Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika yang terintegrasi dengan pengembangan akhlak mulia pada siswa kelas V SD/MI. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and evelopment) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Define-Design-Develop-Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiangarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi. Berdasarkan hasil uji coba I diperoleh informasi bahwa pembelajaran belum memenuhi kriteria efektif. Sedangkan hasil uji coba II menunjukkan bahwa pembelajaran telah berjalan secara efektif. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa perangkat yang dikembangkan sesuai untuk diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah (MI).
artikel Paedagogia Maret 2012
peer review artikel ahz 1
artikel 2012 AHZ(cov,daft, red)
Abdusysyakir. (2007). Ketika Kyai mengajar matematika. Malang: UN Malang Press Asri
Budiningsih. (2004). Pembelajaran moral berpijak pada karakteristik siswa dan budayanya.
Jakarta: Rineka Cipta.
Bell, F. H. (1981). Teaching and learning mathematics (In secondary school). Second Printing,
Iowa: Wm. C. Brown Company Publiser. Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ignacio, G. N., Blanco N.L.J., & Barona, E. G. (2006). The affective domain in mathematics
learning. International
Electronic Journal of Mathematics Educational Vol I.
Nurul Zuriah. (2007). Pendidikan moral dan budi pekerti dalam perspektif perubahan, Jakarta:
Bumi Aksara. Rohmat Mulyana. (2004). Mengaktualisasikan pendidikan
nilai.
Bandung: Alfabeta. Santrock, J.W. (1995). Life-span development:
Perkembangan masa hidup. Edisi Kelima. Alih bahasa Juda Damanik, Achmad