Franchising is currently one of the solutions in developing the economy, various sectors already have types of franchises including food and retail. In this study, the resWaralaba saat ini merupakan salah satu solusi dalam mengembangkan perekonomian, berbagai sektor sudah ada jenis waralabanya termasuk makanan dan retail. Pada penelitian kali ini peneliti menerapkan algoritma naïve bayes dalam menentukan lokasi waralaba yang sesuai dengan
beberapa atribut diantaranya kondisi jalan, jumlah investasi, area parkir, hambatan yang ada, visibilitas, pola lalu lintas, tenaga kerja, usia, tenaga kerja, jenis konsumen. Probabilitas yang didapatkan dari hasil penelitian menunjukkan waralaba jenis makanan menjadi hasil terbaik dengan nilai probabilitas sebesar 0.605 dan waralaba dengan label sangat prospek ada pada alfamart dengan nilai probabilitas sebesar 0.368. Pada penelitian dataset waralaba dengan algoritma naïve bayes mendapatkan nilai akurasi sebesar 88.10%, dengan demikian naïve bayes dapat dengan akurat memprediksi waralaba yang paling menguntungkan..10% is obtained, thus Naïve Bayes can accurately predict the most profitable franchises.
Jurnal Penerapan Naïve Bayes Pada Penentuan Lokasi Waralaba