Strategi Humas Dirjen Perhubungan Laut Melalui Kegiatan Press Tour Dalam Menjalin Hubungan Baik Dengan Pers

research
  • 15 Dec
  • 2018

Strategi Humas Dirjen Perhubungan Laut Melalui Kegiatan Press Tour Dalam Menjalin Hubungan Baik Dengan Pers

ABSTRAK

Anita Dwi Utari (41150046), Strategi Humas Dirjen Perhubungan Laut Melalui Kegiatan Press Tour Dalam Menjalin Hubungan Baik Dengan Pers.

 

Humas merupakan bagian penting dalam organisasi (perusahaan atau pemerintahan) untuk selalu menjaga nama baik atau citra sebuah organisasi dan menjaga hubungan baik kepada bagian internal maupun eksternal. Dalam menjalankan tugas sebagai humas untuk menjaga hubungan baik, humas tentunya mempunyai strategi hubungan masyarakat melalui suatu kegiatan atau spesial event. Kegiatan yang dilakukan humas sebagai salah satu strateginya mempunyai banyak kegiatan yang dapat diambil, contohnya seperti yang dilakukan oleh Humas Dirjen Perhubungan Laut kegiatan media relations untuk menjalin hubungan baik dengan pers melalui kegiatan press tour. Dengan adanya kegiatan press tour ini banyak sekali kegiatan yang sangat bermanfaat dan efektif untuk menjalin hubungan antara Humas Dirjen Perhubungan Laut dengan para pers, contohnya seperti mengadakan Sharing session, lalu adanya malam keakraban dan memberikan informasi yang menyeluruh kepada para pers. Kegiatan ini pun berjalan dengan baik yang ditandai dengan terciptanya keakraban antara Humas Dirjen Perhubungan Laut dengan para pers yang mengikuti acara tersebut.

 

Kata Kunci : Strategi Humas, Media Relations, Press Tour

Unduhan

  • ANITA-DWI-UTARI-41150046.pdf

    Strategi Humas Dirjen Perhubungan Laut Melalui Kegiatan Press Tour Dalam Menjalin Hubungan Baik Dengan Pers

    •   diunduh 837x | Ukuran 3,066 KB

 

REFERENSI

Daftar Pustaka

 

Ardianto, E. (2016). PUBLIC RELATIONS Praktis: Pendekatan Praktis Menjadi Komunikator, Orator, Presenter dan Juru Kampanye Handal. Bandung: Widya Padjadjaran.

 

Bajari, A. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Prosedur, Tren dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

 

Dayanti, L. D., Kusumastuti, F., & Puspo, R. (2015). Hubungan Masyarakat: Buku Materi Pokok SKOM4 1 03/3sks/MODUL 1/9. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

 

Fauzi, A., & Hidayatulloh, T. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan Pada PT. Telecom Visitama Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Indonesian Journal on Computer and Information Technology, 2.

 

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

 

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2016). METODOLOGI PENELITIAN: Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. Bandung: PT Refika Aditama.

 

Ishaq, R. El. (2017). Public Relations: Teori dan Praktik. Malang: Intrans Publishing.

 

Kriyantono, R. (2014a). Public Relations, Issue & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations, Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

 

Kriyantono, R. (2014b). TEKNIK PRAKTIS RISET KOMUNIKASI. Jakarta: KENCANA.

 

Kurnia, I. H., Santoso, D., & Rahmanto, A. (2013). Strategi Humas Dalam Meningkatkan Reputasi Sekolah (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta). Journal Pendidikan Ekonomi UNS, I.

 

Kussanti, D. P., & Leliana, I. (2017). Dampak Program Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPMTSP) Walikota Depok Bagi Masyarakat. Journal BSI, 8.

 

Maudi, E., & Susilowati. (2018). Strategi Koperasi Karya Mandiri Dalam Memperkenalkan Product Knowledge Melalui Event Gowes Pesona Nusantara. Ejournal Bsi, 9.

 

Nazir, M. (2013). METODE PENELITIAN. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pudjiastuti, W. (2013). SPECIAL EVENT: Alternatif Jitu Membidik pasar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

 

Puspitasari, A. (2017). PENGGUNAAN FUZZY INFERENCE SYSTEM (FIS) METODE MAMDANI UNTUK MENENTUKAN KINERJA PELAYANAN PDAM. Journal Teknik Komputer AMIK BSI, 3.

 

Ruslan, R. (2014). Manajemen Public Relation & Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

 

Saputra, W., & Nasrullah, R. (2014). Public Relationss : Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber. Depok: Gramata Publishing.

 

Suardhita, N. (2013). STRATEGI HUMAS NETRAL KONTINENTAL MEDIA DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN. Journal AKOM BSI.

 

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiyono. (2014). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D. Bandung: Alfabeta.

 

Suharsaputra, U. (2014). METODE PENELITIAN: Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.

 

Suprawoto. (2018). GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS Perkembangan dan Praktik Di Indonesia. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

 

Suryabrata, S. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo.

 

Suryani, I. (2015). Program Corporate Social Responsibility Peningkatan Kesehatan & Kontribusi Sosial Kepada Masyarakat Oleh Kementerian Sosial RI. SNIPTEK.

 

Yusmawati. (2017). STRATEGI HUMAS PEMERINTAHAN KABUPATEN SUMBAWA BARAT DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI KEPADA MASYARAKAT MELALUI SITUS WWW.SUMBAWABARATKAB.GO.ID. Journal AKOM BSI, 8.