PENERAPAN GLOBAL EXTREME PROGRAMMING PADA SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN ANGSURAN BIMBINGAN BELAJAR

research
  • 30 Oct
  • 2018

PENERAPAN GLOBAL EXTREME PROGRAMMING PADA SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN ANGSURAN BIMBINGAN BELAJAR

Kemajuan teknologi informasi khususnya dibidang komputer sangat erat hubungannya dalam menunjang kegiatan manusia untuk mempermudah penyelesaian masalah. Penggunaan komputer dan sistem informasi khususnya saat ini sudah banyak digunakan di semua bidang seperti pada bidang pendidikan, keuangan dan sebagainya. Pada sistem pembayaran, biasanya sering muncul permasalahan pada proses pembayaran itu seperti tidak tercatatnya proses pembayaran, munculnya pembayaran yang diproses lebih dari sekali, atau bahkan yang paling sering adalah hilangnya data pembayaran. Permasalahan tersebut sangat mengganggu pada proses pembayaran karena akan berpengaruh juga ke pihak lainnya yang berhubungan dengan hasil dari proses pembayaran tersebut. Penggunaan sebuah sistem informasi yang dapat mengolah pembayaran diharapkan dapat menghilangkan permasalahan yang muncul. Dengan menggunakan metode global extreme programming diharapkan dapat membantu pembuatan sistem informasi yang dapat memproses data secara cepat dan tepat sehingga mengurangi kemungkinan kesalahan yang terjadi dan menghambat proses lain yang berhubungan dengan data pembayaran. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah sistem informasi dengam metode global extreme programming untuk proses pembayaran angsuran bimbingan belajar. Hasil akhir yang diharapkan adalah sebuah sistem yang dapat membantu proses perhitungan dan proses penyimpanan data pembayaran angsuran bimbingan belajar. Sistem informasi ini juga diharapkan dapat mengurangi kemungkinan keterlambatan mendapatkan hasil dari proses pembayaran yang bisa mempengaruhi proses selanjutnya yang membutuhkan hasil dari pembayaran ini

Unduhan

 

REFERENSI

Ferdiana, R. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak yang Dinamis dengan Global Extreme Programming. Yogyakarta: Andi.

Fowler, M. (2005). UML Distilled 3th Panduan Singkat Bahasa Pemodelan Berorientasi Objek Standar. Yogyakarta: Andi Ofset.

Lubis, B. O. (2016). Penerapan Global Extreme Programming Pada Sistem Informasi Workshop, Seminar Dan Pelatihan Di Lembaga Edukasi. Jurnal Informatika, 3(2), 234–246. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/1055

Mustakini, J. H. (2005). Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Ramanda, K. (2017). Sistem Informasi Manajemen Proyek Berbasis Web. Indonesian Journal on Networking and Security, 6(4), 14–17.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek. Bandung: Informatika.

Sutabri, T. (2012). Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.