Merancang Aplikasi Perpustakaan Digital pada SDIT Al Mu’min Kelapa Gading

research
  • 13 Jul
  • 2018

Merancang Aplikasi Perpustakaan Digital pada SDIT Al Mu’min Kelapa Gading


Sebagai salah satu fasilitas dalam proses belajar mengajar, perpustakaan sekolah memiliki fungsi utama yaitu menunjang pendidikan, disamping fungsinya yang lain yaitu penyimpanan, pelestarian bahan pustaka dan rekreasi. Layanan yang biasa diberikan perpustakaan sekolah adalah penyediaan bahan bacaan bagi pengunanya yaitu siswa, guru dan karyawan. Untuk itulah koleksi perpustakaan sekolah tidak seharusnya selalu berupa buku paket pelajaran. Informasi penting dan ilmu pengetahuan yang lebih luas dan mendalam justru biasanya bisa didapatkan dari berbagai sumber seperti ensiklopedia, majalah, jurnal dan buku bacaan ilmiah lainnya. Sedangkan sebagai bahan rekreasi, siswa dapat memanfaatkan koleksi fiksi atau buku-buku cerita. Namun untuk pengembangan sering terhambat pada masalah fisik bangunan maupun penyimpanan, untuk mengatasi itu maka SDIT Al Mu’min Kelapa Gading ingin menerapkan atau mengembangkan perpustakaan yang menggunakan metode konvensional menjadi perpustakaan digital. Pada dasarnya perpustakaan digital atau e-library merupakan salah satu bentuk kemajuan di bidang teknologi informasi, perpustakaan digital sama saja dengan perpustakaan biasa, hanya saja memakai prosedur kerja berbasis komputer dan sumber daya digital. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Mysql sebagai databasenya. Dengan sistem yang terkomputerisasi lebih baik dari sistem yang manual agar berjalan lebih efektif dan efisien serta sistem perpustakaan yang sekarang lebih kondusif dibandingkan dengan sistem yang terdahulu.


Unduhan

 

REFERENSI

Asropudin, Pipin. 2013. Kamus Teknologi Informasi Komunikasi. Bandung: CV.Titian Ilmu

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembanganya. Yoyakarta: Andi Publisher.

F.K Sibero, Alexander. 2013. Web Programming Power Pack. Yogyakarta: MediaKom

Hasugian, H., & Shidiq, A. N. 2012. Rancang Bangun Sistem Informasi Industri Kreatif Bidang Penyewaan Sarana Olahraga. Semarang. Diambil dari: www.karyatulisilmiah.com/lrs-logical-record-structure. (23 Agustus 2017)

Hidayatullah, Priyanto dan Jauhari Khairul Kawistara. 2017. Pemrograman WEB Edisi Revisi. Bandung: INFORMATIKA.

Hariyanto, Agus. 2015. Membuat Web Profil Sekolah + PPDB Online. Yogyakarta: Lokomedia.

Hendratman, Hendi. 2016. The Magic of Adobe Photoshop. Bandung: INFORMATIKA.

Jubilee Enterprise. 2014. MySQL untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Janner, Simarmata. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak.Yogyakarta:Penerbit Andi

Jubilee Enterprise. 2016. Pemrograman Bootstrap untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Lasa. 2007. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus. Diambil dari: http://www.kajianpustaka.com/2012/11/perpustakaan.html. (23 Agustus 2017)

MADCOMS Madiun. 2016. Pemrograman PHP dan MySQL untuk Pemula. Yogyakarta: ANDI.

Pressman, R.S. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi

Rachmanto, Ricky. 2017. 9 Langkah Praktis Membuat Website Gratis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sarwono, Jonathan dan K Prihartono, A.H. 2012. Perdagangan Online: Cara Bisnis di Internet. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sofia, Hanni & Budhi Prianto.2010. Panduan Mahir Akses Internet. Jakarta: Kriya Pustaka

Supriyanto, W., Ahmad Muhsin. (2012). Teknologi Informasi Perpustakaan: strategi perancangan perpustakaan digital. Yogyakarta: Kanisius.

Sutanta, Edhy. 2011. Basis Data Dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: Andi Offset. Diambil dari: http://www.dosenonline.com/2017/01/pengertian-erd-entity-relationship-diagram-menurut-para-ahli.html. (23 Agustus 2017)

Pressman, R.S. (2010), Software Engineering: a practitioner’s approach, McGraw-Hill, New York, 68.