Tata surya merupakan salah satu sub bab mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam. Salah satu pokok bahasannya yaitu gerhana. Gerhana
terjadi apabila sebuah benda angkasa bergerak kedalam bayangan sebuah benda
angkasa lain. Pembelajaran gerhana dalam tata surya saat ini, tenaga pengajar
masih mengandalkan metode ceramah dan kurangnya pemanfaatan media pendukung
selain buku. Metode pembelajaran seperti ini kurang menarik dan cepat membosankan untuk siswa. Sehingga dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat menarik minat
siswa untuk belajar. Penggunaan animasi interaktif sebagai media pembelajaran sudah cukup
populer saat ini. Hal ini disebabkan karena dalam penyampaian materi lebih
menarik dan lebih interaktif serta memiliki kreatifitas yang tinggi dalam
penyampaian materi sehingga menjadikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat
pemahaman dan daya ingat siswa. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan teknologi dan
informasi saat ini penulis membuat animasi interaktif yang menyajikan
pembelajaran gerhana dengan ilustrasi gerhana beserta penjelasannya menggunakan
animasi gerak serta dilengkapi evaluasi belajar sehingga diharapkan dalam
proses penyampaian materi pembelajaran gerhana dapat diserap secara maksimal
oleh siswa Sekolah Dasar kelas VI.
TA_File_12 Bab IV Penutup.pdf
TA_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
TA_File_16 Lampiran-lampiran.pdf
TA_File_6 Kata Pengantar.pdf
TA_File_7 Abstrak.pdf
TA_File_8 Daftar Isi.pdf
TA_File_9 Bab I Pendahuluan.pdf
TA_File_1 Lembar Judul.pdf
TA_File_11 Bab III Pembahasan.pdf
TA_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
TA_File_10 Bab II Landasan Teori.pdf
TA_File_4 Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
TA_File_13 Daftar Pustaka.pdf
TA_File_5 Konsultasi Tugas Akhir.pdf
TA_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
Ariyus,
Doni. 2009. Keamanan Multimedia. Yogyakarta: Andi Offset
Binanto,
Iwan. 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: CV.
Andi Offset
Darmawan,
Deni. 2015. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset
Fatoni,
Ahmad & Penti Dewi Kuraesin. 2015. Rancang Bangun Multimedia Pembelajaran
Interaktif Mata Pelajaran IPA Terpadu Untuk Siswa SMPN 5 Kota Serang. ISSN
2406-7768 Jurnal Sistem Informasi. Vol. 2, 2015. Diambil dari : http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/jsii/article/download/68/64. (23 April
2017)
Hidayatullah,
Priyanto, M. Amarullah Akbar & Zaky Rahim. 2011. Animasi Pendidikan
Menggunakan Flash. Bandung:
Informatika Bandung
Lestari,
Sri, W.H Omegawati, Rohana Kusumawati & Rinawan Abadi. 2007. IPA Terpadu
Menjelajah Alam Semesta Kelas IX Untuk SMP dan MTs. Klaten: PT. Intan Pariwara
Maryani,
Dwi. 2014. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. Speed Journal - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. ISSN 1979-9330
(Print)–2088-0154 (Online). Vol. 11. No. 4. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=269037&val=7112&title=Pembuatan%20Media%20Pembelajaran%20Interaktif%20%20Bangun%20Ruang%20Matematika. (29 April
2017)
Munir.
2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Prihantari,
Yovita Anum. 2013. Media Pembelajaran Adobe
Photoshop CS3 Pada Sekolah Menengah Atas Kanisius Atas Kanisius Bharata
Karanganyar. Seminar Riset Unggulan
Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013. ISSN 2302-1136. Vol. 2.
No. 1. Diambil dari : http://ijns.org/journal/index.php/seruni/article/view/579/569. (5 Mei 2017)
Rizky,
Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak (Software reengineering). Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya
Sukamto,
Rosa Ariani & M Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung:
Informatika
Soenyoto,
Partono. 2017. Animasi 2D. Jakarta:
PT. Elex Media Komputindo
Subur.
2015. Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah. Yogyakarta: Kalimedia
Sukarno
& Sulistyowati. 2009. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kelas 6. ISSN 978-979-068-577-2
(no.jilid lengkap). ISBN 978-979-068-596-3. Hal 111
Wibowo,
Eko Hadi. 2015. Flashbook : Tips dan
Trik + 21 Project Flash. Yogyakarta.
C.V ANDI OFFSET
Yudhiantoro,
Dhani. 2007. Mengolah Foto Dari Kamera Handphone
Dengan Photoshop CS2. Yogyakarta:
C.V ANDI OFFSET
Zamroni, M. Rosidi, Nizar Suryaman & Ahmad Jalaluddin. 2013. Rancangan
Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan HTML 5. ISSN 2085-0859 Jurnal
Teknika. Vol. 5. No.2, September 2013. Diambil dari : http://journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/REV%20ROSIDI.pdf. (5 Mei 2017)