Pembuatan Aplikasi Game Edukasi Hisotira Menggunakan RPG Maker MV Berbasis Android

research
  • 23 Mar
  • 2018

Pembuatan Aplikasi Game Edukasi Hisotira Menggunakan RPG Maker MV Berbasis Android

Jamilah (12144827), Pembuatan Aplikasi Game Edukasi “Hisotira” Menggunakan RPG Maker MV Berbasis Android”.

Kebanyakan siswa di bangku Sekolah Dasar (SD) dan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) merasa sangat sulit belajar sejarah karena, memang tidak mudah untuk dipelajari. Selama ini metode yang digunakan dalam pembelajaran sejarah adalah metode manual yang kurang menarik dan cenderung membosankan. Maka, penulis berinsiatif untuk membuat sebuah game edukasi yang menarik sehingga menambah minat belajar dan memudahkan untuk belajar sejarah, terutama sejarah Kemerdekaan Indonesia. Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan game ini adalah RPG Maker MV. Aplikasi tersebut memudahkan develover dalam membuat game yang sederhana tapi menarik. Pada permainan ini, pemain dapat berinteraksi dengan Non Player Character (NPC) yang biasanya akan memberikan suatu quest yang harus diselesaikan oleh pemain dan jika pemain dapat menyelesaikan quest tersebut selain mendapatkan reward, pemain dapat mempelajari unsur sejarah yang ada didalam permainan. Game ini dibuat dalam bentuk genre RPG (Role Playing Game) dan dengan tampilan 2D. Berdasarkan hasil pengujian, game edukasi “Hisotira” dapat dijalankan pada Android dengan spesifikasi minimum versi 5.0+ dan pada Windows dengan spesifikasi OS 32/64bit (Windows 7, 8, dan 10) dengan format *.Exe untuk menjalankan game “Hisotira”

Unduhan

 

REFERENSI

Adelheid, Andrea & Aqilha Simangunsong. 2016. Manual Book of Android. Jogjakarta: Litera Media Creativa

Ariyus, Dony. 2009. Keamanan Multimedia. Yogyakarta: Cv.Andi Offset

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta : Cv.Andi Offset

Darmawan, Deni. 2015. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Offset

Elcom. 2010. 10 Langkah Sederhana Manipulasi Foto Digital Dengan Adobe Photoshop CS4. Yogyakarta: Cv.Andi Offset

Hidayatullah, Priyantom, M.Amarullah dan Zaky Rahim. 2011. Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung : Informatika

Huda, Arif Akbarul. 2013. Live Coding! 9 Aplikasi Android Buatan Sendiri. Yogyakarta: Cv.Andi Offset

Ismail, Andang. 2009. Education Games. Yogyakarta:Pro-U Media


Jasson. 2009. Role Playing Game (RPG) Maker – Software Penampung Kreativitas, Inovasi, dan Imajinasi Bagi Game Designer. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Munir. 2012. Multimedia Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Novaliendry, Doni. 2013. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMP N 1 RAO). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, Vol.6 No. 2 September 2013

Radion, Kristo. 2009. Ultimate Game Design. Yogyakarta: C.V.Andi Offset

Retno, Ayu SP. 2011. Pengertian Game, (online). http://retno-ayu-sp.blogspot.com/2011/03/pengertian-game_23.html (25 April 2017)

Rosa, A.S., dan M. Shalahudin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika

Soenyoto, Partono. 2017. Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Wahana. 2014. RPG Maker VX Ace. Yogyakarta: CV.Andi Offset

Wicaksono, Satrio. 2013. “Game Adventure of Paperu Using RPG Maker VX”. Jurnal Transit, 140-148.

Yudhiantoro, Dhani. 2007. Mengolah Foto Dari Kamera Handphone Dengan Photoshop CS2. Yogyakarta: Cv.Andi Offset