Pada era pandemi covid-19 ini standar prosedur dalam membersihkan kamar (make up room) yang di lakukan oleh room attendant berbeda dengan kondisi sebelumnya. Prima In Hotel berusaha menerapkan sop atau buku pedoman dalam membersihkan kamar tamu yang telah di buat oleh kemenparekraf. Perbedaan atau perubahan make up room di Prima In Hotel Malioboro di era pandemi covid-19 ini cukup signifikan, antara lain seorang room attendant harus menggunakan alat pelindung diri. Selain itu room attendant juga harus selalu menyiapkan dan menggunakan cairan disinfektan untuk sterilisasi kamar. Dalam menerapkan serta melaksanakan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment ) pada saat make up room di Prima In Hotel tentunya mengalami beberapa kendala serta dampaknya juga. Apabila kendala tersebut tidak segera ditangani maka akan berdampak terhadat kinerja room attendant serta kepuasan tamu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan studi Pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah sop dalam membersihkan kamar oleh room attendant di Prima In Hotel Malioboro Yogyakarta sesuai dengan buku panduan yang telah dibuat kemenparekraf 2020. Kendala yang di alami room attendant yaitu membutuhkan waktu yang lebih lama saat membersihkan kamar, menambah pengeluaran cost, penggunaan alat pelindung diri membuat pergerakan tidak leluasa serta keterbatasan peralatan.
TA Fahmi_File_11 BAB III Metode Penelitian.pdf
TA Fahmi_File_13 Daftar Pustaka.pdf
TA Fahmi_File_12 BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
TA Fahmi_File_15 Surat Keterangan On Job Trainning.pdf
TA Fahmi_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
TA Fahmi_File_12 BAB V Penutup.pdf
TA Fahmi_File_3 Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
TA Fahmi_File_1 Judul tugas Akhir.pdf
TA Fahmi_File_2 Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
TA Fahmi_File_6 Kata Pengantar.pdf
TA Fahmi_File_10 BAB II Landasan Teori.pdf
TA Fahmi_File_9 BAB I Pendahuluan.pdf
TA Fahmi_File_7 Abstrak.pdf
TA Fahmi_File_8 Daftar Isi.pdf
Achnes,
Syofia dan Heryx (2015). Kepuasan Kerja Karyawan Housekeeping Departmentt Hotel Pangeran
Pekanbaru.Vol.2, No.1,
1-14. Diambil dari
Gasuru, Erick, Robert
Towoliu dan Arthur Lumatauw (2014). Analisis pengaruh kinerja Room Attendant
terhadap Kepuasan Tamu Hotel. Jurnal
Hospitality and Tourism. Vol.1, No.1, 77-82. Diambil dari :
http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/23
Kemenparekraf. (2020).
Panduan kebersihan, kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian
lingkungan. Kemenparekraf. 1-28. Diambil dari :
https://chse.kemenparekraf.go.id/storage/app/media/dokumen/Pedoman_Hotel.pdf
Kurniawan, Ridwan dan
Yulianto. (2017). Usaha Room boy Dalam Menjaga Standar Kebersihan Kamar Hunian
Di Abadi Hotel Jogja. Khasanah Ilmu- Jurnal Pariwisata Dan
Budaya. Vol.8, No.1, 40-46. Diambil
dari :
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/1936/1433
Mokodongan, Asminar dan Lisna Bantulu.
(2020). Membangun Komunikasi Efektif Antara
Front Office Departement dengan Housekeeping Departement (Studi Kasus di Hotel
Eljie Syariah Gorontalo). Jurnal
IDEAS pendidikan, sosial dan budaya. Vol.6, No.2, 191-202. Diambil dari https://www.jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/241
Purnama, Reza
Gustia dan Oda IB Haryanto (2015). Tugas Room Attendant Dalam Menangani
Complaint Tamu Deluxe Room Hotel Hyaat Regency Bandung. Jurnal Pariwisata.Vol.2, No.1, 22-39. Diambil dari :
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/340/286
Putri, Emmita Devi Hari dan Fajar
Wicaksono. (2015). Peranan Housekeeping Dalam Meningkatkan Kenyamanan Tamu di The Sahid Rich Yogyakarta. Khasanah Ilmu- Jurnal Pariwisata dan Budaya, Vol.6, No.2,
46-55. Diambil dari:
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/488/381
Rakhmawati, Nurul dan Wisnu
Hadi. (2015). Peranan Higiene Dan Sanitasi Dalam Proses Pengolahan Makanan di
Hotel Brongto Yogyakarta. Khasanah Ilmu- Jurnal Pariwisata dan
Budaya. Vol.6, No.1, 79-87. Diambil dari :
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/527
Yuliani, Wiwin
(2018). Metode Penelitian Deskreptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan
Konseling. STKIP Siliwangi
Journal. Vol.2, No.2, 83-91. Diambil dari :
http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/quanta/article/view/1641/911