ABSTRAK
Anita Dwi Utari (41150046), Strategi
Humas Dirjen Perhubungan Laut Melalui Kegiatan Press Tour Dalam Menjalin
Hubungan Baik Dengan Pers.
Humas
merupakan bagian penting dalam organisasi (perusahaan atau pemerintahan) untuk
selalu menjaga nama baik atau citra sebuah organisasi dan menjaga hubungan baik
kepada bagian internal maupun eksternal. Dalam menjalankan tugas sebagai humas
untuk menjaga hubungan baik, humas tentunya mempunyai strategi hubungan
masyarakat melalui suatu kegiatan atau spesial event. Kegiatan yang dilakukan
humas sebagai salah satu strateginya mempunyai banyak kegiatan yang dapat
diambil, contohnya seperti yang dilakukan oleh Humas Dirjen Perhubungan Laut kegiatan
media relations untuk menjalin hubungan baik dengan pers melalui kegiatan press
tour. Dengan adanya kegiatan press tour ini banyak sekali kegiatan yang sangat
bermanfaat dan efektif untuk menjalin hubungan antara Humas Dirjen Perhubungan Laut
dengan para pers, contohnya seperti mengadakan Sharing session, lalu adanya malam keakraban dan
memberikan informasi yang menyeluruh kepada para pers. Kegiatan ini pun
berjalan dengan baik yang ditandai dengan terciptanya keakraban antara Humas
Dirjen Perhubungan Laut dengan para pers yang mengikuti acara tersebut.
Kata Kunci : Strategi Humas, Media Relations,
Press Tour
Strategi Humas Dirjen Perhubungan Laut Melalui Kegiatan Press Tour Dalam Menjalin Hubungan Baik Dengan Pers
Daftar Pustaka
Ardianto, E. (2016). PUBLIC RELATIONS Praktis:
Pendekatan Praktis Menjadi Komunikator, Orator, Presenter dan Juru Kampanye
Handal. Bandung: Widya Padjadjaran.
Bajari, A. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Prosedur, Tren dan
Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Dayanti, L. D., Kusumastuti, F., & Puspo, R. (2015). Hubungan
Masyarakat: Buku Materi Pokok SKOM4 1 03/3sks/MODUL 1/9. Tangerang Selatan:
Universitas Terbuka.
Fauzi, A., & Hidayatulloh, T. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan Pada
PT. Telecom Visitama Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Indonesian
Journal on Computer and Information Technology, 2.
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik.
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2016). METODOLOGI PENELITIAN:
Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. Bandung: PT Refika Aditama.
Ishaq, R. El. (2017). Public Relations: Teori dan Praktik. Malang:
Intrans Publishing.
Kriyantono, R. (2014a). Public Relations, Issue & Crisis
Management: Pendekatan Critical Public Relations, Etnografi Kritis &
Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kriyantono, R. (2014b). TEKNIK PRAKTIS RISET KOMUNIKASI. Jakarta:
KENCANA.
Kurnia, I. H., Santoso, D., & Rahmanto, A. (2013). Strategi Humas
Dalam Meningkatkan Reputasi Sekolah (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta). Journal
Pendidikan Ekonomi UNS, I.
Kussanti, D. P., & Leliana, I. (2017). Dampak Program Dinas Penanaman
Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPMTSP) Walikota Depok Bagi
Masyarakat. Journal BSI, 8.
Maudi, E., & Susilowati. (2018). Strategi Koperasi Karya Mandiri Dalam
Memperkenalkan Product Knowledge Melalui Event Gowes Pesona Nusantara. Ejournal
Bsi, 9.
Nazir, M. (2013). METODE PENELITIAN. Bogor: Ghalia Indonesia.
Pudjiastuti, W. (2013). SPECIAL EVENT: Alternatif Jitu Membidik pasar.
Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Puspitasari, A. (2017). PENGGUNAAN FUZZY INFERENCE SYSTEM (FIS) METODE
MAMDANI UNTUK MENENTUKAN KINERJA PELAYANAN PDAM. Journal Teknik Komputer
AMIK BSI, 3.
Ruslan, R. (2014). Manajemen Public Relation & Media Komunikasi:
Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Saputra, W., & Nasrullah, R. (2014). Public Relationss : Teori dan
Praktik Public Relations di Era Cyber. Depok: Gramata Publishing.
Suardhita, N. (2013). STRATEGI HUMAS NETRAL KONTINENTAL MEDIA DALAM
MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN. Journal AKOM BSI.
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R &
D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R &
D. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, U. (2014). METODE PENELITIAN: Kuantitatif, Kualitatif dan
Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.
Suprawoto. (2018). GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS Perkembangan dan Praktik
Di Indonesia. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Suryabrata, S. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: PT Raja
Grafindo.
Suryani, I. (2015). Program Corporate Social Responsibility Peningkatan
Kesehatan & Kontribusi Sosial Kepada Masyarakat Oleh Kementerian Sosial RI.
SNIPTEK.
Yusmawati. (2017). STRATEGI HUMAS PEMERINTAHAN KABUPATEN SUMBAWA BARAT DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI KEPADA MASYARAKAT MELALUI SITUS WWW.SUMBAWABARATKAB.GO.ID. Journal AKOM BSI, 8.