KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF DI SEKOLAH SDIT ISLAMICITY TANGERANG

research
  • 28 Feb
  • 2022

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF DI SEKOLAH SDIT ISLAMICITY TANGERANG

Tesis ini membahas tentang Kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada SDIT Islamicity Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (2) untuk mengetahui strategi dalam memimpin yang dilakukan oleh pimpinan sekolah dalam mengembangkan pendidikan budaya karakter di Sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (3) Untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah menilai dan mengendalikan prilaku warga sekolah, (4) Untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter di Sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (5) Untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat manajemen kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologis normatif, pedagogis, dan psikologi. Lokasi penelitian ini adalah di SD IT Islamicity Tangerang pada kelas VI. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah ada dua sumber data, data primer yaitu wakil kepala sekolah, guru, dan peserta didik sedangkan data sekunder adalah dokumen RPP yang terkait dengan objek yang diteliti. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan triangulasi untuk memastikan validitas data terhadap fokus yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter yang terintegrasi pada kegiatan proses pembelajaran adalah Jujur, disiplin, Tertib, peduli, dan tanggung jawab. Sedangkan dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler dilakukan melalui kegiatan Futsal, Taekwondo, Seni Tari, Pramuka, dengan cara memberikan motivasi, pemahaman, nasihat, sangsi, keteladanan dan hadiah kepada peserta didik. Sebagai implikasinya, SDIT Islamicity Tangerang lebih meningkatkan lagi implementasi nilainilai pendidikan karakter baik pada proses pembelajaran atau kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler agar dapat menciptakan generasi yang berkarakter yang berintegritas moral yang tinggi. 

Unduhan

 

REFERENSI

Aqib, Zainal dan Sujak. 2011.Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya. Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Fahmi, Irham. 2012.Manajemen Kepemimpinan Teori dan Aplikasi. Bandung : Alfa beta. Gunawan, Heri. 2012.Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfa Beta. Handoko, T. Hani. 1997.Manajemen.Yogyakarta : BPFE. Kementrian Pendidikan Nasional. 2010.PengembanganPendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jakarta: KPN. ___________. 2010.Buku Pedoman Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama (Jakarta: Direktorat Jendral Mandikdasmen, 2010). Mulyasa, E. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karyat. __________2004. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung : Remaja Rosda Karya. __________. 2011.Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara. __________. 2012.Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. Rusman. 2009. Manajemen Pengembangan Kurikulum Jakarta: Rajawali Pres. Sudarwan. 2012 Kepemimpinan Pendidikan Bandung Alfabeta Safaria, Triantoro. 2004.Kepemimpinan.Yogyakarta : Graha Ilmu. Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011.Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosda Karya. Sulhan, Najib. 2011. Panduan Praktis Pengembangan Karakter dan Budaya Bangsa Sinergi Sekolah dengan Rumah. Surabaya : Jaring Pena. Sumidjo, Wahyu. 1999. Kepemimpinan Kepala Sekolah (TinjauanTeoritik dan Permasalahannya). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Zubaedi. 2011.Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.