Abstrak - SLB Shanti Yoga adalah salah satu sekolah dengan kebutuhan khusus untuk retardasi mental di Klaten. Para guru di sekolah mengalami masalah dalam mengklasifikasikan siswa yang mengalami retardasi mental untuk menentukan kelas yang akan ditempati. Dalam menentukan kelas disesuaikan dengan klasifikasi retardasi mental yang terdiri dari tiga tingkatan, yaitu retardasi mental ringan, disabilitas intelektual sedang, dan retardasi mental berat. Untuk menentukan tingkat klasifikasi retardasi mental pada siswa diperlukan diagnosis dari seorang ahli yang merupakan psikolog dan psikiater. Tetapi Shanti Yoga Special School tidak menyediakan tenaga ahli. Berdasarkan masalah ini, penulis membuat judul tesis "Sistem Pakar untuk Klasifikasi Siswa Retardasi Mental di SLB Shanti Yoga Klaten Menggunakan Metode Naive Bayes". Metode Naive Bayes digunakan oleh penulis untuk menghitung probabilitas dan statistik dari 135 data siswa di SLB Shanti Yoga Klaten mengenai gejala yang muncul. Tujuan membangun sistem pakar dalam mengklasifikasikan siswa yang mengalami retardasi mental adalah untuk mendiagnosis apakah siswa yang belajar di Yoga SLB Shanti termasuk keterbelakangan mental ringan, sedang atau berat karena masing-masing kelas menempati kelas yang berbeda. Berdasarkan tes yang dilakukan, metode Naive Bayes dapat digunakan untuk membantu perhitungan dalam sistem klasifikasi siswa cacat mental. Hal ini dibuktikan dengan penilaian klasifikasi siswa retardasi mental yang lebih tepat karena didasarkan pada gejala yang muncul yang diperlukan dalam penelitian ini.
Peer Review
Jurnal NHS 2018-1
1. Aditiyawarman, Didih. (2016). Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Merancang Basis Data. Diambil dari: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/835/947 (15 Mei 2015)
2. Andriani, Anik. (2017). Pemrograman Sistem Pakar Konsep Dasar dan Aplikasinya Menggunakan Visual Basic 6. Yogyakarta: MediaKom
3. Andriyanto, Irwan, Santoso Edy dan Suprapto. (2018). Pemodelan Sistem Pakar Untuk Menentukan Penyakit Diabetes Militus Menggunakan Metode Naive Bayes. Diambil dari: http://jptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/991/378/ (14 Mei 2018)
4. Pandji, Dewi dan Wardhani, Winda. (2013). Sudahkah Kita Ramah Anak Special Needs?. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
6. 5. Panti Asuhan Binasiwi. (2015). Menghapus Stigma Membangun Percaya Diri Anak Tunagrahita Melalui Pemberdayaan Partisipatoris. Yogyakarta: Lintang Pustaka Utama.
7. Pratiwi, Heny. (2016). Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.
8. Ma’rifati, Imam Soleh dan Kesuma. (2018). Pengembangan Sistem Pakar Mendeteksi Penyakit Pencernaan Menggunakan Metode Naive Bayes berbasis Web. Diambil dari: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/evolusi/article/view/3543. (04 Mei 2018)
9. Sukamto, Rosa A. dan Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.