Sampah di lingkungan masih kurang diperhatikan oleh sebagian masyarakat, tentunya bagi anak-anak perlu adanya pengenalan dengan pembelajaran media interaktif untuk pengenalan sampah organik dan anorganik berbasis desktop dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Sebagai proses pengembangan perangkat lunak yang secara berurutan dimulai dari konsep, desain, mendapatkan materi konten, majelis, pengujian,dokumentasi untuk menunjang proses belajar dengan fitur yang disediakan pengguna dapat bermain sambil belajar. Dari hasil pengujian dengan Alpha Cronbach dari hasil pengolahan kuesioner menyatakan aplikasi ini layak digunakan bagi anak-anak.
PEER REVIEW IMPLEMENTASI ALPHA CRONBACH PADA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENGENALAN SAMPAH METODE MDLC
IMPLEMENTASI ALPHA CRONBACH PADA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENGENALAN SAMPAH METODE MDLC
[1] Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal teknik Komputer, AMIK BSI, Jakarta. [2] Adhayani, Ai dan Dewi Tresnawati. pengembangan Sistem Multimedia Pembelajaran iqro’ Menggunakan Metode Luther. ISSN : 2302-7339 Vol. 12 No. 1 2015. [3] Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Dasar-Dasar Teori dan pengembangannya. Yogyakarta:ANDI. [4] Fanani, I., Djati, S., & Silvanita, K. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB). fundamental management journal ,UKI ,Jakarta [5] Kausar, A., Sutiawan, Y. F., & Rosalina, V. (2015). Perancangan Video Company Profile Kota Serang Dengan Teknik Editing Menggunakan Adobe Premier Pro CS 5. Jurnal PROSISKO ,Universitas Serang Raya, Serang [6] Munir. 2013. Multimedia konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung:Alfabeta. [7] Mukti, I., Lumenta, A., & Sugiarso, B. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Untuk Anak Umur 6-9 Tahun Berbasi Android. E-Journal Teknik Informatika, Universitas Sam Ratulangi,Mando [8] Purwanto, A., & Hanief, S. (2016). Multimedia Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Berbasis Animasi. Jurnal Sistem dan Informatika, STIMIK AMIKOM, Yogyakarta [9] Pratiwi, H. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Berprestasi menggunakan Metode Multifactor Evaluation Process. Jurnal Sistem Informasi, STMIK Widya Cipta Dharma, Samarinda [10] Rosdiana, L., & Sari, D. P. (2016). Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Model Inkuiri dengan Menggunakan Animasi, Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, Universitas Negri Surabaya,Surabaya [11] Sukamoto, Rossa A. Dan M. Shalahuddin. 2013. rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan berorientasi Objek. Bandung: Informatika. [12] Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta : ANDI.