang jarang diketahui. Dengan mengemas ide cerita berdasarkan fakta yang ada, program ini dibuat dengan tiga tahap yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Peran Editor dalam Program Dokumenter merupakan peranan yang sangat penting dalam tahapan Pra Produksi, Produksi, dan Pasca Produksi. Terutama dalam tahapan Pasca Produksi merupakan langkah terakhir dalam produksi karya audio visual yang dilakukan oleh seorang Editor.

 

Kata Kunci : Peran, Editor, Dokumenter, Onrust, Pulau Karantina Haji

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Andiyanto Putra, M. (2023). Penerapan Color Grading dalam Proses Editing Program   Dokumenter “Doctive Persona.” Jurnal Ilmiah Multimedia & Komunikasi, (Vol. 8 No. 1), 47– 62.

Azmikhoirunnisa, E., & Asiatun, S. (2020). Variasi Shot dalam Dokumenter Televisi  “Laskar Insan” Edisi “Waktu Berbicara.”Jurnal Ilmiah Pemberitaan, (Vol. 5 No.1), 21–30.

Bagas Kurniawan, M., Mahfudin Setiawan, A., & Hamid, A. R. (2024). MENGUNGKAP KISAH TERSEMBUNYI: KARANTINA HAJI DI PULAU ONRUST 1911-1933. Al-Isnad: Journal of Islamic      Civilization History and Humanities, 5(01), 74–86. https://doi.org/10.22515/isnad.v5i01.9407

Christian Antonius J.A. (2023). Laporan Tugas Akhir Peran Editor dalam Penggunaan Teknik Continuity Editing pada Program Dokumenter Televisi “Tangkal” Episode : Barongan.

Fachruddin, A. (2017). Dasar-dasar Produksi Televisi: Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter dan Teknik Editing. Kencana.

Fatoni Dodi A. (2019). Laporan Tugas Akhir Karya Kreatif Penyutradaraan Film Dokumenter Observasional “Bumi Tunggu Tubang” Suku Semende Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Hadyan Haikal, D., & Dinata, A. (2023). Peran Editor Dalam Produksi Film Dokumenter “Kemana Kampung Dolar?” Jurnal Ilmiah Multidisiplin, (Vol. 1 No. 2), 191–199. https://doi.org/10.62017/merdeka

Irwanto, Kusumawati, N., Supriyadi, & Triartanto, Y. (2020). Broadcasting Televisi 2 (2nd ed.). Graha Cendikia.

Karim, R. H. (2020). Tehnik Visualisasi Pada Dokumenter “Catatan Waktu” sebagai Potret Diplomasi Indonesia dan Thailand.

Lestari, K. A., & Korina, D. (2020). Kontinuitas Gambar Sinematografi dalam Dokumenter Televisi “Jurnal Nusantara” Episode “Jagapati Sang Kelud.” Jurnal Ilmiah Pemberitaan, (Vol. 5 No. 1), 31–43.

Latief, R. (2020). Panduan Produksi Acara Televisi Non Drama. Jakarta: Kencana. Morissan, M. . (2018). Strategi Mengelola Radio & Televisi Ed. Revisi.

Mustofa, M., W. S., & M. (2018). KOMUNIKASI VERBAL DALAM KOMUNIKASI DAKWAH. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling        Islam, 1(2). https://doi.org/10.22373/taujih.v1i2.7204.

Nurhadi, Z., & Kurniawan, A. (2017). KAJIAN TENTANG EFEKTIVITAS PESAN DALAM KOMUNIKASI “Jurnal Komunikasi“, (Vol.3 No.1).

Pratista, H. (2017). Memahami Film Edisi 2 (A. D. Nugroho, Ed.; 2nd ed.). Montase Press.

Rafy, M., & Krisna Dimas, A. (2019). PERANCANGAN BUKU FOTOGRAFI SEBAGAI MEDIA INFORMASI. E- Proceeding of Art & Design, (Vol.6 No.3), 3527.

Ramadhan, M. B., & Saputromidjoyo, K. (2021). Sebuah Program Dokumenter Televisi “Aksesibilitas Tak Terbatas.” Prosiding Jurnalistik,       (Vol.7 No.1). https://doi.org/10.29313/.v7i1.27229

Ramadian, A., & Dianta, A. (2023). PERAN EDITOR DALAM PEMBUATAN KARYA DOKUMENTER BERJUDUL “TERBAWA.” In Jurnal Komputer (Vol. 6, Issue 12).

Sari Rike V. (2018). EDITOR DALAM PEMBUATAN PROGRAM TELEVISI FEATURE BERBASIS SPLIT SCREEN BERJUDUL “DUNIA TANPA BATAS” TUGAS AKHIR.

Sari, Y. (2019). Penerapan Kode Etik Jurnalistik Dalam Proses Editing Program Berita Kriminal Di Kompas TV Medan.

Sunarto,N & Gani,R. (2022). Makna Voice Over dalam Pemberitaan Feature di Televisi “Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital (JRJMD), (Vol.2 No.1), 13 – 20. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v2i1.600

Zulnika Y, K. M. T. W. (2017). Program Dokumenter “Kenapa Pekalongan?”