Penerapan Protokol Kesehatan oleh Room Attendant dalam Membersihkan Kamar di Prima In Hotel Yogyakarta

research
  • 22 Nov
  • 2021

Penerapan Protokol Kesehatan oleh Room Attendant dalam Membersihkan Kamar di Prima In Hotel Yogyakarta

 Pada era pandemi covid-19 ini standar prosedur dalam membersihkan kamar (make up room) yang di lakukan oleh room attendant berbeda dengan kondisi sebelumnya. Prima In Hotel berusaha menerapkan sop atau buku pedoman dalam membersihkan kamar tamu yang telah di buat oleh kemenparekraf. Perbedaan atau perubahan make up room di Prima In Hotel Malioboro di era pandemi covid-19 ini cukup signifikan, antara lain seorang room attendant harus menggunakan alat pelindung diri. Selain itu room attendant juga harus selalu menyiapkan dan menggunakan cairan disinfektan untuk sterilisasi kamar. Dalam menerapkan serta melaksanakan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment ) pada saat make up room di Prima In Hotel tentunya mengalami beberapa kendala serta dampaknya juga. Apabila kendala tersebut tidak segera ditangani maka akan berdampak terhadat kinerja room attendant serta kepuasan tamu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan studi Pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah sop dalam membersihkan kamar oleh room attendant di Prima In Hotel Malioboro Yogyakarta sesuai dengan buku panduan yang telah dibuat kemenparekraf 2020. Kendala yang di alami room attendant yaitu membutuhkan waktu yang lebih lama saat membersihkan kamar, menambah pengeluaran costpenggunaan alat pelindung diri membuat pergerakan tidak leluasa serta keterbatasan peralatan.

Unduhan

 

REFERENSI


Achnes, Syofia dan Heryx (2015). Kepuasan Kerja Karyawan Housekeeping Departmentt Hotel Pangeran Pekanbaru.Vol.2, No.1, 1-14. Diambil dari

https://media.neliti.com/media/publications/31927-ID-kepuasan-kerja-karyawan-housekeeping-department-hotel-pangeran-pekanbaru.pdf

 

Gasuru, Erick, Robert Towoliu dan Arthur Lumatauw (2014). Analisis pengaruh kinerja Room Attendant terhadap Kepuasan Tamu Hotel. Jurnal Hospitality and Tourism. Vol.1, No.1, 77-82. Diambil dari :

http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/23

Kemenparekraf. (2020). Panduan kebersihan, kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan. Kemenparekraf. 1-28. Diambil dari :

https://chse.kemenparekraf.go.id/storage/app/media/dokumen/Pedoman_Hotel.pdf

 

Kurniawan, Ridwan dan Yulianto. (2017). Usaha Room boy Dalam Menjaga Standar Kebersihan Kamar Hunian Di Abadi Hotel Jogja. Khasanah Ilmu- Jurnal Pariwisata Dan Budaya. Vol.8, No.1, 40-46. Diambil dari :

https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/1936/1433

 

Mokodongan, Asminar dan Lisna Bantulu. (2020). Membangun Komunikasi Efektif Antara Front Office Departement dengan Housekeeping Departement (Studi Kasus di Hotel Eljie Syariah Gorontalo). Jurnal IDEAS pendidikan, sosial dan budaya. Vol.6, No.2, 191-202. Diambil dari https://www.jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/241

 

Purnama, Reza Gustia dan Oda IB Haryanto (2015). Tugas Room Attendant Dalam Menangani Complaint Tamu Deluxe Room Hotel Hyaat Regency Bandung. Jurnal Pariwisata.Vol.2, No.1, 22-39. Diambil dari :

https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/340/286

Putri, Emmita Devi Hari dan Fajar Wicaksono. (2015). Peranan Housekeeping Dalam Meningkatkan Kenyamanan Tamu di The Sahid Rich Yogyakarta. Khasanah Ilmu- Jurnal Pariwisata dan Budaya, Vol.6, No.2, 46-55. Diambil dari:

https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/488/381

 

Rakhmawati, Nurul dan Wisnu Hadi. (2015). Peranan Higiene Dan Sanitasi Dalam Proses Pengolahan Makanan di Hotel Brongto Yogyakarta. Khasanah Ilmu- Jurnal Pariwisata dan Budaya. Vol.6, No.1, 79-87. Diambil dari :

https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/527

 

Yuliani, Wiwin (2018). Metode Penelitian Deskreptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan Konseling. STKIP Siliwangi Journal. Vol.2, No.2, 83-91. Diambil dari :

http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/quanta/article/view/1641/911