RELASI KEKUASAN TIM MANAJERIAL DAN REDAKSI DALAM PROSES KOMODIFIKASI DAN STRUKTURASI PROGRAM BERITA TELEVISI (STUDI KASUS: PROGRAM BERITA LIPUTAN 6 PAGI SCTV)

research
  • 06 Apr
  • 2023

RELASI KEKUASAN TIM MANAJERIAL DAN REDAKSI DALAM PROSES KOMODIFIKASI DAN STRUKTURASI PROGRAM BERITA TELEVISI (STUDI KASUS: PROGRAM BERITA LIPUTAN 6 PAGI SCTV)

Salah satu cara merebut simpati pemirsa adalah menampilkan program-program acara televisi yang menarik dan memperoleh rating tinggi. Stasiun televisi sangat bergantung terhadap rating dan share yang dikeluarkan Nielsen, karena mengingat keberlangsungan program acara dan bahkan stasiun televisi sendiri bergantung dari sumber dana dari pemasang iklan.
Hal ini menyiratkan adanya praktek ekonomi politik media yang terjadi saat memproduksi suatu tayangan berita, belum lagi disinyalir adanya pesanan-pesanan khusus dari pemilik media untuk menentukan isi berita yang akan ditayangkan. Padahal sejatinya televisi sebagai media massa harus mampu melakukan praktek sosial dan peran sosialnya kepada masyarakat sebagai media massa yang objektif dan tepercaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana relasi kekuasaan yang terjadi dalam proses kerja antar agen (pekerja media) dalam melakukan praktek-praktek sosial (memproduksi berita) yang dikaitkan dengan praktek ekonomi politik media dalam hal ini komodifikasi dan strukturasi.
Subjek dan objek penelitian ini adalah tim manajerial, redaksi dan pekerja media di program berita Liputan 6 Pagi SCTV. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian menggunakan studi kasus (Case Studies). Metode pengumpulan data yang direncanakan penulis untuk membedah penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Metode analisis data yang akan digunakan analisis induksi dan teknik analisis data Milles & Huberman berupa interaktive model, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Analisis masalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori Relasi Kekuasaan Faucoult dan teori Ekonomi Politik Media oleh Vincent Mosco. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat unsur kombinasi relasi kekuasaan Faucoult antara relasi kekuasaan dominasi dan relasi kekuasaan governmentality, telah terjadi komodifikasi isi berita pada berita-berita yang diproduksi dan disiarkan oleh Liputan 6 Pagi SCTV, Komodifikasi khalayak terjadi dalam mengemas berita dengan memperhatikan minat khalayak, Komodifikasi pekerja terjadi di Divisi Pemberitaan Liputan 6 Pagi SCTV, dilihat dari perolehan pendapatan pekerja media di Liputan 6 Pagi SCTV namun pekerja media mendapatkan kenyamanan dan kepuasan selama bekerja di SCTV, yang mungkin tanpa disadari kemampuan dan tenaganya telah dimanfaatkan secara maksimal oleh SCTV, Strukturasi terjadi dimana relasi sosial antara agen (pekerja media) terjadi setiap saat dan bersinergi positif melakukan praktek sosial yang dalam hal ini memproduksi berita-berita pilihan mulai dari proses pemilihan headline berita, pengumpulan berita, editing berita hingga penayangan berita disajikan secara baik dengan metode live tapping, semua hal yang dilakukan untuk memenuhi peran sosial Liputan 6 sebagai sebuah agen sosial yang berada dalam suatu struktur sistem komunikasi massa yang hanya menyajikan berita-berita yang uptodate, tajam dan terpercaya.

Unduhan

  • Tesis Dina.pdf

    Tesis DAA

    •   diunduh 194x | Ukuran 14,826 KB

 

REFERENSI

Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, Siti Karlinah, (2007). Komunikasi Massa, Suatu Pengantar. Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Badjuri, Adi, (2010), Jurnalistik Televisi, Yogyakarta, Graha Ilmu.
Boyd, Barret. (1999). The Analysis of Media Occupations and Profesionals. in Boyd Barret, Oliver, and Chris Newbold, Eds. Approaches to Media: A Reader. New York.
Bungin, Burhan. (2009). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Curran, James. Michael, Gurevitch. 1991. Mass Media and Society. London: Edward Arnold.
Djunaidi, Ghony & Fauzan Almanshur. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Eriyanto. (2005) Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKis Printing.
. (2009). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKis Printing.
Fachruddin, Andi. (2012). Dasar-dasar Produksi Televisi: Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter, dan Teknik Editing. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Garna, Judistirra K. (1999). Metode Pendekatan Kualitatif. Bandung: Primco Akademika.
Garnham, N. (1986). Contribution to a Political Economy of Mass Communication. Media, Culture and Society. London: Vintage.
Golding, Peter & Graham Murdock. (2000). Culture, Communications and Political Economy’, in James Curran and Michael Gurevitch (eds), Mass Media and Society. London: Edward Arnold.
Guba, Egon G & Yvonna S. Lincoln. 1994. Competing Paradigms in Qualitative Research. Thousand Oaks, CA: Sage.

Idrus, Muhammad. (2007). Metode Penelitian Ilmu-ilmu Sosial (Pendekatan Kualitatif dan Kuantatif. Yogyakarta: UII Press Yogyakarta.
Kriyantono, Rachmat. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Lewis, Jeff. (2008). Cultural Studies: The Basics. London: Sage.
McQuail, Denis (1996). Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Moleong, J. Lexy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Morissan, (2008), Jurnalistik Televisi Mutakhir, Jakarta: Kencana.
Mosco, Vincent. (2009). The Policial Economy of Communication. London: Sage Publication.
Mulyana, Deddy. 2001. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Neuman, W. L. (1997). Social Research Methods: Qualitative and Quantative Approaches. 3rd edition. Boston: Pearson Education Inc.
Rema Karyanti S, (2005) Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Rusadi, Udi. (2015). Kajian Media Isu Ideologis dalam Perspektif, Teori dan Metode. Jakarta: Rajawali Press.
Sekaran, Uma. (2006). Metode Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4, Buku 1, Jakarta: Salemba Empat.
Shoemaker, J. Pamela, Stephen D. Reese. (1996). Mediating the Message: Theories of Influences on Mass Media Content. 2nd Edition. New York: Longman, 10 Bank Street, White Plains.
Sudarman, Paryati. (2008). Menulis di Media Massa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono, (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sule, Erni Tisnawati. Kurniawan Saefullah. 2010. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.

Wimmer, Roger D & Joseph R. Dominick. (2000). Mass Media Research: An Introduction, 9th Edition. Boston: Cengage Learning.
Yin, Robert K. (2012). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zaenuddin HM. (2011). The Journalist: Bacaan Wajib Wartawan, Redaktur, Editor dan Mahasiswa Jurnalistik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.