Kebanyakan orang sangat sulit belajar TIK karena
memang tidak mudah untuk dipelajari. Selama ini metode yang digunakan dalam
pembelajaran TIK adalah
metode manual yang kurang menarik dan cenderung membosankan. Maka dibuatlah
suatu penelitian yaitu permainan yang
edukatif dan menarik sehingga menambah minat belajar dan memudahkan untuk
belajar TIK. Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan
penelitian ini adalah RPG Maker MV. Aplikasi game edukasi ini dimainkan oleh satu pemain, terdiri dari 5 materi
permainan yang bisa dipilih. Dalam setiap materi terdapat 10 soal pilihan ganda
yang harus dijawab untuk mendapatkan skor. Berdasarkan hasil pengujian
perancangan game edukasi platform
belajar TIK berbasis desktop menggunakan
RPG Maker MV bahwa aplikasi game
edukasi ini sudah dapat dipasang pada computer dan laptop dengan kebutuhan
sistem operasi minimum Windows XP/7/8.1.
TA_File_13 Daftar Lampiran 1.pdf
TA_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
TA_KATA PENGANTAR.pdf
TA_LEMBAR KONSULTASI TUGAS AKHIR eva.pdf
TA_File_4 Pengesahan dan Persetujuan Tugas Akhir.pdf
TA_DAFTAR PUSTAKA.pdf
TA_File_2 Surat Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
TA_LEMBAR KONSUL WANTI.pdf
TA_File_11 Daftar Gambar dan tabel.pdf
TA_File_3 Surat Pernyataan Publikasi Tugas Akhir.pdf
Anwas, 2015. Jurnal
kemendikbud: pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada pesantren
rakyat sumber pucung malang. Diambil dari: http://www.pesantrenrakyat.com/index.php/jurnal-kemendikbud-pemanfaatan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-pada-pesantren-rakyat-sumber-pucung-malang/
Elizabeth. 2015. Rancang Bangun Game Futsal 3D
Multiplayer Berbasis Augmented Reality Pada Desktop. Diambil dari: http://www.mdp.ac.id/jatisi/vol-1-no-2/jatisi_vol1_n0_2_maret_2015_4%20[164-174].pdf
Jasson, 2009. Role Playing Game (RPG) Maker –
Penampungan, Kreatifitas dan Imajinasi Bagi Game Designer. Yogyakarta: CV Andi
Offset
Maharani, Septya,
dkk. 2016. Game Sejarah Terbentuknya Kota Samarinda Menggunakan Role Playing
Game (RPG) Maker VX Ace.
Diambil dari:
http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/52
Munir. 2015. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam
Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta
Novaliendry, Dony. 2013. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa
Kelas IX SMPN 1 RAO).
Diambil
dari: jurnal-tip.net/jurnal-resource/file/10-Vol6No2Sep2013-Dony%20Novaliendry.pdf
Riwanoto, Rizki1 dan salidowati2. 2016. Observasi Tingkat Stres dan Perfomansi
Permainan Player Studi Kasus: Game Edukasi ChipMonk Season 1. Diambil dari:
https://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/6259/5633. (10 Mei 2017)
Shalahuddin, M, S, A, Rosa. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur
dan Berorientasi Objek. Bandung: INFORMATIKA Bandung.
Wijayanto, Ridho. 2014. Perancangan Animasi
Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas 2 Pada MI Nurul Falah
Ciater. Diambil dari:
73 |
http://lppm3.bsi.ac.id/jurnal/index.php/evo/article/viewFile/183/116. (02 Mei 2017)
Wardhani,
Retno dan Yaqin, Husnul Moh. 2013. Game Dasar-Dasar Hukum Islam Dalam Kitab Mabadi’ul
Fiqh Jilid I. Jurnal Teknika. Vol.5 No.2 September 2013. Diambil dari: http://www.journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/RETNO.pdf.
(11 mei 2017)
Widiastuti, Indriani, Nelly dan Setiawan, Irwan.
2012. Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. Jurnal Ilmiah Komputer dan
Informatika. Vol.1. No.2. Oktober 2012. Diambil dari: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/komputa/article/view/60/57
(04 Agustus 2017)