Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa

research
  • 18 Feb
  • 2021

Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana media sosial mempengaruhi gaya hidup mahasiswa. Fokus penelitian ini menilai dari sisi perilaku konsumtif mahasiswa dengan hadirnya media sosial. Ada dua variabel uang akan diuji dalam artikel ini, variabel bebas media sosial dan variabel terikat perilaku konsumtif mahasiswa. Artikel ini menggunakan metode correlation pearson untuk mengolah data korelasi atau hubungan antara media sosial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode survei yakni dengan menyebar kuesioner kepada 81 responden. Responden yang dipilih adalah mahasiswa. Data kuesioner responden diuji untuk mengetahui kevalidan data angket. Data kuesioner juga diuji reliabilitasnya untuk mengetahui konsistensinya. Semua data responden diolah menggunakan SPSS versi 22. Hasil uji validitas semua data kuesioner dinyatakan valid dengan nilai r hitung lebih tinggi dari r tabel. Hasil uji reliabilitas semua data kuesioner dinyatakan reliabel dengan nilai alpha lebih besar dari r tabel. Hasil uji korelasi variabel X terhadap Variabel Y dengan menggunakan correlation pearson. Hasilnya tidak ada pengaruh signifikan antara media sosial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Kata kunci: Media Sosial, Perilaku, Konsumtif

Unduhan

 

  • ALP PEER REVIEW Genap 2020.pdf

    Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa

    •   diunduh 509x | Ukuran 202,423

REFERENSI

Agnihotri, R., Dingus, R., Hu, M. Y., & Krush, M. T. (2016). Social media: Influencing customer satisfaction in B2B sales. Industrial Marketing Management, 53, 172–180. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2015.09.003 Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2019). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131. https://doi.org/10.22146/gamajop.44104 Das, A. C. (2014). International Journal of Research ( Ijr ). 2(4), 548–577. Delafrooz, N., Zendehdel, M., & Fathipoor, M. (2017). The Effect of Social Media on Customer Loyalty and Company Performance of Insurance Industry. International Journal of Economics and Financial Issues, 7(3), 254–264. Empati, J., Nomor, V., Antara, H., Diri, K., Perilaku, D., Tripambudi, B., & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Gadget Pada Mahasiswa Teknik Industri Universitas Diponegoro. Empati, 7(2), 189–195. Fathelrahman, E., & Basarir, A. (2018). Use of Social Media to Enhance Consumers’ Options for Food Quality in the United Arab Emirates (UAE). Urban Science, 2(3), 70. https://doi.org/10.3390/urbansci2030070 Hajli, M. N. (2013). Compressed-PDF. International Journal o f Market Research, 53(6), 387–404. https://doi.org/10.2501 /U M R-2014-025 Is, W., Should, W., & Be, I. T. (2011). What Is Correlational Research ,. In History. Volume 4 , Nomor 1, Juli 2020 CERMIN : JURNAL PENELITIAN P-ISSN 2580 – 7781 E-ISSN 2615 - 3238 147 Khatib, F. (2016). The Impact of Social Media Characteristics on Purchase Decision Empirical Study of Saudi Customers in Aseer Region. International Journal of Business and Social Science, 7(4), 41–50. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2012.11.009 Lee, E. (2013). Impacts of Social Media on Consumer Behavior– Decision Making Process. Bachelor’s Thesis, 1–77. Perdana. (2018). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 POTURAK, M., & SOFTIĆ, S. (2019). Influence of Social Media Content on Consumer Purchase Intention: Mediation Effect of Brand Equity. Eurasian Journal of Business and Economics, 12(23), 17–43. https://doi.org/10.17015/ejbe.2019.023.02 Pradeep, S., & Nair, C. (2018). Impact of social media on consumer buying decision towards financial assets among it professionals at kerala. International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 9(6), 916–921. Rizkallah, E. G., & Truong, A. (2010). Preferences , And Shopping Patterns. 8(1). Voramontri, D., & Klieb, L. (2019). Impact of social media on consumer behaviour. International Journal of Information and Decision Sciences, 11(3), 209–233. https://doi.org/10.1504/IJIDS.2019.101994 Widyaningrum, S., & Puspitadewi, N. (2016). Perbedaan Perilaku Konsumtif Ditinjau dari Tipe Kepribadian Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Sandra Widyaningrum, Ni Wayan Sukmawati Puspitadewi Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 6(2), 102–106. Retrieved from https://docplayer.info/67563592-Perbedaanperilaku-konsumtif-ditinjau-dari-tipe-kepribadian-pada-siswa-sekolahmenengah-atas.html