Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk mengetahui dikenalnya merek perusahaan oleh konsumen dengan teknik persuasif. Lokasi pelaksanaan program pengabdian kepada masyarkat yaitu UMKM Alfajri Printing. Metode pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat secara daring dengan tahapan; 1) persiapan, berupa survey lokasi, 2) pelaksanaan kegiatan workshop, 3) monitoring/ evaluasi menggunakan questionaire. Hasil pelaksanaan program pengabdian masyarakat diikuti oleh 24 peserta karyawan, dengan tingkat pemahaman iklan media digital teknik persuasive sebesar 73 %.
Jurnal
Teknik Persuasif Digital dapat digunakan pada bisnis UMKM lainnya, dapat menggunakan teknik persuasi media digital pada bisnis online. Diharapkan workshop pelatihan serupa dapat lebih luas cakupan atau kebermanfaatannya dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.
REFERENSI
Alexander, Morissan. 2007. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Ramdina Prakarsa.
Breakenridge, Deirdre. 2001. CyberBranding: Brand Building in the Digital Economy. New York: Prentice Hall
Pavlick, John V & McIntosh, Shawn. 2011. Converging Media (Second Edition). New York: Oxford University Press .Inc
Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Pustaka Setia. Bandung.
Syaiful Rohim, Haji. 2016. Teori komunikasi: perspektif, ragam dan aplikasi. Rineka Cipta.
Jakarta