PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN KUE BERBASIS WEB PADA TOKO DODOL BETAWI ROGAYAH

research
  • 02 Sep
  • 2024

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN KUE BERBASIS WEB PADA TOKO DODOL BETAWI ROGAYAH

    Dalam era digital yang semakin maju, adaptasi teknologi informasi menjadi krusial bagi toko-toko tradisional. Toko Dodol Betawi Rogayah, sebagai salah satu penjual kue tradisional Betawi yang sudah berdiri selama 25 tahun, menghadapi tantangan utama berupa proses penjualan yang masih dilakukan secara manual, keterbatasan akses pasar, proses pembelian yang dilakukan secara offline, dan kurangnya sistem informasi yang terintegrasi, dimana seringkali terjadi kesalahan dalam proses manajemen data penjualan maupun pembuatan laporan penjualan. Untuk menghadapi tantangan tersebut, peneliti mengusulkan perancangan sistem informasi penjualan kue berbasis website dengan mempertimbangkan batasan penelitian seperti lokasi toko, jenis produk, platform pengembangan, dan metode pembayaran. Perancangan ini mencakup analisis kebutuhan pengguna, perancangan sistem dengan pembuatan prototipe, implementasi sistem. Dengan demikian, sistem informasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat seperti mempermudah pembeli dalam melakukan pemesanan secara online, mempermudah toko dalam melakukan transaksi penjualan, serta mengurangi kesalahan manajemen data, meningkatkan efisiensi operasional, serta memperluas akses pasar bagi Toko Dodol Betawi Rogayah.

Unduhan

 

REFERENSI

  1. A.Yudi Permana, Puji Romadlon. 2019. “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Perumahan Mengunakan Metode SDLC Pada Pt. Mandiri Land Prosperous Berbasis Mobile.” SIGMA – Jurnal Teknologi Pelita Bangsa.
  2. Aceng Abdul Wahid. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, November, 1–5
  3. Agnika, M., Putra, S. S., & Sudrajat. (2021). Analisis Kinerja Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah pada Pemerintah Daerah Kabupaten Subang Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19. Indonesian Accounting Research Journal, 1(3), 493-503
  4. Ananditya, A., Sriyono, S., & Yanti, S. (2020). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Voucher Game Online Berbasis Desktop pada Aren.Net di Depok. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(01), 87–94.
    https://doi.org/10.30998/jrami.v1i01.210
  5. Bangun, R., Informasi, S., Hanifah, A., & Feizal, M. (2022). PERKEMBANGAN AKADEMIK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ( PAUD ) BERBASIS WEB PADA SATUAN PAUD SEJENIS ( SPS ) AL-FAUZAN. 1(07), 997–1006.