Masalah kemiskinan selalu memperoleh perhatian utama di negara Indonesia dan menjadi sebuah persoalan yang mendasar dan pemerintah sebagai pihak yang paling bertanggung jawab dalam penanggulangannya.Tetapi masalah kemiskinan initidak hanya menjadi tanggung jawab penuh oleh pemerintah saja, dibutuhkan juga peran serta dari masyarakat. Oleh karena itu organisasi atau lembaga non pemerintah seperti baitul maal atau lembaga amil zakat di daerah harus mampu mengoptimalkan perannya terhadap permasalahan kemiskinan ini.Salah satu upaya mengoptimalkan peran serta lembaga amil zakat dalam berkontribusimemecahkan permasalahankemiskinan adalah meningkatkan loyalitas para donaturnya. Karena semakin banyak jumlah donatur yang terdaftar dan semakin tinggi loyalitas donaturnya menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan,dimana ini akan berbanding lurus juga dengan dana himpunan donasiyangakandidapatkan. Tetapi pada aktualnya untuk meningkatkan jumlah dan loyalitas para donatur tidaklah mudah,ini disebabkan penentuan strategi pemasaran atau marketing mapsyang dilakukan selama ini tidaklahoptimal. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dilakukan penyusunan strategipemasaran atau marketing mapsdengan pendekatan datamining. Metode pertama yang digunakan adalah K-Means Cluteringyang berguna untuk pengelompokan data donatur. Data donatur yang akan di proses merupakandata transaksi selama 6 bulan terkahir pada sebuah lembaga amil zakat di daerah karawangdengan atribut RFM (Recency, Frequency Monetary)yang dipilih. Kemudiandari hasil pencarian menggunakan metode elbow,nilai katau jumlah clusteryang paling optimaladalah 2 dan menghasilkan kelompok donatur lowdan kelompok donatur high.Dan pada proses
Marketing Maps Pada Lembaga Amil Zakat Menggunakan Algoritma ClusterIng Dan Association Rules
Marketing Maps Pada Lembaga Amil Zakat Menggunakan Algoritma ClusterIng Dan Association Rules