Penelitian ini memfokuskan pada diseminasi progam budaya pop televisi, khalayak media, serta celebrity branding Korea Selatan pada iklan e-commerce. Implikasi dengan globalisasi menjadikan proses transformasi, khususnya budaya pop, semakin lekas dan masif di berbagai negara. Tranformasi yang dilakukan bisa di berbagai aspek. Salah satunya adalah penyebaran pesan (diseminasi) pada aspek budaya melalui multi akses atau berbagai saluran pada media televisi (TV Broadcast, TV Kabel/Televisi Pascabayar, TV Internet) yang diproduksi dan dipasok dari korporasi industri hiburan Korea Selatan. Diseminasi budaya pop program televisi melalui format atau konten program drama seri (soap opera) dan pertunjukan musik (K-Pop) Korea Selatan, realitanya telah mempengaruhi perilaku khalayak atau pemirsa remaja, termasuk para ibu rumah tangga. Sejak awal tahun 2000, program drama serial dan musik K-Pop menjadi salah satu program hiburan paling diminati, setelah meredupnya telenovela atau drama seri dari Meksiko, Jepang, Hong Kong, serta India pada dekade 1980-an hingga tahun 2000-an. Program drama Korea dan pertunjukan musik K-Pop yang masih dan terus digemari, telah memicu kegandrungan baru untuk mengidolakan para selebritis Korea Selatan bagi pemirsa. Kuantitas khalayak berhasil dihimpun akibat diseminasi budaya pop (hallyu wave) secara multi akses program televisi - berbagai saluran televsisi yang menyediakan konten program drama serial Korea dan K-Pop - sehingga menimbulkan minat produsen mengiklankan produknya, dan memanfaatkan persona para selebritis (celebrity branding) Korea Selatan demi meningkatkan citra merek (brand image), terutama produk melalui e-commerce.
DISEMINASI BUDAYA POP TELEVISI DAN CELEBRITY BRANDING PADA IKLAN E- COMMERCE
PEER REVIEW Diseminasi Budaya Pop Televisi Dan Celebrity Branding Pada Iklan E- Commerce
Changara, Hafied, Pengantar IlmuKomunikasi (2004), Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Chung, S.S. Young, DC, Seung, The Korean Wave in Southeast Asia: An Analysis of Cultural
Proximity and the Globalization of The Korean Cultural Product (2005), HK.
Danesi,Marcel, Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori
Komunikasi (2010), Jalasutra, Yogyakarta
Day,Mila, Buku Pintar Televisi (2004), Trilogos Library,Jakarta
Herdiansyah, Haris, MetodologiPenelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial (2010), Salemba,
Jakarta
Hyejung, Ju, 2010. Globalization of The Korean Popular in East Asia: Theorizing of The Korean
Wave (2010, Dissertation Publishing (UMI)
Kasim, Hendy, Kiat Memulai dan Mengelola E-commerce Sendiri: Panduan Praktis Menjadi
Wiraswasta di Dunia Maya (2001), PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Kriyantono, Rachmat, Teknik Praktis Riset Komunikasi (2006), Prenada Media Kencana, Jakarta.
Marijan, Katjung, Sistem Politik Indonesia: Konsolidasi Demokrasi Pasca Orde Baru (2010),
Kencana, Jakarta
McKee, A, 2003. Textual Analysis: A Beginner’s Guide (2003), Sage Publication, London.
McQuail, Denis & Sven Windahl, Communication Models for the Study of Mass Communications
(1993), Longman, England.
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif (2010), Rosda Karya, Bandung
Piliang, Yasraf Amir, Posrealitas: Realitas Kebudayaan dalam Era Posmetafisika (2004), Jalasutra,
Y ogyakarta
Royan, Frans M., Marketing Selebrities: Selebriti dalam Iklan dan Strategi Selebriti Memasarkan
Diri Sendiri (2005), PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Rusadi,Udi, Kajian Media: Isu Ideologis dalamPerspektif, Teori dan Metode (2015), Raja Grafindo
Persada, Jakarta.
Sardar, Ziauddin dan Borin van Loon, Cultural Studies (2005), Scientific Press, Jakarta
Storey, John, Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop (2004), Jalasutra,Yogyakarta.
Sunarto, Televisi, Kekerasan,dan Perempuan(2009), Penerbit Buku Kompas, Jakarta
Sylado, Remy,Menuju Apresiasi Musik (1983), Angkasa, Bandung
Toer, Pramoedya Ananta, Hoakiau di Indonesia(1999), Garba Budaya, Jakarta Widyatama, Rendra, Pengantar Periklanan (2005), Buana Pustaka Indonesia, Jakarta.
Jurnal
Setiowati, Endang, Jurnal Penelian Ilmu Komunikasi Thesis Vol VII/No.3 September – Desember 2008, Imperialisme Bidaya dan Pembentukan Identitas
Majalah
Brandna (Edisi Celebrity Branding), Vol 2 No 2 Agustus – September 2007.