STRATEGI KAMPANYE PERSATUAN RADIO SIARAN SWASTA NASIONAL INDONESIA (PRSSNI) DALAM MEMPERKUAT POSITIONING RADIO (Studi Kasus Pada Kampanye PRSSNI bertajuk “Siaran Terakhir”)

research
  • 16 Jun
  • 2021

STRATEGI KAMPANYE PERSATUAN RADIO SIARAN SWASTA NASIONAL INDONESIA (PRSSNI) DALAM MEMPERKUAT POSITIONING RADIO (Studi Kasus Pada Kampanye PRSSNI bertajuk “Siaran Terakhir”)

Dalam era digital saat ini, perhatian masyarakat sudah beralih ke media digital. Era digital membuat hampir semua industri terdisrupsi. Tanpa terkecuali industri media massa, baik cetak, radio maupun televisi. Banyak pengiklan atau brand melirik kanal digital untuk berkampanye dan meninggalkan kanal konvensional seperti radio dan media cetak sebagai media. Berdasarkan kondisi tersebut maka, radio perlu melakukan strategi positioningnya. Pentingnya strategi positioning membawa radio untuk memiliki tempat di para pendengarnya. Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) yang mewadahi seluruh radio swasta di Indonesia, khususnya DKI Jakarta, mengelar kampanye Public Relations bertajuk “Siaran Terakhir” pada rangkaian kegiatan Radio Day dengan hastag #radioguemati. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus, menggunakan berbagai macam sumber data yang dapat digunakan untuk menjelaskan secara komprehensif, meneliti dan menguraikan berbagai aspek organisasi, kelompok, individu, program, atau peristiwa secara sistematis. Kesimpulan menunjukkan bahwa strategi kampanye Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) melalui kampanye dengan hastag #radioguemati terbukti dapat  memperkuat positioning radio, sehingga radio masih memiliki tempat yang luas dihati pendengarnya.

Unduhan

  • Jurnal Komunikasi_September Gasal 1920_Denny Erica.pdf

    STRATEGI KAMPANYE PERSATUAN RADIO SIARAN SWASTA NASIONAL INDONESIA (PRSSNI) DALAM MEMPERKUAT POSITIONING RADIO (Studi Kasus Pada Kampanye PRSSNI bertajuk “Siaran Terakhir”)

    •   diunduh 228x | Ukuran 524 KB

 

REFERENSI

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Geofakta Razali. (2017). Strategi Positioning Radio Mandiri 98,3 FM Sebagai Radio News And Business Pekanbaru. Komunikasi, VIII(3), 267–274.

Hardyanti, W. (2017). Diskrepansi Kepuasan Pembaca Media Online Islam : Studi Komparatif Kesenjangan Kepuasan Membaca Situs eramuslim.com di Kalangan Dosen dan Mahasiswa di Malang. Jurnal Sospol, 180.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Riset Komunikasi. Jakarta: PT Grafindo Persada. Littlejohn, Stephen W, K. A. F. (2008). Human Communication 9th Edition. USA: Thomson Wadsworth.

Komentar Warganet di Twitter. (2019). www. liputan6.com. Retrieved from www. liputan6.com

Logo Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia. (2019). Retrieved from http:// www.radioprssni.com

Morissan, A. (2009). Manajemen Media Penyiaran; Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ngafenan, M. (1992). Kamus Jurnalistik A-Z. Semarang: Dahara Prize.

Pawito. (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara.

Romli, A. S. M. (2004). Broadcast Journalism: Panduan menjadi Penyiar, Reporter, dan Script Writer. Bandung: Nuansa.

Ruslan, R. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Trending topic #RadioGueMati. (2019). www. tabloidbintang.com. Retrieved from https://www.tabloidbintang.com

Venus, A. (2004). Manajemen Kampanye, Panduan Teoritis dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

www.radioprssni.com. (2019). radioprssni. Retrieved from http://www.radioprssni.com

Yusuf, F. (2016). Analisis Proses Produksi Program Berita Metro Mulawarman Samarinda. Journal Ilmu Komunikasi, 4(3), 98–111.