Yeti futfita (12144766), Pembuatan Game Apple Math berbasis Android Untuk Anak Usia.
Matematika adalah salah
satu ilmu dasar yang harus dikuasai oleh semua orang, karena merupakan ilmu
yang penting dan pasti ditemui di kehidupan sehari-hari, oleh karena itu harus
dikenalkan sejak dini, matematika memiliki empat operasi dasar yaitu
penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Untuk menarik perhatian anak
dan mempermudah anak dalam belajar berhitung tersebut ,dapat dibuat sebuah game
perhitungan dasar atau yang biasa disebut game edukasi sehingga
materi tersebut dapat disampaikan secara interaktif. Dalam perancangan game ini,
terdapat pilihan operasi hitungan dasar yang dapat dimainkan anak-anak sesuai
yang ingin dimainkannya, terdapat suara dan tampilan yang menarik dalam
permainan. Pembuatan Game Apple math ini dirancang dengan Construct2 yang berbasis HTML5.Game ini memiliki waktu dalam menjawab soal ,jadi pemain tidak bisa
membuang banyak waktu dalam menjawab soal tersebut apabila habis waktu otomatis
jawaban tersebut akan salah. Pada tahap pembuatan game
terdapat beberapa tahap seperti perancangan permainan, desain menu dan
karakter. Terdapat tiga tahap pengujian yaitu fungsional game, pengujian device,
dan pengujian ketertarikan user.
Sehingga di hasilkan game Apple
Math yang dapat dijalankan pada smartphone berbasis Android.
TA_File_13 DAFTAR PUSTAKA.pdf
TA_File_7 ABSTRAK.pdf
TA_File_4 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN TUGAS AKHIR.pdf
TA_File_15 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
TA_File_14 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
TA_File_8 DAFTAR ISI.pdf
TA_File_5 LEMBAR KONSULTASI TUGAS AKHIR.pdf
TA_File_10 BAB II LANDASAN TEORI.pdf
TA_File_1 LEMBAR JUDUL.pdf
TA_File_2 LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TUGAS AKHIR.pdf
TA_File_6 KATA PENGANTAR.pdf
TA_File_3 LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS.pdf
TA_File_9 BAB I PENDAHULUAN.pdf
TA_File_11 BAB III PEMBAHASAN.pdf
TA_File_12 BAB IV PENUTUP.pdf
Anggra. 2008. Memahami Teknik Dasar Pembuatan Game
Berbasis Flash. Yogyakarta: Gava
Media
Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital - Dasar
Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta:
C.V Andi Offset
Choizes. 2017. Pengertian Skala Likert dan Contoh
Cara Hitung Kuesionernya. Diambil dari : https://www.diedit.com/skala-likert/. (3
Agustus 2017)
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung : Alfabet, cv.
Eliza, Fivia dan Candra Oriza.2011. Penggunaan Program Autocad 2010 Dalam
Pembelajaran Gambar Listrik. ISSN
: 2086 – 4981, Vol. 4 No. 1, September 2011. Diambil dari :jurnal-tip.net/jurnal.../file/2Vol. 4No1Sep2011-Fivia%20Eliza-Oriza%20Candra.pdf.
(26 Juli 2017)
Fanny, Oktaviani Martha. 2014. Analisis Uji
Komparasi Sistem Operasi Pada Android
Dan Blackberry. Vol.8 No.3, Tahun
2014. Diambil dari : oktaviani.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/2134/android.pdf.
(26 April 2017)
Fauzi,
Muhamad, Rinda Cahyana, Dewi Tresnawati. 2013. Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Karies
Untuk Anak Usia 6 – 8 Tahun.ISSN : 2302-7339,
Vol. 10 No. 15, Tahun 2013. Diambil Dari : sttgarut .ac.id/jurnal/index.php/algoritma/article/viewFile/67/60.
(30 Agustus 2017)
Harsono, Ma’ruf. 2014. Pengaruh Bermain
Game terhadap Perkembangan Remaja. Diambil dari:
related:kambing.ui.ac.id/onnopurbo /ebook/ebookSU2013/SuryaUnivPengaruh-Bermain-Game-terhadap-Perkembangan-Remaja.
pdf. (2 Mei 2017)
Herdiansyah,
M.yanyan dan Afrianto Irawan. 2013. Pembangunan
Aplikasi Bantu dalam Menghafal al-Qur’an berbasis mobile. ISSN : 2089-9033, Vol.2 No.2, Oktober
2013. Diambil Dari:komputa.if. unikom.ac.id/jurnal/.../
2.2.10.2013-01-08-2089-9033. (5 Mei 2017)
Hartono, dody Suryo dan Rudjiono Daniel. 2015. Media
Pembelajaran Berbasis Multimedia Mata Pelajaran
Bahasa Inggris "Theme I Have A Pet" Untuk Kelas 4 SD
Negeri Randugunting. Vol. 8 No.1, April 2015. Diambil dari : journal.stekom.ac.id/index.php/PIXEL/article/ download/154/147.
(26 Juli 2017)
Hendrawansyah, Rudi dan Pamudi
Y. Tyas Catur .2009. Multimedia Pembelajaran LITHOSFER untuk SMK Kelas
X.
ISSN 1414-9999, Vol. 5 No. 2, Oktober 2009. Diambil Dari : cloud.politala. ac.id/.../%5BJurnal%5D%20MULTIMEDIA%20PEMBELAJARAN%2009.pdf.
(26 April 2017)
Jasson. 2009. Role
Playing Game (RPG) Maker – Software Penampung Kreativitas, Inovasi, dan Imajinas Bagi Game Designer. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Munir. 2012. Multimedia – Konsep dan Aplikasi dalam
Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta. Munir. 2013. Multimedia - Konsep dan Aplikasi
dalam Pendidikan. Bandung: C.V Alfabeta.
Murtiwiyati dan Lauren Glenn. 2013. Rancang Bangun
Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. ISSN : 1412-9434, Vol. 12 No. 2, Desember
2013.Diambil Dari : murtiwiyati.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/2058/jurnal+Android.pdf.
(25 April 2017)
Nugroho,
Budi Sulistiyo. 2012.Gambar Teknik 2D Autocad 2010. Cepu : AKAMIGAS – STEM
Nuraeni, Fitri , Susanto, Dani Kustiawan. 2016. Pengembangan Aplikasi
Pupuh Sunda Berbasis Android Menggunakan Intel XDK. Vol.6 No.2,
Juli 2016. Diambil Dari : www.sisfotenika.stmikpontianak.
ac.id/index.php/ST/ article/view/117/117. (16 Mei
2017)
Nurhasanah, Youllia
Indrawaty dan Destyany Selyelda. 2011. Implementasi Model Cmifed
Pada Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Anak Usia Tk Dan Playgroup. No.2 Vol.2, Mei Agustus 2011 .Diambil
Dari : lib.itenas. ac.id/kti/wpcontent/uploads/2013/.../No.-2-Vol.-2-Mei-Agustus-20111.
pdf. (26 April 2017)
Novaliendry,
Dony. 2013 . Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas Ix Smpn 1
Rao) . ISSN : 2086 – 4981, Vol.6 No.6, September 2013. Diambil Dari : jurnal-tip.net/jurnalresource/file/10vol16no2sep2013Dony%20Novaliendry.
pdf. (30 Agustus 2017).
Purnasiwi,
Rona Guines dan Kurniawan Mei P. 2013, Perancangan
Dan Pembuatan Animasi 2D “Kerusakan Lingkungan”Dengan Teknik Masking.Vol. 14 No. 04, Desember 2013. Diambil Dari
: http://ojs.amikom.ac.id/
index.php/dasi/article/viewFile/ 145/130. (26 April 2017)
Permana,
Silverter Dian Handy. 2015. Pembangunan
Aplikasi Game Android Pengenalan PolaWarna Pada Paud Posdaya.
ISSN : 2085-3688 ; e-ISSN : 2460-0997,
Vol. 7 No. 2, November 2015. Diambil Dari : oaji.net/pdf. html?n=2016/1669-1482154250.pdf. (6 Agustus
2017)
Putra, Dian Wahyu , A.Prasita
Nugroho , Erri Wahyu Puspitarini. 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Vol.1 No.1,
Maret 2016. Diambil Dari : ejurnal.unmerpas.ac.id/ index.php/informatika/article/download/7/12.
(30 Agustus 2017)
Rizky, Soetam.
2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak . Jakarta: Prestasi Pustaka.
Rosa,
A. H., dan Shalahuddin M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan
Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
Rosyida, Susy. 2017.
Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Tentang Pengenalan Vitamin
Yang Terkandung Di Dalam Buah. ISSN
2442-2444, Vol.III No.1
Februari 2017. Diambil Dari: ejournalab.com/index. php/jti/article/viewFile/125/pdf.
(26 Juli 2017)
Safaat, Nazruddin H.
2015. Android - Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berbasis Android.Revisi Kedua.Informatika Bandung.
Sudjimat, Dwi Agus, Tuwoso, Purnomo. 2016. Model Alternatif Pengembangan SMK Di Indonesia. ISBN:
978-979-49-589-8-8, 24 September 2016. Diambil Dari : pasca.um.ac.id/wpcontent/uploads/2016/10/ PROSIDING-SEMNAS-PKJ-2016.pdf.
(25 April 2017)
Sholihin, Miftahus dan Farouq Kemal. 2016. Game Pass-Puzz dengan Construct2. ISSN : 2503-07103,
1 April 2016. Diambil Dari : journal.unisla.ac.id/
pdf/112112016/Jurnal %20Game%20Miftahus-Kemal.pdf. (25 April 2017)