Pembuatan Aplikasi Kuis Try Out SMA Berbasis Android Menggunakan Construct 2

research
  • 23 Mar
  • 2018

Pembuatan Aplikasi Kuis Try Out SMA Berbasis Android Menggunakan Construct 2

Mieke Tri Handari (12146850), “Pembuatan Aplikasi Kuis “TRY OUT SMA” Berbasis Android”.

Teknologi komputer telah diterapkan diberbagai macam bidang meliputi pendidikan, kesehatan, perkantoran, bisnis, militer, dan begitu juga dalam dunia hiburan. Melihat keadaan tersebut, salah satu perangkat mobile yang kemajuannya sangat pesat ialah smartphone yang dimana merupakan salah satu bentuk dari perkembangan teknologi yang tidak hanya berguna sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai sarana hiburan dan media pembelajaran. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi di bidang media pembelajaran akan menjadikan sebuah media pembelajaran pada saat ini bisa lebih maju dan berkembang sehingga para masyarakat bias lebih kreatif dalam memanfatkan kemajuan teknologi yang ada. Namun bila hanya dengan memberikan informasi saja, hal tersebut tidaklah menjadi menarik maka perlu adanya inovasi seperti membuat aplikasi tersebut layaknya sebuah permainan karena saat ini penggunaan smartphone berbasis Android sangatlah diminati bukan hanya sebagai alat komunikasi semata namun tentunya juga dengan berbagai macam entertainment yang ada seperti contohnya permainan atau games. Dari penjelasan di atas, penulis berinisiatif untuk mengembangkan sebuah game yang tidak hanya asik untuk dimainkan tetapi juga dapat menambah ilmu pengetahuan tentang pelajaran yang ada didalam game. Game yang berjudul “TRY OUT SMA” selain sebagai sarana hiburan sekaligus bertujuan untuk menarik minat belajar.

Unduhan

 

REFERENSI

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Harsono, Ma’ruf. 2014. Pengaruh Bermain Game terhadap Perkembangan Remaja. Diambil dari:

http://125.160.17.21/speedyorari/view.php?file=ebook/ebook-SU2013/SuryaUniv-Pengaruh-Bermain-Game-terhadap-Perkembangan-Remaja.pdf (16 Mei 2017).

Jasson. 2009. Role Playing Game (RPG) Maker – Software Penampung Kreativitas, Inovasi, dan Imajinas Bagi Game Designer. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Munir. 2013. Multimedia - Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: C.V Alfabeta

Novaliendry. Dony. 2013. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (studi kasus siswa kelas ix smpn 1 rao). VOL. 6 NO. 2 September 2013. Diambil dari: http://jurnal-tip.net/jurnal-resource/file/10-Vol6No2Sep2013-Dony%20Novaliendry.pdf (20 Mei 2017).

Permana, Silvester Dian Handy. 2015. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol. 7 No. 2 November 2015. Diambil dari:

http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/38/39 (9 Mei 2017).

Prasetya, Didik Dwi. 2013. Membuat Aplikasi Smartphone Multiplatform. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak . Jakarta: Prestasi Pustaka

Rosa, A. S., dan Shalahuddin M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung

Safaat, Nazruddin. 2014. Android - Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berbasis Android. Informatika Bandung

Zamroni, M.Rosidi. dkk. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan Html 5. Vol. 5 No.2 September 2013. Diambil dari: http://journal.unisla.ac.id/index.php?p=journal&id=212 (11 Mei 2017)