PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (STUDI KASUS PADA PT. ES TEH INDONESIA)

research
  • 15 Feb
  • 2022

PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (STUDI KASUS PADA PT. ES TEH INDONESIA)

Penelitian ini berusaha untuk mengetahui dan mengkaji adanya peningkatan brand awareness dengan serangkaian aktivitas promotion mix melalui pemanfaatan aplikasi Tik Tok pada produk Es Teh Indonesia. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus dan menggunakan teknik wawancara, observasi di lapangan, serta dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah peningkatan peningkatan kesadaran merek/ brand awareness pada konsumen Es Teh Indonesia yang dicapai dengan implementasi dari bauran promosi melalui pemanfaatan aplikasi dan akun Tik Tok Es Teh Indonesia. Subjek dari penelitian ini yaitu aplikasi dan akun Tik Tok yang merepresentasikan produk Es Teh Indonesia. Key informant dan informant yang dipilih pada penelitian ini yaitu praktisi dan pemerhati komunikasi pemasaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Es Teh Indonesia menggunakan bauran promosi diantaranya seperti Periklanan, personal sellingsales promotiondirect marketing, dan social media marketing (yang diimplementasikan melalui akun TikTok @estehindonesia). Aktivitas bauran promosi (promotion mix) memberikan exposure pada informasi produk dan program-program promosi sehingga konsumen potensial sadar akan keberadaan Es Teh Indonesia dan terdapat peningkatan kesadaran merek akan Es Teh Indonesia pada konsumen tetapnya.

Unduhan

 

REFERENSI

Durianto, Darmadi, et. al. 2001. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Humdiana. 2005. Analisis Elemen-elemen Merek Produk Nokia. Jurnal of Marketing Manajemen.Vol. 12, No. 1.

J. Paul Peter & Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior Perilaku Konsumen 2nd. ed. 4 Jakarta: Penerbit Erlangga.

Keller, K. Lane. 2016. Strategi Bauran Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip and Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 edisi ke 13. Jakarta.

Kotler, P dan Keller, K. L. 2012. Marketing Management 14th Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Nasrullah, R. 2016. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Neuman, W. Lawrence. 2016. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT. Indeks.

Shimp, Terrence A. 2003. Periklanan dan Promosi. Jilid 1, Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, F., Chandra, G., dan Adriana, D. 2008. Pemasaran Strategik. Andi, Yogyakarta.