ABSTRAK
NurulFathonah (11160099), Perancangan Program Animasi Pengenalan Nabi dan Rasul Allah Pada Siswa SDN 5 Karangpawitan 1 Karawang
Bagi peserta didik di SDN Karangpawitan 1 khusus nya peserta didik yang baru naik tingkat selanjutnya terkadang materi pelajaran yang disampaikan tidak mudah dipahami atau seringkali peserta didik peserta didik merasa jenuh dan malas untuk memahami dan membaca buku. Padahal belajar akan menjadi menyenangkan apabila kita dapat menggunakan metode media interaktif . media pembelajaran berupa animasi interaktif digunakan sebagai salah satu solusi dalam penyampaian materi untuk kegiatan belajar mengajar. Pembahasan mengenai pembelajaran mengenal 25 Nabi dan Rasul agar peserta didik dengan mudah menyerap dan memahami materi yang disampaikan oleh tenaga pengajar atau guru. Dengan adanya media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik seperti animasi interaktif diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar dan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat animasi ini adalah Adobe illustrator, pembuatan animasi gerak dan tombol menggunakan Adobe Flash CS6 dan Action Script. Semua ini dilakukan agar para siswa menikmati aplikasi dengan tampilan yang interaktif dan lebih mudah memahaminya.
Kata Kunci : Animasi Interaktif, Pengenalan Nabi dan Rasul
ix
ABSTRACT
NurulFathonah (11160099), Design of Animation Program Introduction to the Prophets and Apostles of God in Students of SDN 5 Karangpawitan 1 Karawang
For students in SDN Karangpawitan 1, especially for students who have just advanced to the next level, sometimes the subject matter delivered is not easy to understand or often students feel bored and lazy to understand and read books. Though learning will be fun if we can use interactive media methods. instructional media in the form of interactive animation is used as a solution in the delivery of material for teaching and learning activities. The discussion about learning to know 25 Prophets and Apostles so that students easily absorb and understand the material delivered by teachers or teachers. With an interesting learning media for students such as interactive animation is expected to be able to improve learning achievement and as a fun learning media. The software used to create this animation is Adobe illustrator, making motion animations and buttons using Adobe Flash CS6 and Action Script. All of this is done so students enjoy the application with an interactive display and easier to understand it.
Keywords: Interactive Animation, Introduction of Prophets and Apostles
TA_File_8_Daftar Isi.pdf
TA_File_12_Bab II Landasan Teori.pdf
TA_File_4_Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir .pdf
TA_File_9_Daftar Gambar .pdf
TA_File_6_Kata Pengantar.pdf
TA_File_5_Lembar Konsultasi.jpg
TA_File_7_Abstrak.pdf
TA_File_2_Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir .pdf
TA_File_1_Cover.pdf
TA_File_13_Bab III Pembahasan..pdf
TA_File_11_Bab I Pendahuluan.pdf
TA_File_14_Bab IV Penutup.pdf
TA_File_15_Daftar Pustaka.pdf
TA_File_17_Surat Riset .pdf
TA_File_10_Daftar Tabel.pdf
TA_File_3_Lembar Persetujuan Publikasi .pdf
Daftar Pustaka
Faris, A., & Lestari, A. F. (2016). Rancangan Animasi Pembelajarn Interaktif Alfabet Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Teknik Komputer, II(1), 59–67. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/363/272.(2018)
Hardyana, S. E., & Herlawati. (2016). ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN KHAS PULAU INDONESIA BERBASIS ANDROID PADA TK KUPU-KUPU MUNGIL BEKASI. 1(8), 9–21.
Kholis, A., & Heriawati. (2015). ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN TAJWID PADA TAMAN QUR ’ AN ANAK ( TQA ). I(2), 159–170.
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/247/213. (2018)
Madcoms. (2015a). Kupas Tuntas Adobe Flash Profesional CC 2014. Jogyakarta. Madcoms. (2015b). Kupas Tuntas CorelDRAW X7. Madiun: Andi.
Nadiroh, Y., & Hidayat, R. (2017). Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Hiragana Jepang Pada SMAN 13 Kabupaten Tangerang. III(1), 125–129. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/1492/1120. (2018)
Rosmaidah, I., & Destiana, H. (2017). Perancangan Animasi Interaktif Belajar Mengenal Huruf Hijaiyah Pada TKQ Al-Khoiriyah. III(1), 100–105. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/1350/1098. (2018)
Shalahuddin, M., & A.S., R. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstuktur da Berorientasi
(3 ed.). Bandung.
Yudhistira, R. J., & Widiarina. (2019). Animasi Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Android. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), V(1), 65– 70. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2.