Inventory merupakan suatu sistem yang dibuat untuk mengetahui jumlah barang yang terdapat di gudang. Sedangkan penjualan diartikan sebagai pemindahan produk yang dihasilkan oleh perusahaan baik itu barang ataupun jasa dari produsen ke tangan konsumen. Bangkit Gallery merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kerajinan kayu. Adapun masalah yang terjadi pada sistem yang sedang berjalan saat ini yaitu untuk pengolahan data barang masuk dan keluar masih dicatat secara manual. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem pengelolaan inventory dan penjualan yang dapat mengelola barang masuk dan barang keluar,stock barang, data pembeli, data supplier, pengiriman, transaksi pemesanan. Serta mengetahui fungsionalitas dari prototype yang dibangun apakah memenuhi kebutuhan pengguna. Metode yang digunakan untuk perancangan sistem inventory dan penjualan adalah metode prototype dan metode pengumpulan data. Metode prototype ini pengguna ikut terlibat secara aktif dan berpartisipasi dalam menentukan model sistem dan sistem operasionalnya. Sedangkan untuk metode pengumpulan data dengan obeservasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Untuk Hasil pengujian prototype pada perusahaan Bangkit Gallery dengan costumer test drives mock-up memperoleh hasil prototype sesuai harapan. Hal ini menyebabkan fungsionalitas prototype sesuai analisis kebutuhan. Melalui perancangan prototype ini, pembeli dapat mengetahui informasi penjualan barang yang meliputi transaksi barang dan katalog barang
File 9_Bab 1
File 13_Bab V
file 12
File 16_Surat Keterangan Riset
File 14_Daftar Pustaka
File 15_DRH
File 3_Lembar Persetujuan Publikasi
File 4_Lembar persetujuan dan Pengesahan
File 2_Lembar Pernyataan Keaslian
File 8_Daftar Isi
File 5_Lembar Konsultasi
File 1_Lembar Judul
File 10_Bab II
File 11_Bab III
File 6_Kata Pengantar
Andriani, A., & Purnama, B. E. (2019). Desain Database dengan ERD dan LRS. Yogyakarta: Teknosain
Fridayanthie, E. W., dan Mahdiati T. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan Atk Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). Jurnal Khatulistiwa Informatika IV(2), 126–138. Retrieved from https://ejurnal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/view/1264 (26 Mei 2019)
Harjunawati, S. (2016). Sistem informasi akuntansi penjualan berbasis waterfall model untuk perusahaan dagang. 1(2), 44–53. Indonesian Journal on Computer and Information Technology Vol 1 No 2 November 2016. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit/article/view/1501 (26 Mei 2019)
Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, IV(2), 107–116. Retrieved from https://ejurnal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/viewFill%0Ae/1264/1027 (26 Mei 2019)
Irnawati dan Lesmono, J. E. (2018). Metode Rapid Application Development (RAD) Pada Perancangan Website Inventory PT. Srana Abadi Makmur Bersama (S.A.M.B) Jakarta. 6, 12–18. Jurnal Evolusi Volume 6 Nomor 2 – 2018. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/evolusi/article/download/4414/2650 (26 Mei 2019)
Lesmono dan Romadoni, 2018. (2018). Sistem Informasi Penjualan Merchandise Berbasis Web Pada PT Come Indonusa Dengan Metode WATERFALL. 6(2), 91–97. Jurnal Evolusi Volume 6 No 2 – 2018. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/evolusi/article/download/4469/2697 (20 Mei 2019)
Lesmono, I. D. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Sepatu Berbasis Website Dengan Metode Waterfall. Jurnal Swabumi, 6(1), 1–8. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/swabumi/article/download/3316/2088 (23 April 2019)
Nugraha, Syarif, dan Dharmawan, 2018. (2018). Penerapan Metode Sdlc Waterfall Dalam Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Dekstop. 3(1), 22–28. JUSIM, Vol 3 No.1, Juni 2018. Retrieved from https://docplayer.info/82457402-Penerapan-metode-sdlc-waterfall-dalam-sistem-informasi-inventory-barang-berbasis-desktop.html (26 Mei 2019 )
Pahlevi, Mulyani, dan Khoir. (2018). Sistem Informasi Inventori Barang Menggunakan Metode Object Oriented Di Pt. Livaza Teknologi Indonesia Jakarta. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 5(1), 27–35. Jurnal Prosisko Vol. 5 No. 1 Maret 2018. Retrieved from http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/download/587/612 (13 Mei 2019)
Pradianingtyas, D. (2018). Dasar Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Pohon Cahaya
Prapdita, A. A., Prasetyo, Y. A., dan Ambarsari, N. (2015). Pengembangan Web E-Commerce Bojana Sari Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Eproccedings of Engineering, 2(1), 1042–1056. Retrieved from http://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/2726 (28 April 2019)
Purnomo, D. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2), 54–61. Retrieved from https://media.neliti.com/media/punlications/264541-model-prototyping-pada-pengembangan-sist-1571738b.pdf (27 April 2019)
Suryanto, A. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Pendaftaran Artis Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall (Studi Kasus : Team Management Agensi). IV(2), 117–126. Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol. IV, No. 2 Desember 2016. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/view/1263 ( 26 Mei 2019)
Syukron, A., dan Hasan, N. (2015). Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan Berbasis Web Pada Puskesmas Winong. Jurnal Bianglala Informatika, 3(1), 28–34. (26 April 2019). Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/viewFile/574/465 (2 Mei 2019)