ABSTRAK
Ganang Arif Pambudi (41150163), Strategi
Publisitas Humas Badan Narkotika Nasional sebagai Upaya Pembentukan Citra pada
Benak Publik.
Indonesia
Darurat Narkoba adalah status kedaruratan terhadap peredaran dan penyalahgunaan
narkoba sejak tahun 1971 sampai saat ini. Disadari atau tak disadari predikat
tersebut membuat Badan Nakortika Nasional (BNN) tanggap dan tegas pada upaya
pemberantasan narkoba guna menanggalkan kedaruratan tersebut. Dalam rangka
penanaman masalah Indonesia Darurat Narkoba pada benak publik, maka Humas BNN
secara terorganisir menggencarkan strategi publisitas pemberantasan narkoba.
Guna mengalihkan perhatian, menumbuhkan kesadaran, hingga terciptanya pemahaman
bagi khalayaknya yang bermuara terhadap gerakan sosial kontra-narkoba. Penulis
berpedoman pada praktik penelitian kualitatif-deskriptif. Penulis mengobservasi
langsung situasi terkini di lapangan, penulis juga berwawancara dengan
narasumber kompeten agar penulis menatap masalah pada sudut pandang yang
objektif, lewat kepustakaan penulis memperoleh teoretis yang mendukung
penelitian dilangsungkan, serta melalui dokumentasi penulis mendapatkan bukti
permasalahan yang tersimpan di sumber internal. Data-data kualitatif yang
berhasil disingkap dari berbagai teknik pengumpulan data tersebut, penulis
lakukan olah data penelitian dengan pendekatan kualitatif dan analisa
deskriptif. Sehingga kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini, menyatakan
bahwa publisitas terhadap narasi besar Indonesia Darurat Narkoba cukup memberikan
perspektif publik dalam memahami bahaya narkoba, yang memiliki efek domino
terhadap citra diri BNN sebagai instrumen pemberantasan narkoba yang berfungsi
optimal dalam menjaga harapan publik dan melaksanakan amanat tugas pokok dan
fungsinya untuk menuntaskan pemberantasan dan peredaran gelap narkoba di
Indonesia.
Kata Kunci: Publisitas, Citra,
Opini Publik.
Bab-III-Pembahasan
STRATEGI PUBLISITAS HUMAS BADAN NARKOTIKA NASIONAL SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN CITRA PADA BENAK PUBLIK_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Bab-I-Pendahuluan
STRATEGI PUBLISITAS HUMAS BADAN NARKOTIKA NASIONAL SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN CITRA PADA BENAK PUBLIK_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
STRATEGI PUBLISITAS HUMAS BADAN NARKOTIKA NASIONAL SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN CITRA PADA BENAK PUBLIK_File_1 Lembar Judul.pdf
STRATEGI PUBLISITAS HUMAS BADAN NARKOTIKA NASIONAL SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN CITRA PADA BENAK PUBLIK_File_6 Kata Pengantar.pdf
STRATEGI PUBLISITAS HUMAS BADAN NARKOTIKA NASIONAL SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN CITRA PADA BENAK PUBLIK_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
STRATEGI PUBLISITAS HUMAS BADAN NARKOTIKA NASIONAL SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN CITRA PADA BENAK PUBLIK_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
STRATEGI PUBLISITAS HUMAS BADAN NARKOTIKA NASIONAL SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN CITRA PADA BENAK PUBLIK_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
Daftar-Isi
Bab-II-Landasan-Teori
Bab-IV-Penutup
Daftar-Pustaka
DAFTAR PUSTAKA
Ardianto, E. (2014a). Handbook of Public Relations
Pengantar Komprehensif. (N. S. Nurbaya, Ed.) (3rd ed.). Bandung: Simbiosa
Rekatama Media.
Ardianto, E. (2014b). Metode Penelitian untuk Public
Relations Kuantitatif dan Kualitatif. (N. S. Nurbaya, Ed.) (3rd ed.).
Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Cutlip., et al, S. M. (2016). Effective Public
Relations. (T. Wibowo B.S, Ed.) (9th ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.
Dinilah, M. (2017). Survei BNN 80 Persen Tahu Bahaya
Narkoba, Kenapa Kasus Masih Tinggi? Retrieved July 5, 2018, from
https://news.detik.com/berita/3425965/survei-bnn-80-persen-tahu-bahaya-narkoba-kenapa-kasus-masih-tinggi
Kriyantono, R. (2015). Public Relations, Issue
& Crisis Management Pendekatan Critical Public Relations, Etnografi Kritis
& Kualitatif. (Suwito, Ed.) (1st ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.
Kriyantono, R. (2016). PR Writing: Teknik Publikasi
Media Public Relations dan Publisitas Korporat (2nd ed.). Jakarta: Prenadamedia
Group.
Kusumaningrat dkk, H. (2014). Jurnalistik Teori dan
Praktik. (I. Taufik, Ed.) (6th ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Maudi, E., & Susilowati. (2018). Strategi Koperasi
Karya Mandiri Dalam Memperkenalkan Product Knowledge Melalui Event Gowes Pesona
Nusantara, 9(1), 31–38.
Mayasari, S., & Angguntiara, C. (2018). Strategi
Humas PT Pelayaran Nasional Indonesia ( Persero ) Dalam Membuat Tabloid Sebagai
Media Informasi Publik Internal, 9(1).
Ruslan, R. (2014). Manajemen Public Relations dan
Media Komunikasi (12th ed.). Jakarta: Rajawali Pers.
Suprawoto. (2018). Goverment Public Relations
Perkembangan dan Praktik di Indonesia. (N. Gunarjo, Ed.) (1st ed.).
Jakarta: Prenadamedia Group.
Survei Nasional Penyalahgunaan Narkoba di 34 Provinsi.
(2017). https://doi.org/10.1073/pnas.0703993104
Susilowati. (2017). Kegiatan Humas Indonesia Bergerak
Di Kantor Pos Depok II Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal,
VIII(September), 47–54.
Trisnawati, A., & Syarah, M. M. (2017). Strategi Humas Politeknik Negeri Jakarta dalam Penerimaan Mahasiswa Baru, VIII, 90–96.