Pembuatan Game Apple Math Berbasis Android Untuk Anak Usia Dini

research
  • 22 Mar
  • 2018

Pembuatan Game Apple Math Berbasis Android Untuk Anak Usia Dini

Yeti futfita (12144766), Pembuatan Game Apple Math berbasis Android Untuk Anak Usia.

Matematika adalah salah satu ilmu dasar yang harus dikuasai oleh semua orang, karena merupakan ilmu yang penting dan pasti ditemui di kehidupan sehari-hari, oleh karena itu harus dikenalkan sejak dini, matematika memiliki empat operasi dasar yaitu penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Untuk menarik perhatian anak dan mempermudah anak dalam belajar berhitung tersebut ,dapat dibuat sebuah game perhitungan dasar atau yang biasa disebut game edukasi sehingga materi tersebut dapat disampaikan secara interaktif. Dalam perancangan game ini, terdapat pilihan operasi hitungan dasar yang dapat dimainkan anak-anak sesuai yang ingin dimainkannya, terdapat suara dan tampilan yang menarik dalam permainan. Pembuatan Game Apple math ini dirancang dengan Construct2 yang berbasis HTML5.Game ini memiliki waktu dalam menjawab soal ,jadi pemain tidak bisa membuang banyak waktu dalam menjawab soal tersebut apabila habis waktu otomatis jawaban tersebut akan salah. Pada tahap pembuatan game terdapat beberapa tahap seperti perancangan permainan, desain menu dan karakter. Terdapat tiga tahap pengujian yaitu fungsional game, pengujian device, dan pengujian ketertarikan user. Sehingga di hasilkan game Apple Math yang dapat dijalankan pada smartphone berbasis Android.

Unduhan

 

REFERENSI

Anggra. 2008. Memahami Teknik Dasar Pembuatan Game Berbasis Flash. Yogyakarta: Gava Media

 

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Choizes. 2017. Pengertian Skala Likert dan Contoh Cara Hitung Kuesionernya. Diambil dari : https://www.diedit.com/skala-likert/. (3 Agustus 2017)

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabet, cv.

Eliza, Fivia dan Candra Oriza.2011. Penggunaan Program Autocad 2010 Dalam Pembelajaran Gambar Listrik. ISSN : 2086 – 4981, Vol. 4 No. 1, September 2011. Diambil dari :jurnal-tip.net/jurnal.../file/2Vol. 4No1Sep2011-Fivia%20Eliza-Oriza%20Candra.pdf. (26 Juli 2017)

Fanny, Oktaviani Martha. 2014. Analisis Uji Komparasi Sistem Operasi Pada Android Dan Blackberry. Vol.8 No.3, Tahun 2014. Diambil dari : oktaviani.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/2134/android.pdf. (26 April 2017)

Fauzi, Muhamad, Rinda Cahyana, Dewi Tresnawati. 2013. Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Karies Untuk Anak Usia 6 – 8 Tahun.ISSN : 2302-7339, Vol. 10 No. 15, Tahun 2013. Diambil Dari : sttgarut .ac.id/jurnal/index.php/algoritma/article/viewFile/67/60. (30 Agustus 2017)

 

Harsono, Ma’ruf. 2014. Pengaruh Bermain Game terhadap Perkembangan Remaja. Diambil dari: related:kambing.ui.ac.id/onnopurbo /ebook/ebookSU2013/SuryaUnivPengaruh-Bermain-Game-terhadap-Perkembangan-Remaja. pdf. (2 Mei 2017)

Herdiansyah, M.yanyan dan Afrianto Irawan. 2013. Pembangunan Aplikasi Bantu dalam Menghafal al-Qur’an berbasis mobile. ISSN : 2089-9033, Vol.2 No.2, Oktober 2013. Diambil Dari:komputa.if. unikom.ac.id/jurnal/.../ 2.2.10.2013-01-08-2089-9033. (5 Mei 2017)

 

Hartono, dody Suryo dan Rudjiono Daniel. 2015. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Mata Pelajaran  Bahasa Inggris "Theme I Have A Pet" Untuk Kelas 4 SD Negeri Randugunting. Vol. 8 No.1, April 2015. Diambil dari : journal.stekom.ac.id/index.php/PIXEL/article/ download/154/147. (26 Juli 2017)

 

 

Hendrawansyah, Rudi dan Pamudi Y. Tyas Catur .2009. Multimedia Pembelajaran LITHOSFER untuk SMK Kelas X. ISSN 1414-9999, Vol. 5 No. 2, Oktober 2009. Diambil Dari : cloud.politala. ac.id/.../%5BJurnal%5D%20MULTIMEDIA%20PEMBELAJARAN%2009.pdf. (26 April 2017)

Jasson. 2009. Role Playing Game (RPG) MakerSoftware Penampung Kreativitas, Inovasi, dan Imajinas Bagi Game Designer. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Munir. 2012. Multimedia – Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung:  CV Alfabeta. Munir. 2013. Multimedia - Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: C.V Alfabeta.

Murtiwiyati dan Lauren Glenn. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android.  ISSN : 1412-9434, Vol. 12 No. 2, Desember 2013.Diambil Dari : murtiwiyati.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/2058/jurnal+Android.pdf. (25 April 2017)

Nugroho, Budi Sulistiyo. 2012.Gambar Teknik 2D Autocad 2010. Cepu : AKAMIGAS – STEM

 

Nuraeni, Fitri , Susanto, Dani Kustiawan. 2016. Pengembangan Aplikasi Pupuh Sunda Berbasis Android Menggunakan Intel XDK. Vol.6 No.2, Juli 2016. Diambil Dari : www.sisfotenika.stmikpontianak. ac.id/index.php/ST/ article/view/117/117. (16 Mei 2017)

 

Nurhasanah, Youllia Indrawaty dan Destyany Selyelda. 2011. Implementasi Model Cmifed Pada Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Anak Usia Tk Dan Playgroup. No.2  Vol.2, Mei Agustus 2011 .Diambil Dari : lib.itenas. ac.id/kti/wpcontent/uploads/2013/.../No.-2-Vol.-2-Mei-Agustus-20111. pdf. (26 April 2017)

Novaliendry, Dony. 2013 . Aplikasi Game  Geografi  Berbasis  Multimedia  Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas Ix Smpn 1 Rao) . ISSN : 2086 – 4981, Vol.6 No.6, September 2013. Diambil Dari : jurnal-tip.net/jurnalresource/file/10vol16no2sep2013Dony%20Novaliendry. pdf. (30 Agustus 2017).

 

Purnasiwi, Rona Guines dan Kurniawan Mei P. 2013, Perancangan Dan Pembuatan Animasi 2D “Kerusakan Lingkungan”Dengan Teknik Masking.Vol. 14 No. 04, Desember 2013. Diambil Dari : http://ojs.amikom.ac.id/ index.php/dasi/article/viewFile/ 145/130. (26 April 2017)

 

Permana, Silverter Dian Handy. 2015. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan PolaWarna Pada Paud Posdaya. ISSN : 2085-3688 ; e-ISSN : 2460-0997, Vol. 7 No. 2, November 2015. Diambil Dari : oaji.net/pdf. html?n=2016/1669-1482154250.pdf. (6 Agustus 2017)

Putra, Dian Wahyu , A.Prasita Nugroho , Erri Wahyu Puspitarini. 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Vol.1 No.1, Maret 2016. Diambil Dari : ejurnal.unmerpas.ac.id/ index.php/informatika/article/download/7/12. (30 Agustus 2017)

 

Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak . Jakarta: Prestasi Pustaka.

 

Rosa, A. H., dan Shalahuddin M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

 

Rosyida, Susy. 2017. Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Tentang Pengenalan Vitamin Yang Terkandung  Di Dalam Buah. ISSN 2442-2444,  Vol.III  No.1  Februari  2017. Diambil Dari: ejournalab.com/index. php/jti/article/viewFile/125/pdf. (26 Juli 2017)

Safaat, Nazruddin H. 2015. Android - Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berbasis Android.Revisi Kedua.Informatika Bandung.

 

Sudjimat, Dwi Agus, Tuwoso, Purnomo. 2016. Model Alternatif Pengembangan SMK Di Indonesia. ISBN: 978-979-49-589-8-8, 24 September 2016. Diambil Dari : pasca.um.ac.id/wpcontent/uploads/2016/10/ PROSIDING-SEMNAS-PKJ-2016.pdf. (25 April 2017)

Sholihin, Miftahus dan Farouq Kemal. 2016. Game Pass-Puzz dengan Construct2. ISSN : 2503-07103, 1 April 2016. Diambil Dari : journal.unisla.ac.id/ pdf/112112016/Jurnal %20Game%20Miftahus-Kemal.pdf. (25 April 2017)