PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN KOSAKATA DALAM DUA BAHASA (ARAB-INGGRIS) PADA RA KUWAIT PUSDIKLAT DEWAN DA’WAH BEKASI

research
  • 01 Jul
  • 2020

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN KOSAKATA DALAM DUA BAHASA (ARAB-INGGRIS) PADA RA KUWAIT PUSDIKLAT DEWAN DA’WAH BEKASI

Ika Setyorini (12122135), Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Kosakata Dalam Dua Bahasa (Arab-Inggris) Pada RA Kuwait Pusdiklat Dewan Da’wah Bekasi

 

Di zaman yang moderen ini, telah banyak berkembang Sistem Pembelajaran salah satunya adalah Media Pembelajaran Interaktif. Baik Guru maupun murid bisa saling berinteraktif dalam menggunakan media pembelajaran. Semua Mata Pelajaran bisa dijadikan sebuah Media Pembelajaran yang baik seperti Matematika, Sains, Bahasa dan lain-lain. Untuk itulah penulis mencoba membuat Tugas Akhir Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Kosakata Dalam Dua Bahasa (Arab-Inggris) Pada RA Kuwait Pusdiklat Dewan Da’wah Bekasi yang sampai saat ini belum menggunakan media animasi interaktif. Pada saat ini RA Kuwait Pusdiklat Dewan Da’wah Bekasi masih menggunakan buku panduan mengajar dalam proses kegiatan belajar mengajar, sehingga terlihat kurang menarik dan membosankan bagi anak-anak. Perancangan animasi interaktif ini merupakan solusi yang baik untuk memecahkan masalah yang ada dalam proses kegiatan belajar mengajar, karena di dalam perancangan animasi interaktif ini membahas beberapa tema yang ada pada buku panduan pembelajaran, mengajarakan bagaimana cara melafalkan kosakata dalam bahasa arab dan inggris sehinga anak-anak mampu mengucapkan kosakata yang baik dan benar dengan disuguhi animasi yang lucu sehingga anak-anak bisa belajar dengan cara yang menyenangkan dan dalam aplikasi ini terdapat juga permainan edukatif yang akan membuat mereka lebih tertarik untuk mengetahui dan mengenal lebih banyak kosakata dalam dua bahasa.

 


Unduhan

  • JUPRI TA.pdf

    JUPRI TA

    •   diunduh 154x | Ukuran 1,656 KB
  • LUTHFIAH TA.pdf

    LUTHFIAH TA

    •   diunduh 190x | Ukuran 3,188 KB
  • SEPTHIAN TA.pdf

    SEPTHIAN TA

    •   diunduh 169x | Ukuran 1,704 KB

 

  • HERNITA TA.pdf

    HERNITA TA

    •   diunduh 167x | Ukuran 2,047,841
  • IKA TA.pdf

    IKA TA

    •   diunduh 154x | Ukuran 1,234,155
  • EKA TA.pdf

    EKA TA

    •   diunduh 160x | Ukuran 1,152,059

REFERENSI

Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya Yogyakarta: Penerbit Andi

Bunadi, Suriman., dan Zeembry. 2007. Membuat Animasi Kartu Ucapan dengan Flash 8. Jakarta: PT. Elex Media Komputido.

Depdikbud. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Divisi Pendidikan dan Pembinaan. 2011. Materi Agama. Jakarta: Pusdiklat Dewan Da’wah.

 

Firdaus, Septiana, Dhami Johar Damiri, dan Dewi Tresnawati. 2012. Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif Company Profile Generic. ISSN : 2302-7339 Vol. 01 No. 09 2012 Diambil dari: http://www.jurnal.sttgarut.ac.id/algoritma/article/index.php. (20 Januari 2015) 

 

Kusrianto, Adi. 2006. Panduan Lengkap Memakai Macromedia Flash Professional 8. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

 

Riwayadi., dan Anisyah. 2007. Kamus Inggris-Indonesia, Surabaya: Sinar Terang.

 

Saeba. 2008. Modeling dan Animasi dengan 3D Studio MAX. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

 

Sugihartono, A, Basnendar H dan Asmoro N.P. 2010. Animasi Kartun Analog sampai dengan Digital. Jakarta: Indeks.

 

Sukamto, Rosa A. dan M. Salahudin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: INFORMATIKA.