Account Payable merupakan salah satu bagian dari Accounting Department yang bertugas untuk mencatat semua utang-utang dan melakukan pembayaran. Dalam melakukan pembayaran tagihan Account Payable di Pesonna Tugu Hotel Yogyakarta mempunyai beberapa kendala baik dari internal maupun eksternal. Kendala Internal yaitu purchasing dan receiving terlambat menyetorkan dokumen dan proses overbooking yang lama sedangkan kendala eksternal yaitu supplier terlambat melakukan tukar tanda terima. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka untuk mengetahui informasi tentang peran account payable terhadap kelancaran pembayaran tagihan di Pesonna Tugu Hotel Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini untuk menganalisa proses pembayaran tagihan supplier di Pesonna Tugu Hotel Yogyakarta antara lain supplier melakukan tukar tanda terima, membuat payment voucher, pengiriman memo, dan proses overbooking. Proses pembayaran tagihan supplier terhadapat kendala antara lain supplier terlambat melakukan tukar tanda terima, purchasing dan receiving terlambat menyetorkan dokumen dan kurang lengkap, pengiriman memo yang terlambat dan proses overbooking yang terlambat. Account Payable mengatasi kendala dengan cara menghubungi supplier untuk segera melakukan tukar tanda terima, mengingatkan purchasing dan receiving untuk segera menyetorkan dokumen, proses pengiriman memo yang dilakukan pada akhir bulan, serta mengingatkan PT Pesonna Indonesia Jaya untuk segera melakukan overbooking. Peran dan tanggung jawab account payable sangat penting dalam proses pembayaran tagihan supplier, agar accont payable berjalan dengan lancar maka account payable harus menjalin komunikasi yang baik dengan supplier, purchasing, dan receiving.
File 15_DRH
File 8_Daftar Isi
File 9_Bab 1
File 13_Bab 5
File 4_Lembar Persetujuan dan Pengesahan
File 16_Surat Keterangan Riset
File 11_Bab 3
File 2_Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir
File 5_Lembar Konsultasi
File 6_Kata Pengantar
File 1_Lembar Judul
File 14_Daftar Pustaka
File 10_Bab 2
File 12_Bab 4
File 3_Lembar Persetujuan publikasi
Alfianika, Ninit. (2018). Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta : CV. Budi Utama
Bahri, Syaiful. (2016). Pengantar Akuntansi. Yogyakarta : CV. Andi
Gunawan, Hendra. (2015). Aplikasi Pengolahan Data Akuntansi. Yogyakarta : CV.Andi Offset
Hartono dan Namira Ufrida Rahmi. (2018). Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: Deepublish
Irma, Ramadhani. (2017). Akuntansi Dasar Jilid 2. Ponorogo : Uwais Ispirasi Indonesia
Kamil, Muhammad Insan. 2018. Tugas dan Tanggung Jawab Sous Chef dalam Merencanakan Menu Operasional di Abadi Hotel Yogyakarta. Diambil dari https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/15564
Kustini, Henny. (2017). General Hotel Management. Yogyakarta : CV. Budi Utama
Komar, Richard. (2014). Hotel Management. Jakarta : PT. Grasindo
Lestari, Wiji. 2018. Prosedur Pembayaran Hutang Dagang Kepada Pemasok pada PT Shiba Hidrolik Pratama Tanggerang. Diambil dari https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/180408/file_11-Bab-III-Metode-Penelitian.pdf
Pambayun, Arda Elisa, dan Atun Yulianto. 2018. Profesionalisme Account Payable dalam SOP Administrasi Kewajiban The Rich Sahid Jogja Hotel. Jurnal Nusantara, V(1). Agustus 2018. Diambil dari https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/jurnalnusantara/article/view/4
Pradiatiningtyas, Diah. 2015. Analisis Perbedaan Penerapan Marketing Mix dalam Meningkatkan Penjualan (Kajian Terhadap Bisnis Perhotelan Bintang dan Non Bintang di Yogyakarta). Bandung: Jurnal Khasanah Ilmu Vol.VI No.1.
Putri, Emmita Devi Hari. (2016). Pengantar Akomodasi dan Restoran. Yogyakarta: Deepublish
Saputro,Fandi dan Putri, Emmita Devi Hari. 2014. Aktivitas Receptionist Dalam Menangani Tamu Personal Di Ameera Boutique Hotel Yogyakara. Jurnal Khasanah Ilmu, V(2). September, 2014. Diambil dari https://ejurnal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/458
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Afabeta
Setyawan, Heri., dan Ani Wijayanti. 2014. Standar Operasional Reservation Section di Cakra Kusuma Hotel Yogyakarta. Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu Vol. V No.2. Diambil dari https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/505