ix
ABSTRAK
Muhammad Luthfi Adam (11161420), Perancangan Program Animasi Interaktif Pengenalan Tata Surya Pada Siswa Sekolah Dasar.
Pada tahap pendidikan anak usia sekolah dasar, siswa akan cenderung lebih tertarik dengan permainan yang mudah di mainkan yang di dalamnya terdapat warna-warni cerah seperti gambar animasi yang menarik perhatian. Dan dalam tahap ini siswa akan lebih mudah mengingat suatu bentuk yang komunikatif dan menyenangkan. Animasi merupakan salah satu alat visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk membantu menjelaskan materi pelajaran yang sulit di sampaikan secara umum. Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi masalah dalam menyampaikan tentang pengenalan tata surya kepada siswa adalah dengan merancang multimedia pembelajaran secara interaktif. Mengenai cara pembuatan latar belakang menggunakan Adobe Photoshop CC, pembuatan animasi gerak dan tombol menggunakan Adobe Flash CS6 dan Action Script. Semua ini dilakukan agar para siswa dapat lebih menikmati isi aplikasi dengan tampilan yang interaktif sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
TA_File_12-BAB-IV-PENUTUP.pdf
TA_File_10-BAB-II-LANDASAN-TEORI (1).pdf
TA_File_13 Daftar Pustaka.pdf
TA_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
TA_File_9-BAB-I-PENDAHULUAN.pdf
TA_File_8 Daftar Isi.pdf
TA_File_1 Cover.pdf
TA_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
TA_File_11-BAB-III-PEMBAHASAN.pdf
TA_File_6 Kata Pengantar.pdf
TA_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
TA_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
TA_File_15 SURAT LAMPIRAN RISET.pdf
TA_File_7 Abstrak.pdf
TA_File_16 SURAT LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Enterprise, J. (2017). Photoshop CC 2017 & CorelDRAW 2017. Yogyakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Faris, A., & Lestari, A. F. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Huruf Alfabet Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Teknik Komputer Amik Bsi, 2, 59–67.
Kholis, A., & Herlawati. (2015). Animasi Interaktif Pembelajaran Tajwid Pada Taman Qur’an Anak (Tqa) Al Washilah Cirebon. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, (2), 159–170.
Ma’ruf, S. (2016). Pembuatan Mutlimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Produktif Multimedia Di SMK Negeri 1 Kebumen Kelas XII Menggunakan Adobe Flash CS6.
Madcoms. (2015). Kupas Tuntas Adobe Flash Profesional CC 2014. Yogyakarta.
Mu’aishim, M. El. (2014). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Photoshop untuk Siswa SD Menggunakan Android Mobile.
Nadiroh, Y., & Hidayat, R. (2017). Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran Hiragana Jepang Pada SMAN 13 Kabupaten Tangerang. III(1).
Nazir, M. (2017). METODE PENELETIAN (11th ed.). Bogor: Ghalia Indonesia.
Rosmaidah, I., & Destiana, H. (2017). Perancangan Animasi Interaktif Belajar Mengenal. III(1), 100–105.
Syaifullah, R. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MEMPERBAIKI SISTEM AIR CONDITIONING (AC) JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMKN 3 YOGYAKARTA PROPOSAL.
Yudhistira, R. J., & Widiarina. (2019). Analisis Tata Kelola Dan Perencanaan Investasi Teknologi Informasi. Teknik Komputer Amik Bsi, V(1), 105–112. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2
Zuhri. (2016). Perancangan animasi interaktif pengenalan tokoh pahlawan aceh berbasis adobe flash.