Jamilah (12144827), Pembuatan Aplikasi Game Edukasi “Hisotira” Menggunakan RPG Maker MV Berbasis Android”.
Kebanyakan siswa di bangku Sekolah Dasar (SD) dan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) merasa sangat sulit belajar sejarah karena, memang tidak mudah untuk dipelajari. Selama ini metode yang digunakan dalam pembelajaran sejarah adalah metode manual yang kurang menarik dan cenderung membosankan. Maka, penulis berinsiatif untuk membuat sebuah game edukasi yang menarik sehingga menambah minat belajar dan memudahkan untuk belajar sejarah, terutama sejarah Kemerdekaan Indonesia. Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan game ini adalah RPG Maker MV. Aplikasi tersebut memudahkan develover dalam membuat game yang sederhana tapi menarik. Pada permainan ini, pemain dapat berinteraksi dengan Non Player Character (NPC) yang biasanya akan memberikan suatu quest yang harus diselesaikan oleh pemain dan jika pemain dapat menyelesaikan quest tersebut selain mendapatkan reward, pemain dapat mempelajari unsur sejarah yang ada didalam permainan. Game ini dibuat dalam bentuk genre RPG (Role Playing Game) dan dengan tampilan 2D. Berdasarkan hasil pengujian, game edukasi “Hisotira” dapat dijalankan pada Android dengan spesifikasi minimum versi 5.0+ dan pada Windows dengan spesifikasi OS 32/64bit (Windows 7, 8, dan 10) dengan format *.Exe untuk menjalankan game “Hisotira”
TA_File_12 Bab IV Penutup.pdf
TA_File_11 Bab III Pembahasan.pdf
TA_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
TA_File_15 Lampiran-Lampiran.pdf
TA_File_1 Lembar Judul.pdf
TA_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
TA_File_7 Abstrak.pdf
TA_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Tugas Akhir.pdf
TA_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
TA_File_10 Bab II Landasan Teori.pdf
TA_File_6 Kata Pengantar.pdf
TA_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
TA_File_13 Daftar Pustaka.pdf
TA_File_8 Daftar Isi.pdf
TA_File_9 Bab I Pendahuluan.pdf
Adelheid, Andrea & Aqilha Simangunsong. 2016. Manual Book of Android. Jogjakarta: Litera Media Creativa
Ariyus, Dony. 2009. Keamanan Multimedia. Yogyakarta: Cv.Andi Offset
Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta : Cv.Andi Offset
Darmawan, Deni. 2015. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Offset
Elcom. 2010. 10 Langkah Sederhana Manipulasi Foto Digital Dengan Adobe Photoshop CS4. Yogyakarta: Cv.Andi Offset
Hidayatullah, Priyantom, M.Amarullah dan Zaky Rahim. 2011. Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung : Informatika
Huda, Arif Akbarul. 2013. Live Coding! 9 Aplikasi Android Buatan Sendiri. Yogyakarta: Cv.Andi Offset
Ismail, Andang. 2009. Education Games. Yogyakarta:Pro-U Media
Jasson. 2009. Role Playing Game (RPG) Maker – Software Penampung Kreativitas, Inovasi, dan Imajinasi Bagi Game Designer. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Munir. 2012. Multimedia Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: ALFABETA
Novaliendry, Doni. 2013. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMP N 1 RAO). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, Vol.6 No. 2 September 2013
Radion, Kristo. 2009. Ultimate Game Design. Yogyakarta: C.V.Andi Offset
Retno, Ayu SP. 2011. Pengertian Game, (online). http://retno-ayu-sp.blogspot.com/2011/03/pengertian-game_23.html (25 April 2017)
Rosa, A.S., dan M. Shalahudin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika
Soenyoto, Partono. 2017. Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Wahana. 2014. RPG Maker VX Ace. Yogyakarta: CV.Andi Offset
Wicaksono, Satrio. 2013. “Game Adventure of Paperu Using RPG Maker VX”. Jurnal Transit, 140-148.
Yudhiantoro, Dhani. 2007. Mengolah Foto Dari Kamera Handphone Dengan Photoshop CS2. Yogyakarta: Cv.Andi Offset