Pengaruh Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing Pada PT. Unilever Indonesia Tbk

research
  • 28 Jun
  • 2023

Pengaruh Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing Pada PT. Unilever Indonesia Tbk

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Mekanisme Bonus terhadap Transfer Pricing. Penelitian ini dilakukan dalam lingkup perusahaan manufaktur sektor Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-2020. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan analisis data yang digunakan melalui tiga uji yakni, uji koefisien kolerasi, uji koefisien determinasi, uji persamaan regresi linear sederhana menggunakan IBM SPSS Versi 16 dengan variabel X Mekanisme Bonus dan variabel Y Transfer Pricing. Hasil dari penelitian ini yang pertama menunjukkan bahwa Mekanisme Bonus memiliki hubungan yang sangat kuat dan searah terhadap Transfer Pricing PT. Unilever Indonesia Tbk sebesar 0,742. Hasil dari penelitian ini yang kedua menunjukkan bahwa Mekanisme Bonus memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Transfer Pricing pada PT. Unilever Indonesia Tbk sebesar 0,551. Dan hasil dari penelitian terakhir menunjukkan bahwa persamaan regresi linear sederhana yang terbentuk antara Mekanisme Bonus terhadap Transfer Pricing pada PT. Unilever Indonesia Tbk adalah signifikan dan menghasilkan output yaitu Y = 7,761 + 1,513X.

 

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

Budiantara, N., & Zulfikar. (2014). MANAJEMEN RISET DENGAN PENDEKATAN KOMPUTASI STATISTIKA (Edisi 1). Deepublish.

Cahyadi, A. S., & Noviari, N. (2018). Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Profitabilitas, dan Leverage Pada Keputusan Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi, 24(2), 1441–1473. https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v24.i02.p23

Ghozali, I. (2016). Desain Penelitian Kuantitatif & Kualitatif: untuk Akuntansi, Bisnis, dan ilmu Sosial Lainnya. Yoga Pratama.

Herawaty, V., & Anne. (2019). PENGARUH TARIF PAJAK PENGHASILAN, MEKANISME BONUS, DAN TUNNELING INCENTIVES TERHADAP PERGESERAN LABA DALAM MELAKUKAN TRANSFER PRICING DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Akuntansi Trisakti, 4(2), 141–156. https://doi.org/10.1134/s0514749219040037

Pohan, C. A. (2018). Pedoman Lengkap Pajak Internasional. PT Gramedia Pustaka Utama.

Refgia, T., Ratnawati, V., & Rusli, R. (2017). PENGARUH PAJAK, MEKANISME BONUS, UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN ASING, DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP TRANSFER PRICING (Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Listing Di BEI Tahun 2011-2014). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 543–555.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS Versi 17. Kencana Prenada Media Grup.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.