PENGARUH KUALITAS TANGIBLE, RELIABILITY, RESPONSIVENESS, ASSURANCE, EMPHATY DAN KOMPETENSI TENAGA PENJUALAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (AGENCY) PT RAJAWALI CITRA TELEVISI INDONESIA

research
  • 11 Apr
  • 2020

PENGARUH KUALITAS TANGIBLE, RELIABILITY, RESPONSIVENESS, ASSURANCE, EMPHATY DAN KOMPETENSI TENAGA PENJUALAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (AGENCY) PT RAJAWALI CITRA TELEVISI INDONESIA

Abstract

This research is intended to know the influence of quality tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy and sales person competence either partially or simultaneously to the consumers' satisfaction and to know the more dominant  at PT. RCTI. The theory used in this research is marketing management theory related to the service quality. It uses descriptive quantitative and case study using survey. This is also explanatory. The technique of data collection is interview, distributing the questionnary to the sample for 42 respondents and documentation study. To test the hyphotesis, it uses multiple regression by using t-test and F-test and the variable which significantly has a dominant influence on the reliability. With the value of determination coefficient (R Square) 64,4%, it means that the independent variable may describe the dependent variable, while the remaining 35,6% is explained by the other independent variables which are not included in the this study model. 

 

Key words: Tangibles, Reliability, responsiveness, Assurance, Empathy salesperson competencce Satisfaction of consumer. 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy dan kompetensi tenaga penjualan secara parsial maupun simultan terhadap tingkat kepuasan pelanggan dan untuk mengetahui pengaruh yang lebih dominan dari variable yang ada  pada PT. RCTI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dan jenis penelitiannya deskriptif kuantitatif. teknik pengumpulan data dengan wawancara, mengedarkan daftar pertanyaan terhadap sampel sebanyak 42 responden dan studi dokumentasi. untuk menguji hipotesis digunakan regresi berganda dengan melakukan uji t dan uji f dan variabel yang dominan memiliki pengaruh signifikan adalah reliability. Nilai koefisien deterininasi (r square) diperoleh 64,4%, hal ini berarti bahwa variabel bebas mampu menjelaskan variabel terikat. sedangkan sisanya. sebesar 35,6% dijelaskan oleh variabel bebas lainnya yang tidak dimasukkan dalain modal penelitian ini.  

 kata kunci: tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, kompetensi tenaga penjualan dan kepuasan pelanggan.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Ghozali, I. 2006. Analisis Multivariate Lanjutan dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.   Lupiyoadi, Rainbat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik, Edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat, Jakarta. 

 

Kotler, Philip, 1997, Marketing Management Analysis, Planning, Implementation and Control, 9 th Edition, Prentice-Hall, New Jersey. dan Gary Armstrong, 1999, Principle of Marketing, 8thEdition, Prentice-Hall, New Jersey. 

 

Purbayu Budi Santosa, MS., Ashari,. 2005, Analisis Statistik dengan Ms. Excel dan SPSS, Yogyakarta.  

 

Rangkuti, 2003, Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Edisi Pertama, Penerbit Prenada Media, Jakarta.  

 

Tjiptono, Fandy, dan Gregorius Chanra, 2005, Service: Quality Satisfacton. Penerbit Ancli, Yogyakarta.