ABSTRAK
Muhammad
Sarip (41160503),
Strategi Humas PT Transmart Department Store Cabang Cempaka Putih Dalam Upaya
Menjalin Hubungan Baik Dengan Pelanggan Pada Acara Coffee Morning.
Pelanggan adalah
orang yang dapat memberikan kontribusi dalam proses penjualan, dimana pelanggan
sebagai pembeli produk yang kita jual pastinya akan selalu mendapatkan
pelayanan yang baik dan menarik. Salah satu trik perusahaan dalam menghadapi
pelanggan untuk bisa berbelanja dengan cara terus menerus yaitu dengan membuat
suatu promosi acara. Berbicara promo, terkadang ada hal-hal yang tidak sesuai
dengan promo yang berlangsung sehingga terjadilah kesalahpahaman antara
pelanggan dan pegawai yang bekerja ditoko tersebut. Kesalahpahaman membuat
pelanggan menjadi kecewa atas pelayanan yang diberikan karena tidak sesuai
dengan acara yang berlangsung, maka pelanggan tersebut akan komplain, dengan
pelanggan komplain itu berarti pelanggan tersebut sudah tidak merasa nyaman.
Penulis
menggunakan metode penelitian deskriptif yang dilakukan denga cara observasi
non partisipan dan wawancara mendalam secara langsung dengan pihak-pihak yang
bersangkutan, dan data yang dikumpulkan kemudian dianalisa dengan menggambarkan
hasil penelitian kedalam bentuk laporan penelitian. Kesimpulan dari penelitian
yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa melalui acara coffee morning terjadi peningkatan pelanggan yang datang dan
berbelanja sehingga omset penjualan pada Transmart Cempaka Putih semakin
membaik.
Kata Kunci : Strategi Humas,
Pelanggan, Promo Acara
Bab-III-Pembahasan
STRATEGI HUMAS PT TRANSMART DEPARTMENT STORE CABANG CEMPAKA PUTIH DALAM UPAYA MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN PELANGGAN PADA ACARA COFFEE MORNING_FILE_6 KATA PENGANTAR.pdf
STRATEGI HUMAS PT TRANSMART DEPARTMENT STORE CABANG CEMPAKA PUTIH DALAM UPAYA MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN PELANGGAN PADA ACARA COFFEE MORNING_FILE_4 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN TA.pdf
STRATEGI HUMAS PT TRANSMART DEPARTMENT STORE CABANG CEMPAKA PUTIH DALAM UPAYA MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN PELANGGAN PADA ACARA COFFEE MORNING_FILE_1 LEMBAR JUDUL.pdf
Bab-II-Landasan-Teori
Bab-I-Pendahuluan
Bab-IV-Penutup
Daftar-Pustaka
Daftar-Isi
STRATEGI HUMAS PT TRANSMART DEPARTMENT STORE CABANG CEMPAKA PUTIH DALAM UPAYA MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN PELANGGAN PADA ACARA COFFEE MORNING_FILE_3 LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
STRATEGI HUMAS PT TRANSMART DEPARTMENT STORE CABANG CEMPAKA PUTIH DALAM UPAYA MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN PELANGGAN PADA ACARA COFFEE MORNING_FILE_15 SURAT KETERANGAN RISET PKL.pdf
STRATEGI HUMAS PT TRANSMART DEPARTMENT STORE CABANG CEMPAKA PUTIH DALAM UPAYA MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN PELANGGAN PADA ACARA COFFEE MORNING_FILE_2 LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TA.pdf
STRATEGI HUMAS PT TRANSMART DEPARTMENT STORE CABANG CEMPAKA PUTIH DALAM UPAYA MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN PELANGGAN PADA ACARA COFFEE MORNING_FILE_5 LEMBAR KONSULTASI TUGAS AKHIR.pdf
STRATEGI HUMAS PT TRANSMART DEPARTMENT STORE CABANG CEMPAKA PUTIH DALAM UPAYA MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN PELANGGAN PADA ACARA COFFEE MORNING_FILE_14 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Anwar, R. (2015). Peran Praktisi Public Relations Dalam
Organisasi-Organisasi Di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi Islam, 7(1),
46–55.
Febriyansyah, A. R., Christin, M., & Imran, A. I. (2015).
Srategi Media Relations PT . Pelabuhan Tanjung Priok Dalam Menanggapi Krisis. Jurnal
Kajian Komunikasi, 4(2), 229–241.
Harini, I. N., & Karwanto. (2014). Manajemen Hubungan
Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Pencitraan Sekolah (Studi Kasus Di SMP Al
Hikmah Surabaya). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4),
8–20.
Kolianan, J. B., Liliweri, A., & Tamunu, L. (2016).
Strategi Media Relations Humas Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Keluarga
Berencana ( Kb ) Pada Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (
Bkkbn ) Provinsi Ntt. Jurnal Administrasi Publik, 6(1), 51–60.
Kriyantono, R. (2018). Peran Manajerial dan Teknisi Humas
Lembaga Pemerintah dan Swasta. Http://Journal.Umpo.Ac.Id/Index.Php/Aristo,
6(1), 1–17.
Kussanti, D. P., & Leliana, I. (2017). Dampak Program
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP ) Walikota
Depok Bagi Masyarakat. Jurnal Komunikasi, VIII(September),
121–125.
Maisya, F. (2013). No Title Pengaruh Periklanan, Promosi
Penjualan Dan Hubungan Masyarakat Terhadap Keputusan Menabung Di PT. Bank
Negara Indonesia, Tbk. Cabang Bukit Tinggi. Journal of Management, 2(01),
1–12.
Patkurroji, I., & Lestari, K. H. (2017). Opini publik
intenal mengenai gaya komunikasi kepemimpinan walikota (studi terhadap gaya
komunikasi kepemimpinan eddy rumpoko walikota batu). Jurnal Nomosleca, 3(11),
541–550.
Sitinjak, A. R. (2013). Pola komunikasi public relation
officer dalam mempertahankan citra PT. Lion Air Indonesia cabang Manado. Journal
Acta Diurna, 1(1), 1–18.
Sukoco, I. (2013). Fungsi Public Relations Dalam Menjalankan
Aktivitas Corporate Social Responsibility. Jurnal Dinamika Manajemen
Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Jdm ANALISIS, 4(2),
184–191. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Trisnawati Ari, M. M. S. (2017). Strategi Humas Politeknik
Negeri Jakarta Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru. Jurnal Komunikasi(J-IKA),
VIII(September), 275–280.
Utomo, I. W. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Awarnes, Dan
Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping ( Studi Kasus
Karyawan Di BSI Pemuda ). Jurnal Komunikasi, VIII(1), 76–84.
Yuliardi, Y., & Setiawati, S. D. (2014). Makna Public Relations
Di Oz Radio Bandung. Jurnal JIKA, I(2), 63–70.
Yusmawati. (2017). Strategi Humas Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat Dalam Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat Melalui Situs www.sumbawabaratkab.go.id. Jurnal Komunikasi, VIII(1), 1–12.