Representasi Pesan Moral Pada Film Rumah Masa Depan

research
  • 09 Sep
  • 2024

Representasi Pesan Moral Pada Film Rumah Masa Depan

Film merupakan seni audio visual dan juga media komunikasi yang cukup terkenal dijaman sekarang, serta film telah menjadi salah satu media komunikasi yang cukup berpengaruh dalam masyarakat. Film dapat mempengaruhi pandangan dan sikap penonton terhadap berbagai isu moral. Pesan moral yang terdapat dalam film tidak hanya mencerminkan pandangan pembuat film tetapi dapat mempengaruhi dan membentuk nilai-nilai masyarakat. Film yang kaya akan pesan moral dapat digunakan sebagai media pendidikan, pembentuk karakter, dan refleksi sosial. Karena film dapat membangkitkan emosi ataupun mempengaruhi tindakan penonton dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu film yang mengandung pesan moral yaitu Film Rumah Masa Depan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan cara pesan moral direpresentasikan pada film Rumah Masa Depan. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika John Fiske melalui level realitas, level representasi, dan level ideologi. Dari hasil penelitian menunjukkan ada representasi pesan moral dalam film Rumah Masa Depan yang dilihat dari tiga level yang dikemukakan John Fiske. Pada level realitas, pesan moral dapat dilihat dari aspek penampilan, perilaku, cara berbicara, ekspresi, riasan, dan lingkungan. Pada level representasi, yang menggambarkan pesan moral tercermin melalui aspek kamera, pencahayaan, angle, dialog, dan backsound. Level ideologi yang dapat disimpulkan, penggambaran pesan moral yang ada pada film Rumah Masa Depan adalah ideologi individual yang positif.

Unduhan

 

  • cover.pdf

    cover

    •   diunduh 1x | Ukuran 54,317

REFERENSI

Alamsyah, F. F. (2020). Representasi, Ideologi dan Rekonstruksi Media (Vol. 3, Issue 2).

Anggraeni, W. D., Siagainenia, R. R., & Herwandito, S. (2022). 7815.

Ardiansyah, I. R., Wibowo, J. H., & Danadharta, I. (n.d.). Analisis Semiotika Pesan Moral Dalam Film Kimetsu No Yaiba “Mugen Train” 1.

Caniago, A., & Hero, E. (n.d.). Fenomena Mengunggah Film Pendek di Media Sosial pada Mahasiswa Komunikasi Universitas Islam Riau. Journal of Social Media and Message Juni, 2022(1), 24–35.

Fatimah. (2020). IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILM).

Hadijah Arnus, S., & Cangara, H. (2021). TERORISME DALAM BUKU 21 LESSONS HARARI: SUATU TINJAUAN DARI PERSPEKTIF MEDIA MASSA (Issue 2).

Hamama Madhona, R. (n.d.). SOETOMO COMMUNICATION AND HUMANITIES Representasi Emosional Joker Sebagai Korban kekerasan Dalam Film Joker 2019 (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure).

Hudi, I., Purwanto, H., Miftahurrahmi, A., Marsyanda, F., Rahma, G., Aini, A. N., & Rahmawati, A. (2024). Krisis Moral dan Etika Pada Generasi Muda Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(2), 233–241. https://journal.pipuswina.com/index.php/jippsi/about

Kevinia, C., Putri syahara, P. sayahara, Aulia, S., & Astari, T. (2024). Analisis Teori Semiotika Roland Barthes Dalam Film Miracle in Cell No.7 Versi Indonesia. COMMUSTY Journal of Communication Studies and Society, 1(2), 38–43. https://doi.org/10.38043/commusty.v1i2.4082

Kinanti, S., Octaviani, P., & Purwanti, S. (2024). ANALISIS ISI PESAN MORAL DALAM FILM “TURNING RED” (Vol. 2024, Issue 2).

Langit, A. J., Timur1, P., Panuju2, R., Fakultas, 1 2, Komunikasi, I., & Soetomo, S. (2022). Pesan Moral dalam Film “Better Days 2020” Karya Derek Tsai. Jurnal Representamen, 8(2), 70–83. https://doi.org/10.30996/representamen.v8i2.7219

Mainake, J. apriani. (2019). PESAN MORAL DALAM FILM TSCHICK.

Muhamad Bisri Mustofa, Jeanika Elma Putri, Kristi Sabela, Luthfia Nur Maharani, & Maytufi Az-Zahra Yasha. (2022). Fungsi Komunikasi Massa dalam Pemberitaan Pengamen Badut Cilik Cantik Oleh Akun Instagram @say.viideo Terhadap Perilaku Warganet. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.53429/j-kis.v3i1.417

Pah, T., & Darmastuti, R. (2019). ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE DALAM TAYANGAN LENTERA INDONESIA EPISODE MEMBINA POTENSI PARA PENERUS BANGSA DI KEPULAUAN SULA.

Prijana Hadi, I., & Megawati Wahjudianata, Ms. (n.d.). KOMUNIKASI MASSA. www.google.com

Rahayu, R. (2020). Peran Media Massa dalam Rangka Pembinaan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kelasa, 13(2). https://doi.org/10.26499/kelasa.v13i2.71

Sacani, C. A. (2022). REPRESENTASI FEMINISME FILM “MOXIE” DALAM.

Syarbaini, S. (2019). Sosilogi Komunikasi/Syahrial Syarbaini SOSIOLOGI KOMUNIKASI FUNGSI MEDIA MASSA.

Wahyudi, R. A. (2021). Prosiding KONSTELASI ILMIAH MAHASISWA UNISSULA (KIMU) 5 Makna Pesan Moral dalam Film Keluarga Cemara (Analisis.