PROGRAM PUBLIC RELATION PT.TIRA AUSTENITE,TBK BERUPA EVENT DONOR DARAH BERSAMA MASYARAKAT KELURAHAN JATINEGARA

research
  • 06 May
  • 2020

PROGRAM PUBLIC RELATION PT.TIRA AUSTENITE,TBK BERUPA EVENT DONOR DARAH BERSAMA MASYARAKAT KELURAHAN JATINEGARA

ABSTRAK

Nitia Armayani (41160193), Program Public Relations PT.Tira Austenite Berupa Event Donor Darah Bersama Masyarakat Kelurahan Jatinegara.

Program PR adalah salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai langkah awal menciptakan suatu citra bagi perusahaan. Oleh sebab itu melalui Program Public Relations PT.Tira Austenite mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan masalah sosial kesehatan. Event Donor Darah yang melibatkan masyarakat sekitar, yang dimana dalam kegiatan ini  masyarakat dapat mendonorkan darahnya sekaligus memeriksakan kesehatan mereka secara gratis. Mengingat bahwa donor darah dapat bermanfaat bagi pendonor dan penerima donor tentu kegiatan ini dapat menciptakan kesan yang baik dimata masyarakat. Pada penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif dan deskriptif, yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam dengan pihak-pihak yang terlibat dan data yang terkumpul dianalisa, menggambarkan hasil penelitian dalam bentuk laporan penelitian. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan penulis bahwa Progran Public Relations PT.Tira Austenite dalam meningkatkan citra perusahaan melalui event donor darah berjalan dengan baik, meskipun terdapat kendala dalam hal penyampaian informasi kepada masyarakat namun dapat diatasi dengan pemecahan masalah yang dilakukan oleh divisi PR PT.Tira Austenite.

 

Kata Kunci : Program Public Relations, Special Event, Masyarakat.

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Agus Sugianto, C., & Muhammad Zundi, T. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Donor Darah Berbasis Mobile di PMI Kabupaten Bandung. KOPERTIP : Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika Dan Komputer, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.32485/kopertip.v1i1.5

Agusta, I. (2014). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998), 1–11.

Amalia, R., Hamzah, & Fauzi, Z. (2018). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda , Bermakna , Mulia Volume 4 Nomor 2 Tahun 2018 Tersedia Online : https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR Dipublikasikan Oleh : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-. Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Media Audiovisual Untuk Mengurangi Perilaku Merokok Pada Siswa Mts Al-Azhar Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala Tahun Pelajaran 2017/2018, 4(ISSN. 2460-9722), 21–29. Retrieved from https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR

Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan (1st ed.; C. Wijaya, ed.). Medan: PERDANA PUBLISHING.

Butterick, K. (2014). Pengantar Public Relation (3rd ed.). JAKARTA: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157. Retrieved from http://www.jurnal-unita.org/index.php/publiciana/article/download/79/73

Diri, B. E. (2009). Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi ISSN:2579-8332. 13–22.

Hadi, A. (2018). Perkembangan Dan Konsep Dasar Manajemen Humas Dalam Dunia Pendidikan : Tinjauan Historis. At Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 4(2), 1–18. Retrieved from http://www.ejournal.inzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/190/155

Hairunnisa. (2018). Buku Ajar Pengantar Humas (1st ed.). Retrieved from 978-602-6417-95-4

Hardisty, R. G., Zubair, F., Budiana, H. R., Padjadjaran, U., Padjadjaran, U., Padjadjaran, U., & Craft, P. (2018). Proses Strategi Pull Marketing Public Relations Planter. Jurnal Ilmu Komuinikasi, V(1), 51–58.

Hartono, N. A., Dida, S., & Hafiar, H. (2017). Pelaksanaan Kegiatan Special Event Jakarta Goes Pink Oleh Lovepink Indonesia. Jurnal Komunikasi, 10(2), 161. https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i2.2519

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Komunikasi, I., Masyarakat, H., Sunan, U. I. N., & Djati, G. (2018). Manajemen Humas dalam Program Pemberian Penghargaan bagi Karyawan. 3(April), 58–69.

Lalihatu, I. R., Warouw, D. M. D., & Tulung, L. E. (2017). PERANAN HUMAS DALAM MENSOSIALISASIKAN BPJS KETENAGAKERJAAN PADA PEDAGANG PASAR SEGAR PAAL2. E-Journal “Acta Diurna,” VI(3), 1–13. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/17381/16914

Leliana, I. (2015). Human Relations Dalam Peningkatan Kualitas Kinerja Dan Kreatifitas Karyawan Di Sudin Komunikasi. Sniptek Isbn, (978-602-72850-6–4), 23–31. Retrieved from https://konferensi.nusamandiri.ac.id/prosiding/index.php/sniptek/article/view/365

Me, Y., & Wati, N. (2017). ANALISIS PROGRAM KAMPANYE PUBLIC RELATIONS DALAM RANGKA KONSERVASI TERUMBU KARANG (Studi Deskriptif Program Penyadaran Masyarakat pada Yayasan Terumbu Karang Indonesia). Business Management Journal, 6(1), 106–127. https://doi.org/10.30813/bmj.v6i1.612

Putri Fauziyah Kurnia Akbar. (2018). Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat. 3(November), 79–96.

Rohman, A. (2015). PERBANDINGAN PENDAPAT NELAYAN MISKIN, PEMULUNG MISKIN DAN BURUH MISKIN TENTANG PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN DAERAH DI KOTA BONTANG. 1(3), 71–84.

Ruliana, P., & Dwiantari, R. (2017). Strategi Public Relations Hotel dalam Membentuk Citra Objek Wisata. Jurnal ASPIKOM, 2(4), 255. https://doi.org/10.24329/aspikom.v2i4.76

Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relation & Media Komunikasi (13th ed.). JAKARTA: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.

Santoso, Prasetya Yoga., & Riskiyanti. (2014). Strategi Marketing Public Relations Dalam Melaksanakan Special Event Program Paket Close User Group (Cug) Pt. Indosat Tbk. Komunikasi, 13(2), 133. Retrieved from http://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/download/139/pdf

Setiadi.M, E., & Kolip, U. (2015). Pengantar Sosiologi (1st ed.). JAKARTA: PRENADAMEDIA GROUP.

Sopian. (2016). Public Relations Writing (1st ed.; T. Lesmana, ed.). JAKARTA: PT. Grasindo.

Susilowati. (2017). Kegiatan Humas Indonesia Bergerak Di Kantor Pos Depok II Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal. Jurnal Komunikasi, VIII(September), 47–54.

Susilowati, & Maudi, E. (2018). Strategi Koperasi Karya Mandiri Dalam Memperkenalkan Product Knowledge Melalui Event Gowes Pesona Nusantara. Jurnal Komunikasi, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.31294/JKOM.V9I1.3592

Untarini, N., & Hafid. (2018). jurnal bisnis dan manajemen. 6(2), 92–114.

Wahid, U., & Puspita, A. E. (2019). Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Jurnal Komunikasi, 9(1), 31. https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.265

Yoga, & Pamungkas. (2019). Experiential Marketing Jatiluwih Agriculture Festival 2017. 6(1), 1498–1505.