ABSTRAK
Nika Hanny Anwar (51200007), Strategi Food and Beverage Product dalam Mempertahankan Kualitas Makanan di The Alana Hotel Malioboro
Departement Food and Beverage Product merupakan departemen yang berperan penting dalam menunjang keberhasilan suatu operasional industri, yang mana department ini memiliki peran dan tanggung jawab dalam mengatur, dan mengelola semua makanan yang ada di hotel, serta menjamin mutu dan kualitas makanan. Kualitas makanan sebagaian besar dipengaruhi oleh proses pengolahan dari bahan makanan serta memperhatikan beberapa teknik, strategi, dan penerapan SOP yang sesuai sehingga dapat menghasilkan hidangan yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini sebagai salah satu syarat tugas akhir, serta untuk mengetahui penerapan SOP, mengetahui hambatan dalam mempertahankan kualitas makanan, dan mengetahui strategi dalam mempertahankan kualitas makanan di The Alana Hotel Malioboro. Dalam penulisan tugas akhir ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian penulis, dapat diketahui penerapan SOP di The Alana Hotel Malioboro belum dilaksanakan secara maksimal, serta adanya hambatan dalam mempertahankan kualitas makanan terdiri dari hambatan eksternal yang meliputi kurangnya bahan baku, kurangnya peralatan, dan kurangnya container, sedangkan hambatan internal yaitu tidak menerapkan SOP dengan benar, konsistensi dari masing-masing pekerja, dan adanya miskomunikasi instruksi saat preparation. Strategi yang diterapkan meliputi strategi eksternal yang berdasarkan guest comment, strategi internal terdiri dari sumber daya manusia yang mana adanya pelatihan produk knowledge, dan kedisiplinan SOP, bahan makanan yang fokus pada pemilihan bahan makanan, dan penyimpanan makanan, pengolahan makanan yang meliputi cooking method, dan varian makanan, serta keselamatan dan kesehatan kerja yang terdiri dari dasar dalam hygine dan sanitasi.
Kata Kunci : Strategi, Kualitas Makanan, Hambatan
File 1_Lembar Judul
File 2_Lembar Pernyataan Keaslian
File 4_Lembar Persetujuan Pengesahan
File 5_Lembar Konsultasi Tugas Akhir
File 8_Daftar Isi
File 9_Daftar Gambar
File 6_Kata Pengantar
File 10_Daftar Tabel
File 3_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi
File 17_Daftar Pustaka
File 19_Surat PKL
File 18_Daftar Riwayat Hidup
Atmoko, T. H. (2017). Peningkatan Hygine Sanitasi Sebagai Upaya Menjaga Kualitas Makanan Dan Kepuasan Pelanggan Di Rumah Makan Damar Palembang. Khasanah Ilmu.
Djimantoro, J., & Gunawan, V. C. (2020). Pengaruh e- Wom, Kualitas Makanan dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Kakkk Ayam Geprek. Manajemen dan Kewirausahaan.
Huda, S., & Nurcahyo, J. (2015). Upaya Food And Beverage Product Dalam Meningkatkan Kualitas Makanan Di Hotel Grand Aston Yogyakarta. Khasanah Ilmu.
komang sri pratiwi, p. i. (2019). strategi chef de partie hot kitchen dalam meningkatkan kualitas makanan di discovery kartika plaza hotel.
Komar, R. (2014). Hotel Management. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.
lina, r. (2018). meningkatkan kualitas produk sebagai strategi fundamental dalam bersaing. scientific journal of reflection.
Manossoh, H. (2019). Analisis Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan Dan Pengaruhnya Terhadap Laporan Keuangan Pada Hotel Sapadia Kotamobagu. EMBA.
Mayasari, C. U., & Putri, E. D. (2020). Operasional Tata Boga. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Noviastuti, N., & Astuti, I. W. (2021). Usaha Food And Beverage Product Dalam Meningkatkan Revenue Di Grand Puri Saron Boutique Hotel Yogyakarta. Nusantara.
Pradiatiningtyas, D. (2015). Analisis Perbedaa Penerapan Marketing Mix Dalam Meningkatkan Penjualan ( Kajian Terhadap Bisnis Perhotelan Bintang Dan Non Bintang Di Yogyakarta). Khasanah Ilmu.
Pratiwi, K. S., Rahmawati, P. I., & Undiksha, N. D. (2019). Strategi Chef de Partie Hot Kitchen Dalam Meningkatkan Kualitas Makanan Di Discosvery Kartika Plaza Hotel. JMPP.
Suardana, I. K., & Sari, I. N. (2021). Peran Pastry Dan Bakery Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Deli Hotel Majapahit Surabaya. Tourism and Creativity.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhartanto, A. (2018). Pengaruh Kualitas Lingkungan Fisik, Makanan, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Restoran, Dan Word Of Mouth ( Studi Kasus Pada Hotel ManoharaCenter Of Borobudur Study). Ilmiah.ums.
Widyaningsih, H. (2018). Upaya Peningkatan Profesionalisme Karyawan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Karyawan Abadi Hotel Yogyakarta. Khasanah Ilmu.
Wijaya, A. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Roti Pada Virgin Cake & Bakery. Unika repository.
Wijaya, W. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Yoshinoyo Galaxy Mall Surabaya. Petra Christian University.
Winarjo, H., & Japarianto, E. (2017). Pengaruh Food Quality Dan Atmosphere Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variable Intervening Pada Cafe Intro Di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran.
Wulandari, R. (2022). Daya Tarik Menu Pastry And Bakery Yang Disajikan Pada Saat Breakfast Di Aston Jember Hotel & Converence Center. Universitas Muhammadiyah Jember.
Yulanda, G., & Putri, E. D. (2017). Strategi Guest Relation Officer Dalam Penanganan Tamu Yang Menunggu Pelayanan Di Hotel Santika Premiere Yogyakarta. Khasanah Ilmu.
yulianto , & Novitasari, P. (2016). Peranan Pastry Section Dalam Meningkatkan Pendapatan Di Ros In Hotel Yogyakarta . Khasanah Ilmu.
Yuliastri, Y., & Yulianto, A. (2013). Peran Hygine & Sanitasi Untuk Menjaga Kualitas Makanan Dan Kepuasan Tamu Di Hotel Inna Garuda Yogyakarta. khasanah ilmu.